Contoh Soal Penerapan Gaya Magnet

Contoh Soal Penerapan Gaya Magnet Pada topik sebelumnya, kita telah mempelajari tentang gaya magnet. Apakah gaya magnet ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari? Tentu saja jawabannya dapat. Apa saja aplikasi tersebut? Mari kita simak ulasan berikut ini.

A. Gaya magnet pada galvanometer 

Galvanometer merupakan komponen dasar pada alat-alat pengukuran seperti voltmeter, amperemeter, dan ohmeter. Dalam alat-alat ukur tersebut, galvanometer bekerja berdasarkan prinsip bahwa sebuah kumparan yang dialiri arus listrik dapat berputar ketika diletakkan dalam daerah medan magnetik.

B. Gaya magnet pada detektor logam 

Detektor logam adalah alat untuk mendeteksi senjata yang tersembunyi di bandara, gedung perkantoran, atau tempat-tempat umum lainnya. Bentuk detektor tersebut dapat berupa tongkat yang didekatkan pada pada badan seseorang atau dipasang pada pintu-pintu khusus. Ketika seseorang yang melewati pintu tersebut membawa barang yang terbuat dari logam, fluks magnet akan meningkat. Peningkatan fluks magnet ini disertai dengan peningkatan tegangan di dalam arus yang mengalir lewat kumparan penerima sehingga alarm dapat berbunyi.

C. Gaya magnet pada video recorder 

Gaya magnetik dapat diaplikasikan pada video recorder juga. Dalam alat ini, sinyal pada video recorder disimpan di dalam pita magnetik. Video recorder sangat bergantung pada magnetisme dan listrik. Video recorder menggunakan dorongan magnetik dari kawat yang membawa arus dalam motor listrik untuk memutar drum pada kecepatan tinggi dan menggerakkan pita yang melaluinya dengan lembut. Untuk merekam suatu program, arus yang mengalir melalui kumparan kawat di dalam drum digunakan untuk menciptakan pola magnetik pada pita. Jika pita tersebut diputar ulang, alat perekam yang menggunakan pola magnetik ini akan menghasilkan arus yang dapat diubah ke dalam gambar.

D. Gaya magnetik pada pengeras suara 

Komponen dasar pengeras suara terdiri dari dua bagian yaitu sebuah kerucut kertas yang bersambungan dengan sebuah kumparan suara (silinder yang dikitari oleh kawat tembaga) dan sebuah magnet permanen berbentuk silinder (kutub utara di tengah dan dikelilingi kutub selatan). Ketika arus dilewatkan pada lilitan kumparan, gaya lorentz akan bekerja yang disebabkan oleh magnet permanen. Besar kecilnya gaya bergantung pada suara yang dihasilkan oleh terminal pengeras suara dan elektron yang berada di medan magnet sehingga akan menyebabkan maju mundurnya kerucut kertas yang menumbuk udara. Kemudian dihasilkan gelombang-gelombang bunyi sesuai dengan frekuensi pengeras suara.

E. Gaya magnet untuk kereta api 

Salah satu penerapan gaya magnet yang paling besar manfaatnya adalah penerapan pada kereta api. Salah satu kereta api yang menggunakan magnet adalah kereta api Maglev. Kereta ini menerapkan konsep magnet listrik untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Kata “Maglev” berasal dari magnetic levitation. Kereta api ini dipasangi magnet listrik di bawahnya yang bergerak pada jalur bermagnet listrik. Magnet tolak-menolak sehingga kereta api melayang tepat di atas jalur lintasan. Gesekan kereta api dengan jalur lintasan berkurang sehingga kereta api bergerak lebih cepat.

F. Gaya magnet pada motor listrik 

Motor listrik adalah alat yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Mesin ini tidak bising, bersih, dan memiliki efisiensi tinggi. Alat ini bekerja dengan prinsip bahwa arus yang mengalir melalui kumparan di dalam medan magnet akan mengalami gaya yang digunakan untuk memutar kumparan. Beberapa contoh alat dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan motor listrik adalah pompa air, blender, mixer, dan bor listrik.

Contoh Soal Penerapan Gaya Magnet


SOAL 1
Penggunaan bor listrik merupakan salah satu contoh pemanfaatan gaya lorentz karena ..

SOAL 2
Ketika Naili masuk ke pintu bandara Juanda, ia diperiksa oleh seorang petugas penjaga pintu dengan sebuah tongkat. Tiba-tiba tongkat itu berbunyi karena Naili membawa gunting. Hal ini merupakan salah satu pemanfaatan gaya lorentz yaitu untuk ....

SOAL 3
Pemanfaatan gaya lorentz yang sangat terkenal adalah untuk industri perkerataapian. Salah satu jenis kereta api yang memanfaatkannya adalah ....

SOAL 4
Pak Gan Gan sedang mengukur besar hambatan suatu batang besi. Ia menggunakan sebuah alat yang bernama Ohmeter. Jarum Ohmeter dapat menyilang ketika dua kabelnya ditempelkan ke batang besi tersebut. Hal ini karena di dalam Ohmeter terdapat ....

SOAL 5
Perhatikan pernyataan berikut.
1. blender merupakan salah satu contoh alat yang memanfaatkan galvanometer
2. gaya magnetik tidak dapat diaplikasikan untuk industri kereta api
3. ohmeter memanfaatkan motor listrik
4. bor listrik memanfaatkan sifat generator
5. gaya magnetik dapat diaplikasikan untuk video recorder
Pernyataan yang tepat tentang pemanfaatan gaya magnetik adalah ....

SOAL 6
Prinsip kerja video recorder hingga bisa menampilkan gambar adalah ....

SOAL 7
Perhatikan jenis-jenis alat berikut ini.
1. Blender
2. Video recorder
3. Ohmeter
4. Voltmeter
Alat-alat yang menggunkan galvanometer adalah ....

SOAL 8
Pemanfaatan gaya magnetik pada detektor logam dapat membunyikan alarm karena ....

SOAL 9
Pengeras suara merupakan salah satu alat yang memanfaatkan gaya magnetik. Pengeras suara terdiri dari dua bagian, yaitu ....

SOAL 10
Kereta api Maglev dapat melayang di atas rel sehingga bisa melaju sangat cepat karena ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel