Contoh Soal Kekuasaan dan Penjajahan Inggris di Indonesia

Contoh Soal Kekuasaan dan Penjajahan Inggris di IndonesiaBeberapa saat sebelum kedatangan Belanda melalui ekspedisinya ke wilayah Nusantara, pada tahun 1811, Indonesia berada di bawah kekuasaan Inggris. Gubernur Jenderal pada saat itu, Lord Minto mempercayakan kekuasaan di Indonesia kepada Thomas Stamford Raffles sebagai kepala pemerintahan Inggris di Nusantara. Raffles memulai tugasnya pada tanggal 19 Oktober 1811 dengan berkedudukan di wilayah Jakarta. Peristiwa Belanda menyerah kepada Inggris melalui Kapitulasi Tuntang (1811), menjadi awal pendudukan kolonial Inggris di Indonesia. Kapitulasi Tuntang antara lain berisi :
1) Pulau Jawa dan daerah sekitarnya yang dikuasai Belanda diserahkan kepada Inggris
2) Semua Tentara Belanda menjadi tawanan Inggris
3) Orang-orang Belanda dapat dipekerjakan dalam pemerintahan Inggris.
Pendudukan Inggris atas wilayah Indonesia tidak berbeda dengan penjajahan bangsa Eropa lainnya. Raffles mengadakan perubahan-perubahan, baik di bidang ekonomi maupun pemerintahan. Raffles mempersiapkanpenerapan politik kolonial seperti yang dijalankan oleh Inggris di India. Kebijakan Daendels yang dikenal dengan nama Contingenten diganti dengan sistem sewa tanah atau Landrent.
Sistem sewa tanah disebut juga sistem pajak tanah. Rakyat atau para petani harus membayar pajak sebagai uang sewa, karena semua tanah dianggap milik negara. Hal – hal yang diatur dalam sistem sewa tanah ini, yakni:
a) Penyerahan wajib dan wajib kerja dihapuskan.
b) Hasil pertanian dipungut langsung oleh pemerintah tanpa perantara Bupati.
c) Rakyat harus menyewa tanah dan membayar pajak kepada pemerintah sebagai pemilik tanah.
Dalam pemerintahan Raffles di Nusantara, diterapkan prinsip-prinsip liberal yang hendak mewujudkan kebebasan dan kepastian hukum. Raffles juga berusaha mengubah ekonomi barang menjadi ekonomi uang dan mengubah unsur-unsur paksaan menjadi unsur-unsur kebebasan serta perjanjian atau kontrak.Tindakan yang dilakukan oleh Raffles berikutnya adalah membagi wilayah Jawa menjadi 16 daerah karesidenan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pemerintah melakukan pengawasan terhadap daerah-daerah yang dikuasai. Setiap karesidenan dikepalai oleh seorang residen dan dibantu oleh asisten residen. Beberapa peristiwa penting semasa pemerintahan Thomas Stamford Raffles di Indonesia, misalnya:
1) Membentuk susunan baru dalam pengadilan yang didasarkan pengadilan Inggris.
2) Menulis buku yang berjudul History of Java.
3) Menemukan bunga Rafflesia-arnoldii.
4) Merintis pembukaan Kebun Raya Bogor.
Perubahan politik di Eropa mengakhiri pemerintahan Raffles di Indonesia. Pada tahun 1814, Napoleon Bonaparte menyerah kepada Inggris dan Belanda lepas dari penjajahan Prancis. Inggris yang memiliki hubungan baik dengan Belanda akhirnya mengadakan pertemuan di London, Inggris dengan kesepakatan yang tertuang dalam Convention of London. Isinya yang paling utama adalah Belanda memperoleh kembali daerah jajahannya yang dulu direbut Inggris. Status Indonesia dikembalikan sebagaimana dulu sebelum perang, yaitu di bawah kekuasaan Belanda.Penyerahan wilayah Hindia Belanda dari Inggris kepada Belanda berlangsung di Batavia pada tanggal 19 Agustus 1816. Inggris diwakili oleh John Fendall dan Belanda diwakili oleh Mr. Ellout, van der Capellen, dan Buyskes.

Contoh Soal Kekuasaan dan Penjajahan Inggris di Indonesia

Kerajaan Inggris diketahui telah berada di wilayah Nusantara sejak tahun ….
Kekuasaan tertinggi Kerajaan Inggris di Nusantara dipegang oleh ….
Perjanjian yang mengatur wilayah Nusantara sebagai daerah jajahan Inggris dikenal dengan ….
Penerapan politik kolonial di Indonesia disamakan dengan aturan yang berlaku di ….
Aturan kepemilikan tanah di masa kolonial Belanda, Contingenten diganti dengan regulasi yang hampir sama dengan sebutan ….
Hasil pertanian di Nusantara semasa Inggris diserahkan kepada ….
Sistem perekonomian yang coba diusung pemerintahan Inggris di Indonesia adalah ….
Dampak kembalinya pemerintahan Belanda ke wilayah Indonesia setelah perubahan politik di Eropa, salah satunya, adalah bebasnya Belanda dari penjajahan negara ….
Pusat penelitian flora di Indonesia yang dirintis pembangunannya pada masa pemerintahan Thomas Raffles terletak di wilayah ….
Penyerahan kembali kekuasaan pemerintahan di Indonesia dari Inggris kepada Belanda dilakukan pada tahun ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel