Contoh Soal Jenis dan Karakteristik Bencana Alam di Indonesia

Contoh Soal Jenis dan Karakteristik Bencana Alam di IndonesiaBencana adalah serangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat disebabkan oleh faktor alam ataupun non alam atau manusia yang berpotensi menyebabkan korban dan kerugian. Berdasarkan sumber bencana dapat dibagi menjadi:
1) Bencana alam, bencana yang diakibatkan oleh peristiwa yang disebabkan oleh alam seperti gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, tsunami, kekeringan, dan banjir.
2) Bencana non alam, bencana yang diakibatkan oleh peristiwa non alam seperti kegagalan teknologi, kegagalan modernisasi, dan wabah penyakit.
3) Bencana sosial, bencana yang diakibatkan oleh manusia seperti konflik atau pun teror.
Wilayah Indonesia yang berada di antara dua jalur pegunungan terbesar di dunia, Sirkum Pasifik dan Mediterania serta di daerah pertemuan lempeng tektonik menjadikan wilayah ini termasuk dalam kategori rawan bencana terutama dengan kegiatan vulkanis. Hal ini bahkan dituangkan dalam UU No. 27 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang menjelaskan bahwa wilayah NKRI memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana alam, baik disebabkan faktor alam , nonalam atau sosial. Secara umum, karakteristik yang dimiliki wilayah Indonesia sehingga potensial terhadap bencana, yaitu:
a) Posisi geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudra besar dunia (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik).
b) Posisi geologis Indonesia pada pertemuan tiga lempeng utama dunia (Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik).
c) Kondisi relief Indonesia yang sangat beragam. 
Wilayah Indonesia juga terletak di daerah iklim tropis dengan ciri-ciri adanya perubahan cuaca, suhu, dan arah angin yang cukup ekstrem. Beberapa potensi bencana alam yang dapat mengancam Indonesia dengan mempertimbangkan kondisi geografis Indonesia, yaitu:
• Gempa Bumi
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasanya diakibatkan oleh pergerakan kerak bumi. Gempa bumi dapat diukur dengan seismograf. Tipe gempa yang dapat mengancam sewaktu – waktu antara lain gempa vulkanik akibat aktivitas gunung berapi, gempa tektonik akibat pergerakan di dasar samudera dan gempa runtuhan di wilayah gunung kapur.
• Bencana Gunung Berapi
Indonesia merupakan wilayah rawan bencana gunung berapi, karena terletak pada busur cincin api Pasifik (Pasific Ring of Fire). Busur cincin pasifik merupakan tempat bergeseknya dua lempeng tektonik. Apabila gunung berapi meletus, magma yang terkandung di dalam dapur magma di bawah gunung berapi akan keluar menjadi lava atau lahar. Selain lava, kerusakan yang disebabkan letusan gunung berapi antara lain banjir lahar dingin, abu vulkanik, kebakaran hutan, gas beracun, dan gelombang tsunami.
• Bencana Banjir
Bencana banjir sering melanda Indonesia, antara lain, pada daerah dataran rendah. 
• Bencana Tanah Longsor
Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yangmenyebabkan bergeraknya material tersebut. Beberapa penyebab bencana tanah longsor terjadi antara lain erosi, pengikisan akibat hujan lebat, gempa bumi dan gunung berapi.
Dari potensi bencana alam tersebut dapat dibagi ke dalam dua kategori umum, yakni:
• Bencana Alam Meteorologi
Bencana alam meteorologi atau hidrometeorologi berhubungan dengan iklim. Bencana ini umumnya tidak terjadi pada suatu tempat khusus, walaupun ada daerah-daerah yang menderita banjir musiman, kekeringan atau badai tropis. Bencana alam bersifat meteorologis seperti banjir dan kekeringan merupakan bencana alam yang paling banyak terjadi di seluruh dunia.
• Bencana Alam Geologi
Bencana alam geologi adalah bencana alam yang banyak terjadi di permukaan bumi seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan gunung meletus. Gempa bumi dan gunung meletus hanya terjadi sepanjang jalur-jalur pertemuan lempeng tektonik di darat atau lempeng samudra.

Contoh Soal Jenis dan Karakteristik Bencana Alam di Indonesia

Bila terjadi bencana, maka pihak yang merasakan kerugian terbesar adalah ....
Bencana yang tidak disebabkan oleh alam dapat berupa hal – hal berikut, kecuali ....
Wilayah Indonesia berada di antara dua jalur pegunungan, Sirkum Pasifik dan ....
UU tentang penanggulangan bencana RI diberlakukan pada tahun ....
Perubahan suhu yang ekstrem adalah salah satu ciri Indonesia sebagai negara ....
Gempa bumi yang terjadi akibat pergeseran lempeng bumi disebut dengan ....
Alat pengukur getaran yang dihasilkan gempa disebut dengan ....
Banjir akibat tidak mampunya lapisan tanah menahan longsoran umumnya terjadi di daerah ....
Bencana alam meteorologi atau hidrometeorologi berhubungan dengan ....
Contoh bencana alam geologi adalah sebagai berikut, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel