Contoh Soal Turunan Benzena dan Kegunaannya

Contoh Soal Turunan Benzena dan KegunaannyaSenyawa benzena memiliki 6 atom H. Jika salah satu atau lebih atom H pada benzena digantikan (substitusi) dengan atom atau gugus lain (substituen), maka senyawa tersebut dinamakan senyawa turunan benzena. Substituen yang berbeda mengakibatkan nama senyawa turunan benzena yang berbeda pula dan tentu saja kegunaannya juga berbeda.
"Substituen yang berbeda mengakibatkan nama yang berbeda pula". Apa sih maksudnya? Agar kalian tahu jawabannya, perhatikan materi berikut ini dengan seksama.

✫ Tata Nama Senyawa Turunan Benzena ✫

Tata nama senyawa turunan benzena pada umumnya tidak begitu sistematis. Masing-masing senyawa dikenal dengan nama trivialnya. Perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Turunan benzena dengan satu substituen

Secara umum tata namanya adalah:
Meskipun demikian, senyawa turunan benzena lebih banyak menggunakan nama trivial. Gugus bervalensi satu yang diturunkan dari benzena disebut gugus fenil (C6H5—), sedangkan yang diturunkan dari toluena (C6H5—CH3) disebut gugus benzil (C6H5—CH2—).
Secara lengkap, turunan benzena dengan satu substituen ditunjukkan oleh tabel berikut.

2. Turunan benzena dengan dua substituen

Turunan benzena yang lebih dari satu substituen, atom C pada cincin benzena diberi nomor seperti halnya pada rantai alifatik. Penomoran dimulai dari atom C yang mengikat gugus substituen.
Jika terdapat substituen yang sejenis maka diberi awalan di -.
Secara lengkap, turunan benzena dengan dua substituen ditunjukkan oleh tabel berikut.

3. Turunan benzena dengan tiga substituen atau lebih

Turunan benzena dengan tiga substituen atau lebih, posisi substituen dinyatakan dengan angka. Prioritas penomoran substituen mengikuti urutan berikut.
Sama seperti hidrokarbon alifatik, penamaan tetap disusun menurut abjad.
Contoh:

4. Turunan benzena dengan gugus fenil (C6H5—) sebagai substituen pada molekul lain

Jika sebuah cincin benzena terikat pada suatu rantai alkana bergugus fungsi atau pada rantai alkana dengan 7 atom C atau lebih, maka cincin benzena itu dianggap sebagai substituen.
Contoh:
Setelah kalian belajar tentang tata nama senyawa turunan benzena, kalian juga harus paham tentang sifat-sifat turunan benzena. Oleh karena itu, simak materi berikut ini.

✫ Sifat-Sifat Senyawa Turunan Benzena ✫

Sifat-sifat senyawa turunan benzena dapat kita lihat dari sifat fisis dan sifat kimianya. Apa saja sifat-sifatnya? Yuk temukan jawabannya.

Sifat Fisis

Sifat fisis senyawa turunan benzena bergantung dari jenis substituennya. Jenis substituen menentukan kelarutan benzena dan turunannya. Sebagian besar, turunan benzena tidak larut dalam air. Akan tetapi, turunan benzena dengan gugus yang sangat polar seperti –OH dan –COOH memiliki kelarutan yang cukup baik dalam air.

Sifat Kimia

Keberadaan subtituen pada turunan benzena akan mempengaruhi kerapatan elektron dari cincin benzena sehingga mempengaruhi laju reaksi.
  • Subtituen seperti –OH, -NH2, dan OCH3 menyumbangkan kerapatan elektronnya ke cincin sehingga reaksi akan berlangsung lebih cepat. Sebagai contoh, reaksi anilina (C6H5 – NH2) tidak memerlukan katalis karena substituen –NH2-nya sangat reaktif.
  • Substituen seperti –COOH, -NO2, dan –SO3H cenderung menarik kerapatan elektron dari cincin, sehingga reaksi akan berlangsung lebih lambat.
Setiap yang tuhan ciptakan di alam ini pasti ada kegunaanya bukan? Begitu juga dengan senyawa turunan benzena. Kalian mau tahu apa saja kegunaannya? Perhatikan penjelasan berikut ini.

✫ Kegunaan Senyawa Turunan Benzena ✫

Senyawa benzena dan turunannya banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya naftalena atau kapur barus yang digunakan sebagai pengharum pakaian dan asam benzoat untuk mengawetkan makanan. Untuk lebih lengkapnya mengenai kegunaan senyawa turunan benzena, perhatikan tabel berikut.



Contoh Soal Turunan Benzena dan Kegunaannya


Senyawa turunan benzena terbentuk dari benzena yang mengalami reaksi ....

(—NH2)

Nama substituen yang memiliki rumus molekul di atas adalah ....
Benzena yang mengalami subtitusi dengan gugus hidroksi akan membentuk senyawa yang memiliki nama trivial ...
Nama senyawa turunan benzena di atas adalah ....
Nama senyawa di atas adalah ....
Penamaan yang tepat untuk senyawa di atas adalah ....
Berikut ini yang merupakan struktur molekul dari senyawa para - hidroksi benzaldehid adalah....
Salah satu senyawa turunan benzena yang dapat berfungsi sebagai bahan peledak adalah 2,4,6-trinitro toulena (TNT). Bentuk struktur molekul TNT yang tepat adalah ....
Penyataan berikut ini yang benar mengenai sifat senyawa turunan benzena adalah ....
Data yang tepat pada tabel di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel