Contoh Soal Mengenal Protein dan Strukturnya

Contoh Soal Mengenal Protein dan Strukturnya - Nama protein berasal dari bahasa Yunani proteios yang artinya “peringkat satu” atau "yang utama”. Sesuai dengan namanya, protein adalah senyawa terpenting penyusun sel hidup. Protein terdapat dalam semua jaringan hidup baik tumbuhan maupun hewan. Fungsi biologis protein sangat beragam, antara lain sebagai pembangun, pengatur, pertahanan, dan sebagai sumber energi.
        Protein merupakan senyawa organik berupa polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Sifat suatu protein bergantung pada asam amino penyusunnya, yang meliputi sekitar 20 jenis asam amino. Unsur utama penyusun protein terdiri atas C, H, O, dan N. Beberapa protein juga mengandung unsur S dan P.
Sekarang, kalian mungkin bertanya-tanya, apa sih asam amino itu? Untuk tahu jawabannya, perhatikan penjelasan berikut ini.

ASAM AMINO

        Asam amino merupakan senyawa hidrokarbon yang mempunyai gugus karboksil (-COOH) dan gugus amina (-NH2). Asam amino dapat diperoleh dari hasil hidrolisis protein. Struktur asam amino mengandung gugus -NH2 yang terikat pada atom C alfa (α), yaitu atom C yang terikat pada gugus karboksil.
Perbedaan asam amino satu sama lain terletak pada rantai sampingnya. Rantai samping dilambangkan dengan R yang dapat berupa alkil, cincin benzena, alkohol, dan turunannya.
        ▬ Tabel Jenis Asam Amino Berdasarkan Rantai Sampingnya ▬
Asam amino yang diberi tanda bintang ( * ) pada tabel adalah asam amino esensial, yaitu asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari sumber makanan, sedangkan asam amino yang tidak diberi tanda bintang adalah asam amino non esensial yang dapat dibuat sendiri oleh tubuh.
Setelah kalian paham tentang pengertian protein dan asam amino, kalian juga harus paham tentang struktur protein dan jenis-jenisnya. Agar kalian paham, yuk simak materi berikut dengan seksama.

STRUKTUR PROTEIN

        Setiap protein khususnya polipeptida merupakan suatu polimer yang terbentuk dari berbagai asam amino melalui ikatan peptida. Dalam menjalankan fungsi biologisnya, sebuah protein dapat mengalami perubahan struktur yang reversibel. Struktur alternatif protein yang sama disebut sebagai konformasi.
        Protein merupakan polimer dari asam amino, disebut juga polipeptida. Antar asam amino terdapat ikatan peptida, yaitu ikatan antara gugus karboksil suatu asam amino dengan gugus amino dari asam amino lain. Ikatan peptida terbentuk melalui reaksi berikut.

✰ Jenis – Jenis Struktur Protein ✰

1. Struktur Primer
Struktur primer pada protein berupa 1 rantai polipeptida yang merupakan rangkaian asam amino dengan urutan tertentu. Susunan ini menentukan sifat dasar dari berbagai protein dan secara umum menentukan bentuk struktur sekunder dan tersier.
2. Struktur Sekunder
Struktur sekunder pada protein berupa susunan dari dua/ lebih struktur primer, yang dapat berbentuk heliks (alpha helix) dan lembaran (beta sheet). Struktur sekunder terjadi karena adanya gaya dispersi atau ikatan hidrogen.
3. Struktur Tersier
Struktur tersier pada protein terbentuk dari gabungan beberapa macam struktur sekunder yang berbeda membentuk lipatan atau gulungan. Hal ini terjadi karena adanya ikatan hidrogen, ikatan garam, interaksi hidrofobik, dan ikatan disulfida.
4. Struktur Kuartener
Struktur primer, sekunder, dan tersier umumnya hanya melibatkan satu rantai polipeptida. Namun, bila struktur ini melibatkan beberapa polipeptida dalam membentuk suatu protein, maka disebut struktur kuartener. Pada umumnya ikatan-ikatan yang terjadi sampai terbentuknya protein sama dengan ikatan-ikatan yang terjadi pada struktur tersier.

Contoh Soal Mengenal Protein dan Strukturnya


Protein merupakan makromolekul yang tersusun dari rangkaian asam amino. Berikut ini yang merupakan struktur asam amino adalah ...
Pada proses polimerisasi protein, asam-asam amino saling terikat oleh ....
Senyawa berikut merupakan kelompok asam amino penyusun protein, kecuali .....
Asam amino yang memiliki struktur paling sederhana adalah ....
Protein dibentuk dari polimerisasi asam-asam amino melalui ikatan peptida, yaitu ikatan antara ....
Asam amino yang memiliki rantai samping berupa cincin aromatik adalah .…
Senyawa berikut ini yang bukan asam amino esensial adalah ….
Struktur protein paling sederhana adalah ....
Molekul protein dengan bentuk alpha helix dan beta sheet merupakan protein dengan struktur ....
Dua gugus fungsi yang terkandung dalam asam amino terikat pada ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel