Contoh Soal Politik Etis

Contoh Soal Politik EtisPolitik etis atau dikenal sebagai politik balas budi adalah suatu pemikiran yang dikembangkan oleh pemerintahan kolonial Belanda di masa penjajahannya di Indonesia dengan memberikan tanggung jawab atas kesejahteraan rakyat. Ide ini digagas pertama sekali oleh Pieter Brooshoft kepada pemerintahan kolonial. Pada 17 September 1901, Ratu Wilhelmina mengungkapkan panggilan moral pihak Belanda kepada bangsa Hindia Belanda. Rakyat indonesia dipekerjakan terus menerus tanpa adanya imbalan atau bayaran dan meraup keuntungan di Indonesia dengan mengeksploitasi kekayaan alam Indonesia dengan memperkerjakan rakyat Indonesia sehingga lama kelamaan para simpatisan mendukung rakyat indonesia untuk disejahterakan juga. Untuk melaksanakan politik etis ini maka dikembangkanlah sebuah sistem yang disebut *Trias Van de Venter * yang meliputi kegiatan seperti :
1) Irigasi, membangun dan memperbaiki pengairan untuk keperluan pertanian.
2) Emigrasi, atau dikenal juga sebagai perpindahan penduduk.
3) Edukasi, perluasan dalam kesempatan pendidikan.
Dalam pelaksanaannya, pemerintah Belanda melaksanakan kegiatan – kegiatan yang seharusnya berorientasi kepada masyarakat menjadi berorientasi kepada kepentingan kaumnya sendiri di wilayah Nusantara. Pembangunan irigasi dilakukan keperluan perkebunan swasta Belanda dan bukan untuk kepentingan pertanian kaum pribumi sertapemindahan penduduk ke perkebunan hanya untuk dijadika pekerja rodi. Namun demikian, politik etis dalam bidang pendidikan atau edukasi sangat berperan dalam perkembangan dunia pendidikan di Hindia Belanda. Sejak tahun 1900 banyak didirikan sekolah-sekolah sehingga pendidikan dapat merata hingga ke daerah-daerah. Walaupun niat sebenarnya dengan pembukaan sekolah – sekolah ini adalah besarnya kebutuhan Pemerintah Belanda dan pengusaha asing akan pegawai-pegawaI rendahan yang murah
Pelaksanaan politik etis ini didukung juga oleh Politik Asosiasi yang memandang pentingnya kerjasama yang erat antara golongan Eropa dan rakyat pribumi untuk kemajuan tanah jajahan. Politik etis dilaksanakan dengan pemberian bantuan sebesar 40 juta gulden.Pada tahun 1903 diumumkan Undang-Undang Desentralisasi yang menciptakan dewan-dewan lokal, dengan wewenang untuk membuat peraturan-peraturan tentang pajak dan urusan-urusan bangunan umum. Pada tahun 1905 didirikan dewan kota di Jakarta, Jatinegara dan Bogor, dengan mayoritas anggotanya orang Belanda. Dalam rangka desentralisasi ini, secara berangsur-angsur dibentuk provinsi dankabupaten sebagai daerah otonom.
Meskipun pemerintah telah melaksanakan pembangunan di berbagai bidang akan tetapi karena kepentingan utamanya adalah untuk mensejahterakan kaum Belanda, hasilnya tidak begitu terasa oleh rakyat. Bahkan kehidupan rakyat semakin tergantung kepada pengusaha pemilik modal sebagi penyewa tanah dan tenaganya. Tingkat kehidupan ekonomi rakyat tetap rendah. Perbedaan di bidang ekonomi, sosial dan politik antara golongan asing dengan golongan pribumi sangat besar. Bahkan diskriminasi berdasarkan warna kulit semakin tajam.
Walau masih mengeksploitasi situasi di Nusantara, politik etis turut andiluntuk melahirkan golongan baru dalam masyarakat kita, yaitu golongan terpelajar. Golongan terpelajar mendapat pengajaran menurut sistem Eropa, hingga kemudian mengenal bermacam-macam ilmu pengetahuan Barat. Lambat-laun mereka itu menyadari kepincangan-kepincangan yang terjadi di Indonesia sebagai akibat politik penjajahan.Golongan terpelajar inilah yang akhirnya memelopori timbulnya pergerakan nasional Indonesia, yang menentang penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan dengan cara-cara yang modern

Contoh Soal Politik Etis

Politik etis dimaksudkan untuk memperhatikan kesejahteraan ….
Ide penerapan politik etis di Indonesia bermula pada tahun ….
Ratu Belanda yang mendorong pemberlakuan politik Etis di Indonesia adalah ….
Sistem politik etis di Indonesia dikenal juga dengan sebutan ….
Mobilisasi penduduk besar – besaran yang dilakukan semasa pemberlakuan politik etis di Indonesia dikenal dengan sebutan ….
Penyimpangan pelaksanaan politik etis di Indonesia dapat dilihat dari berbagai contoh berikut, kecuali ….
Undang – undang desentralisasi di masa politik Etis berlaku pada tahun ….
Dampak dari undang – undang desentralisasi yang diberlakukan adalah dengan pembentukan ….
Pada tahun 1905 didirikan dewan kota di wilayah seperti Jakarta, Jatinegara, dan ….
Golongan – golongan terpelajar yang kelak muncul dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia adalah dampak dari pemberlakuan kebijakan politik etis di sektor ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel