Contoh Soal Ulasan Hidrokarbon

Contoh Soal Ulasan HidrokarbonHidrokarbon adalah senyawa organik yang hanya mengandung karbon dan hidrogen. Memiliki rangka karbon yang mana atom-atom hidrogen menempel. 
Hidrokarbon diklasifikasi sebagai alifatik atau aromatik. Hidrokarbon alifatik dapat berupa rantai terbuka atau siklik mengandung sebuah struktur cincin.
Hidrokarbon alifatik diklasifikasikan lebih lanjut menjadi
  • Alkana
  • Alkena
  • Alkyna
Saat menamai siklik alkana, awalan siklo ditambahkan pada nama ini.
Hidrokarbon aromatik memiliki setidaknya satu cincin benzena di dalam strukturnya.
Alkana
Alkana mengandung hanya  ikatan tunggal dan oleh karena itu sifatnya jenuh. Saat alkana-alkana rantai lurus, Rumus Umum CnH2n+2, akhiran –ana harus ditambahkan pada akar kata. Saat menamai alkana-alkana rantai bercabang, rantai karbon terpanjang harus dinomori sedemikian rupa sehingga rantai-rantai tersebut memiliki nomor yang paling rendah.  Terlebih dulu tulis posisi dari rantai samping, sebuah tanda hubung, nama dari rantai samping, akar kata untuk rantai terpanjang dan akhiran ‘ana’.
Contoh: Metana (CH4), Etana (CH3 - CH3), 
2-metilbutana CH3 - CH(CH3)-CH2 - CH3

Alkena
Alkena setidaknya mengandung satu ikatan ganda karbon-karbon dan sehingga sifatnya tak jenuh. Saat menamai alkana-alkana rantai lurus, Aturan Umum 
CnH2n akhiran –ena harus ditambahkan pada akar kata. Rantai karbon yang paling panjang memiliki ikatan ganda karbon – karbon harus dinomori sedemikian rupa sehingga ikatan ganda tersebut memiliki nomor yang paling rendah. Pertama tulis dulu akar kata untuk rantai terpanjang, sebuah tanda hubung, posisi dari ikatan ganda, sebuah tanda hubung, dan akhiran ‘ena’. 
Contoh: Etena, propena, but-1-ena

Alkyna
Alkyna mengandung setidaknya satu ikatan triplet karbon - karbon dan oleh karena itu tak jenuh. Saat menamai alkyna-alkyna rantai lurus, Rumus Umum CnH2n-2, akhiran –yna harus ditambahkan pada akar kata. Rantai karbon terpanjang yang memiliki ikatan triplet karbon-karbon harus dinomori sedemikian rupa sehingga ikatan triplet memiliki nomor yang paling kecil.  Pertama tulis akar kata untuk rantai terpanjang, sebuah tanda hubung, posisi dari ikatan triplet, sebuah tanda hubung, dan akhiran ‘yna’. 
Examples: Ethyna, propyna, but-1-yna, but-2-yna 
Hidrokarbon alisiklik adalah hidrokarbon alifatik yang memiliki sebuah struktur cincin dan dapat bersifat jenuh dengan ikatan-ikatan tunggal atau tak jenuh dengan ikatan-ikatan ganda atau triplet. Hidrokarbon ini  tidak memiliki cincin benzena yang merupakan dasar dari senyawa-senyawa aromatik. Jika mengandung hanya ikatan tunggal, maka dianggap sebagai sikloalkana. Jika mengandung setidaknya satu ikatan ganda, maka dianggap sebagai sikloalkena.

Sikloalkana mematuhi aturan umum CnH2n. Aturan umum ini adalah sama dengan aturan umum dari rantai alkena. Tapi perbedaan diantaranya adalah bahwa sikloalkana jenuh dengan struktur cincin tertutup sedangkan alkena adalah tak jenuh dengan struktur cincin terbuka.

Sikloalkena mematuhi aturan umum CnH2n-2. Aturan umum ini sama dengan aturan umum dari rantai alkyna. 
Hidrokarbon aromatik adalah senyawa-senyawa siklik tak jenuh. Mengandung sebuah cincin dari enam atom karbon yang terhubung oleh ikatan-ikatan hibrid, kekuatannya ada ditengah-tengah antara ikatan tunggal dan ikatan karbon-karbon ganda. Ikatan-ikatan hibrid ini dibentuk dengan rata-rata ikatan-ikatan tunggal dan ganda alternatif yang membentuk cincin heksagonal yang dikenal sebagai cincin benzena. 


Contoh Soal Ulasan Hidrokarbon



Manakah dari senyawa organik berikut ini yang bukan hidrokarbon?
Apa saja hidrokarbon alifatik?
Apa persamaan antara hidrokarbon siklik alifatik dan hidrokarbon aromatik?
Di dalam senyawa berikut ini, rumus manakah yang berhubungan dengan alkena siklik?
Apa ciri yang membedakan sebuah sikloalkana dari sebuah alkena?
Beri nama hidrokarbon diatas.
Benzena dan sikloheksana merupakan dua jenis senyawa organik yang memiliki enam atom karbon. Karakteristik utama dari sikloheksana yang dapat membedakannya dari benzena adalah....
Manakah yang hidrokarbon jenuh dalam daftar berikut ini?
but-1-ena, pent-2-yna, propana, oktena, sikloheksana, benzena, nonana, sikloheptena
Beri nama hidrokarbon diatas.
Beri nama hidrokarbon diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel