Contoh Soal Pemarkah Spasial dan Sebab Akibat dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Soal Pemarkah Spasial dan Sebab Akibat dalam Teks Laporan Hasil ObservasiPada pembelajaran terdahulu, kita dapat menyimpulkan bahwa struktur dan kaidah laporan hasil observasi adalah berikut ini.
1. Struktur umum laporan observasi tersebut adalah pendahuluan, pembahasan, dan simpulan. Nah, pada bagian pembahasan dapat diuraikan lagi bahwa struktur teks laporan observasi itu adalah pernyataan umum atau klasifikasi dan anggota/aspek yang dilaporkan.
2. Kaidah laporan observasi menyajikan sejumlah fakta sebagai hasil pengamatan di lapangan. Dalam memaparkan fakta tersebut perlu diuraikan dalam teks yang rinci. Hal tersebut berarti bahwa kaidah bahasa teks laporan observasi itu baku dan lugas, yang juga berisikan istilah-istilah teknis.
      Dari dua rumusan tersebut, materi kita kali ini lebih menyoroti pemarkah spasial dan konjungsi sebab akibat yang muncul sebagai penanda rincian dalam teks laporan observasi. Namun sebelum masuk ke dalam materi tersebut, terlebih dahulu kita mengulas mengenai apa itu konjungsi!
      Konjungsi sendiri berarti kata yang digunakan untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan, atau kalimat-kalimat. Ciri lain dari konjungsi adalah tidak dihubungkan dengan objek dan tidak menerangkan kata. Konjungsi terdiri dari tiga, yakni konjungsi koordinatif yang menghubungkan antara dua atau lebih unsur yang sama pentingnya atau setara, lalu ada konjungsi subordinatif yang menghubungkan dua atau lebih klausa yang tidak memiliki status sintaksis yang sama, dan terakhir adalah konjungsi antarkalimat yang merangkaikan dua kalimat tetapi masing-masing merupakan kalimat sendiri-sendiri.

Contoh Soal Pemarkah Spasial dan Sebab Akibat dalam Teks Laporan Hasil Observasi


SOAL 1
Pernyataan yang menggunakan konjungtor sebab-akibat paling tepat adalah ….

SOAL 2
Kata lain dari konjungsi koordinatif adalah ...

SOAL 3
Jamur adalah tanaman yang tidak memiliki zat hijau daun, sehingga tanaman ini tidak bisa melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan sendiri. Tanaman ini bertahan hidup dengan cara menyerap zat-zat makanan, seperti solulosa, glukosa, lignin, protein, dan senyawa pati dari organisme lain. Dengan bantuan enzim yang diproduksi oleh hifa (bagian jamur yang bentuknya seperti benang halus, panjang, dan kadang bercabang), nutrisi tersebut kemudian diuraikan kembali menjadi senyawa yang dapat diserap untuk pertumbuhan. …, jamur dikategorikan sebagai tanaman yang kehidupannya bergantung pada organisme lain.
Pemarkah sebab-akibat yang tepat untuk mengisi teks laporan observasi tersebut ialah .…

SOAL 4
Membudayakan kegemaran membaca tidaklah mudah. Banyak tantangan yang melatari penanaman budaya membaca. Pertama, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya buku. Orang sulit menyisihkan pendapatannya untuk membeli buku. Berbeda dengan menonton film atau membeli kaset, orang tidak sungkan-sungkan menghabiskan uang untuknya.
Pernyataan sebab dalam paragraf di atas adalah …

SOAL 5
Perhatikan teks laporan obeservasi berikut!
(1) Ada banyak sekali jenis jamur yang tersebar di seluruh dunia. (2) beberapa di antaranya ada yang menguntungkan manusia dan adapula yang merugikan. (3) Jenis jamur (fungi) yang menjadi penyakit pada manusia dan tanaman, merupakan contoh yang merugikan. (4) Kasus-kasus ini misalnya keracunan, penyakit panu, atau kayu yang menjadi cepat lapuk. (5) Sebaliknya, jamur yang menguntungkan manusia adalah berbagai jenis jamur yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, misalnya untuk menghancurkan sampah organik atau menghasilkan antibiotik untuk obat.
Kalimat-kalimat yang menunjukan hubungan kausal adalah ....

SOAL 6
Hal ini disebabkan kurangnya penduduk yang memiliki keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan desa. Oleh karena itu, pemerintah Desa Nagrak Utara perlu mencari sumber daya manusia yang mampu memberikan penyuluhan atau pembimbingan yang berkelanjutan.
Cuplikan laporan observasi tersebut membahas masalah ….

SOAL 7
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menemukan penyebab dari objek observasi adalah, kecuali .…

SOAL 8
Noken adalah tas khas dari tanah Papua. Tas yang menemani aktivitas sehari-hari dan menjadi salah satu aksesoris yang banyak diminati. Noken terbuat dari kayu dan tangkai anggrek. Tumbuhan itu diambil seratnya. Setiap suku yang ada di Papua punya cara berbeda untuk mendapatkan tali alam ini. 
      Ada yang menggunakan teknik menguliti batang pohon lalu kulitnya direndam beberapa hari, ada yang menghancurkan kayu sampai tinggal seratnya, ada juga yang menggunakan teknik memanaskan kayu hingga layu dan kemudian di rendam di dalam air. Serat-serat itu dipilin menjadi tali alam yang kuat. Lalu satu demi satu tali disatukan dengan teknik rajut.
      Setelah mendapatkan serat kayu atau daun-daun tersebut, para pembuat Noken memberikan pewarna alami agar tas terlihat lebih menarik.
Jawaban yang sesuai untuk menjawab pertanyaan cara mendapatkan tali untuk pembuatan tas Noken adalah ….

SOAL 9
Rumah adalah kesatuan yang utuh dalam kehidupan sosial orang Papua. Selalu dinamis dan tidak dilihat sebatas tempat tinggal. Rumah bahkan menjadi gambaran jiwa pemilik atau kelompok suku yang mendiaminya.
      Rumah Suku Dani memiliki arsitektur yang berfungsi untuk menangkis hawa dingin dan tiupan angin kencang di lembah Baliem. Rumah ini bias menampung 5-10 orang. Bias dipastikan leluhur Suku Dani membangun rumah bundar agar anggota keluarga bisa berkumpul dengan rapat dan akrab.
      Pada bagian tengah rumah terdapat tungku perapian. Di sinilah anggota keluarga dan tamu berkumpul. Disini juga seorang anak laki-laki mendapatkan pelajaran mengenai kehidupan sebagai Suku Dani.
      Suku Dani menyebut rumah mereka dengan nama Honai.
Alasan yang menjadi perhatian penulis dalam mengobservasi rumah suku Papua adalah ….

SOAL 10
Perhatikan kutipan laporan observasi berikut!
Pulau Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Secara umum tipografi tanah Papua bervariasi; dataran rendah berawa, dataran tinggi berhutan hujan tropis, padang rumput, dan lembah alang-alang. Di bagian tengah tanah Papua tegak berdiri dan berjejer rangkaian pegunungan tinggi Jayawijaya sepanjang 650 KM. …
Kalimat untuk melengkapi bagian rumpang teks yang mengandung pernyataan akibat adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel