Contoh Soal Ciri-Ciri dan Unsur-Unsur Novel Terjemahan

Contoh Soal Ciri-Ciri dan Unsur-Unsur Novel TerjemahanNovel terjemahan artinya novel yang sudah dialihbahasakan ke dalam bahasa tertentu. Dalam novel terjemahan terdapat beberapa perbedaan dengan novel asli Indonesia. Perbedaan tersebut tercermin dalam unsur-unsur pembangunnya (intrinsik dan ekstrinsik).

CIRI-CIRI NOVEL TERJEMAHAN

  1. Novel terjemahan merupakan karya sastra yang menceritakan kehidupan seseorang tokoh secara lengkap yang ditulis dalam bahasa asing lalu dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia.
  2. Menonjolkan watak dan perilaku tokoh-tokohnya berdasarkan latar belakang sosial budaya asing karya novel tersebut diciptakan.
  3. Nama-nama tokoh tidak familiar dengan nama-nama Indonesia.
  4. Setting tempat bukan di Indonesia.
  5. Bahasanya tidak mendayu-dayu.

UNSUR-UNSUR NOVEL TERJEMAHAN

Dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
1. Unsur Intrinsik
a. Tema:Tema adalah ide dasar atau gagasan pokok yang mendasari novel. 
b. Alur: Alur adalah rangkaian peristiwa demi peristiwa dalam novel.
c. Latar: Latar adalah tempat, waktu, dan suasana terjadinya cerita dalam novel.
d. Penokohan: Tokoh serta perwatakan berkaitan dengan pelaku dalam novel. 
Penokohan, yaitu nama-nama para pelaku beserta watak, perilaku, dan karakternya. Nama-nama tokoh novel terjemahan berbeda dengan novel asli Indonesia. Nama tokoh biasanya disesuaikan dengan budaya/negara asal pengarang novel terjemahan tersebut.
Contoh: 
i. Novel Barat, nama-namanya antara lain: John, Charly, Naomi, Jeany, kurt, dan sebagainya.
ii. Novel Asia, nama-namanya antara lain: Chio, Tanaka, Kamigawa, dansebagainya.
e. Sudut Pandang: Sudut pandang adalah cara penulis novel menceritakan kisahnya atau segi pandang penulis dalam membawakan cerita. Sudut pandang berkaitan dengan penggunaan kata ganti dalam bercerita oleh penulis. Apakahmenggunakan kata ganti orang pertama, orang kedua, atau orang ketiga.
f. Gaya Bahasa: Gaya bahasa berkaitan dengan penggunaan bahasa oleh penulis dalam novel tersebut. 
g. Amanat: Amanat adalah pesan yang terkandung dalam novel. Pesan tersebut umumnya merupakan ajaran moral yang bersifat mendidik. 
2. Unsur ekstrinsik
a. nilai-nilai: nilai-nilai yang berlaku seperti norma agama, sosial, budaya
b. Latar belakang budaya: latar belakang adat istiadat yang berlaku pada saat karya sastra tersebut diciptakan
c. Pendidikan penulis novel
d. Pengalaman penulis novel


Contoh Soal Ciri-Ciri dan Unsur-Unsur Novel Terjemahan

Kamar rahasia telah dibukalagi. Menurut legenda, salahsatu pendiri sekolah-Salazar Slytherin yang tidak sependapat dengan ketiga pendiri lainnya mengenai pelajar muggle (pelajar bukan keturunan penyihir) membuat sebuah kamar yang berisi sebuah monster untuk menghabisi para muggle di sekolah. Lima puluh tahun yang lalu kamar itu pernah terbuka dan seorang gadis meninggal. Sekarang, beberapa pelajar ditemukan dalam keadaan membatu. Seorang keturunan Slytherin menulis ancaman di depan kamar mandi perempuan yang rusak bertahun-tahun karena hantu Myrtle merana. Harry danteman- temannya mencurigai Draco Malfoy, seorang pelajar dari asrama Slytherin yang kelihatan sangat senang atas peristiwa ini.
Harry Potter and the Chamber of Secret karya J.K. Rowling
Latar tempat dalam kutipan novel tersebut adalah ....
Sayang harapan Alex untuk menjauhkan diri dari Mia yang belakangan ia juluki sebagai ‘Malaikat Kegelapan’ tidak berjalan sesuai harapan. Mia yang merasa sangat bersalah karena sudah menciderai tangan berharga dari seorang pianist terkenal, terus menawarkan bantuannya pada Alex, “Aku bisa menjadi tangan kirimu.” itu yang dikatakan gadis itu. Alex jelas menolak usulan gadis itu, ia merasa akan lebih baik tidak berhubungan lagi dengan gadis yang ia anggap akan mampu lebih banyak lagi menciderainya. Tapi gagasan itu tidak berlangsung lama, segala kesulitan dan kerepotan yang didapat Alex dalam beraktivitas dengan satu tangan, membuat Alex mau tidak mau dengan sangat terpaksa menerima tawaran Mia. Dan ia mulai menempatkan Mia sebagai ‘Pesuruh dan pengurus rumah’.
Sunshine Becomes You karya Ilana Tan
Bagaimanakah sikap Alex terhadap Mia pada kutipan novel tersebut adalah ....
Ketika lelaki itu berusaha mendaki, pandangannya mulai mengabur. Dia seperti mendengar suara-suara di telinganya. Aku harus menangkap perempuan itu! Tapi ketika dia mendongak lagi, perempuan itu telah menghilang. Di tempat di mana perempuan itu sebelumnya berada, berdiri seorang lelaki tua dengan gigi yang berwarna kecokelatan. Lelaki tua itu menatap ke bawah, kearahnya, dan tersenyum penuh kesedihan. Kemudian dia menjerit keras penuh penderitaan sehingga menggema ke seluruh padang pasir.
Malaikat dan Iblis karya Dan Brown
Latar suasana yang tergambar dalam kutipan novel di atas adalah ....
Aku meraba kertas itu, merasakan lekukan-lekukan tempat Jacob menekankan bolpoinnya begitu kuat sampai kertasnya nyaris robek, Aku bisa membayangkan ia menuliskannya menggoreskan kalimat-kalimat bernada marah itu dengan tulisan tangannya yang kasar, mencoret kalimat demi kalimat ketika kata-kata yang tertulis ternyata salah, mungkin bahkan mematahkan bolpoinnya dengan tangannya yang kelewat besar itu: tidak heran kertasnya berlepotan tinta begini. Aku bisa membayangkan perasaan frustrasi membuat alis hitamnya bertaut dan keningnya berkerut. Seandainya ada di sana, aku pasti sudah tertawa terbahak-bahak. Jangan sampai kau kena perdarahan otak, Jacob, aku akan berkata begitu padanya. Keluarkan saja semua unek-unekmu.
Eclipse karya Stephenie Meyer
Karakter Jacob dalam kutipan novel di atas adalah ....
Setelah menitipkan tamu misterius itu pada Nyonya Pearson, kami berangkat, dan kami hampir saja terlambat. Poirot kadang-kadang membisu dan kadang-kadang banyak bicara. Kadang-kadang dia duduk merenung saja ke luar jendela, seperti orang yang sedang bermimpi, seolah-olah tak didengarnya apa-apa yang kukatakan padanya. Kemudian, tiba-tiba banyak bicaranya, dan mencurahkan bermacam amanat dan perintah padaku, dan memesankan benar agar aku terus-menerus mengirim berita-berita dalam bentuk rahasia.
Empat Besar karya Agatha Christie
Pendeskripsian tokoh ‘Poirot’ dalam kutipan novel di atas melalui....
"Porlock, Watson, adalah nom de plume , sekadar identitas. Tapi di belakangnya terdapat kepribadian yang berubah-ubah dan licin. Dalam surat sebelumnya ia terang-terangan memberitahuku bahwa nama itu bukan nama aslinya, dan menantangku untuk melacaknya di antara jutaan penduduk kota besar ini. Porlock penting, bukan bagi dirinya, tapi bagi orang besar yang berhubungan dengannya. Bayangkan dirimu sebagai seekor ikan pilot bersama ikan hiu, jackal dengan singa—apa pun yang tidak berarti tapi berdampingan dengan sesuatu yang menakutkan. Bukan hanya menakutkan, Watson, tapi juga berbahaya—berbahaya pada tingkat yang tertinggi. Karena itulah ia menarik perhatianku. Kau pernah mendengarku bicara tentang Profesor Moriarty?."
Sherlock Holmes: Lembah Ketakutan karya Sir Arthur Conan Doyle
Konflik yang dialami tokoh dalam kutipan novel di atas adalah ....
"Bu!" kata Ernie Curtin, berhenti sebentar dari kesibukannya menggerak-gerakkan sebuah benda kecil dari logam naik-turun di bendul jendela, sambil mulutnya mengeluarkan suara mirip deruman dan lenguhan yang maksudnya menirukan suara roket yang meluncur ke ruang angkasa menuju Venus, "Bu, bagus ya, Bu?" Mrs. Curtin, seorang wanita berwajah keras yang sedang sibuk mencuci panci di bak cuci, tidak menjawab. "Bu, ada mobil polisi berhenti di luar rumah kita." "Jangan berbohong lagi, Ernie," kata Mrs. Curtin sambil membanting cangkir-cangkir dan tatakannya pada papan pengering. "Kau tahu apa yang kukatakan padamu tentang itu." "Aku tidak pernah bohong," kata Ernie jujur. "Itu memang sebuah mobil polisi, dan ada dua orang laki-laki turun dari mobil itu."
Mayat Misterius karya Agatha Christie
Watak Mrs. Curtin dalam kutipan novel di atas adalah ....
Pada suatu hari, Odiseus meninggalkan perkemahan Yunani dan duduk seorang diri di pantai Troya. Ia meratapi perpisahan dengan istrinya dan merasa sangat sedih karena tidak dapat melihat putranya tumbuh. Ia khawatir bahwa ayah dan ibunya telah meninggal sementara dirinya sibuk berperang. Ia khawatir tidak akan pernah lagi bertemu dengan mereka.
Odisei : Raksasa Bermata Satu karya Mary Pope Osborne
Latar suasana yang tergambar dalam kutipan novel di atas adalah ....
Penduduk desa Little Hangleton masih menyebutnya "Rumah Riddle", meskipun sudah bertahun-tahun lamanya keluarga Riddle tak tinggal di sana lagi. Rumah itu terletak di atas bukit, menghadap ke desa, beberapa di antara jendela-jendelanya ditutup papan, genting-gentingnya hilang di sana-sini, dan sulur tumbuhan menjalar merambat liar di dindingnya. Rumah yang dulunya gedung indah, dan bangunan paling besar dan paling megah di daerah itu, kini lembap, telantar, dan kosong.
Harry Potter dan Piala Api karya J.K Rowling
Unsur intrinsik yang paling dominan dari kutipan novel di atas adalah ....
Hujan masih gerimis, tapi tak sampai membuatku basah kuyup ketika meraih kunci rumah yang selalu disembunyikan di bawah daun pintu, dan menguncinya. Suara decitan sepatu bot antiairku yang baru membuatku takut. Aku merindukan bunyi keretakan kerikil saat aku berjalan. Aku tak bisa berhenti dan mengagumi trukku lagi seperti yang kuinginkan; aku sedang terburu-buru keluar dari kabut lembab yang menyelubungi kepalaku dan hinggap di rambutku di balik tudung jaket.
Twilight karya Stephenie Meyer
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan novel tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel