Contoh Soal Abstaksi teks laporan

Contoh Soal Abstaksi teks laporanSebelumnya, kita sudah memahami karakteristik teks laporan observasi. Laporan observasi haruslah bersifat umum, cermat, dan sistematik.
Pada materi kali ini, kalian akan belajar memahami lebih dalam lagi tentang laporan hasil observasi dengan cara mengabstraksi teks tersebut, mencari informasi penting dengan lebih cepat, menceritakannya kembali, atau menuangkannya ke dalam bentuk ringkasan. Untuk itu, kita wajib memahami seluk-beluk pengertian tentang teks.
Teks merupakan produk bahasa yang membangun satu-kesatuan makna dan tercipta di dalam suatu konteks situasi dan konteks kultural. Dalam hal ini, secara fungsional, teks digunakan untuk mengekspresikan suatu tujuan dan merealisasikan suatu keinginan ke dalam bentuk bahasa.
Ketika berbahasa, kita memang tidak dapat terlepas dari kedua konteks di atas. Konteks kultural dapat diartikan sebagai situasi budaya si pemakai bahasa yang mencakup sistem nilai dan norma. Sistem nilai ini termasuk apa saja yang dianggap benar dan salah, baik dan buruk, termasuk ideologi. Di sisi lain, norma adalah realisasi sistem nilai yang membentuk hukum dan aturan atas apa yang harus dan tidak boleh untuk dilakukan dalam melakukan suatu proses sosial.
Konteks situasi merupakan lingkungan langsung saat kita berbahasa. Konteks situasi setidaknya memunculkan tiga hal, yaitu medan, pelibat, dan sarana. Medan mengacu pada peristiwa atau suatu kejadian dengan lingkungannya mencakup jawaban atas pertanyaan apa,kapan, dimana, dan bagaimana. Pelibat adalah diri kita dan orang-orang yang ikut berpartisipasi di dalam kejadian tersebut, termasuk dalam hal ini status dan peran sosial yang dilakukan oleh partisipan tersebut. Sarana meliputi dua aspek, yaitu aspek saluran dan aspek media. Aspek saluran berbicara tentang gaya bahasa yang digunakan untuk merealisasikan kejadian tersebut, baik secara lisan maupun tulis, sedangkan media bisa berupa media tulis, audio, visual, atau audio-visual.
Jika kita pahami secara sederhana, setiap teks akan mengandung ide, ekspresi, dan logika. Ketika mencoba untuk mengabstraksi sebuah teks, kita diharapkan mampu mencari ketiga hal tersebut.
Ide, ekspresi, serta logika pengarang akan termuat dalam kalimat utama suatu paragraf (jika teks tersebut berbentuk tulisan). Kalimat inilah yang harus kita cari lalu kita gunakan dan kita susun dengan tepat. Dengan kata lain, kalimat utama adalah bahan penting dalam membuat ringkasan.
Sebuah paragraf idealnya memiliki dua unsur: kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang mengandung informasi umum, bersifat definisi, dan mampu mewakili kalimat lain dalam paragraf tersebut. Kalimat utama dapat muncul di setiap kalimat, baik di awal, tengah, maupun akhir. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memperkuat dan mendukung ide kalimat utama. Namun, hanya kalimat utamalah yang dapat kita pakai dalam menyusun abstraksi laporan.

Contoh Soal Abstaksi teks laporan


SOAL 1
Paus atau lodan merupakan sekelompok mamalia yang hidup di lautan. Nama paus diberikan pada anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Paus bukan termasuk golongan keluarga ikan.
Ringkasan yang tepat dari pernyataan umum/klasifikasi di atas adalah…

SOAL 2
Masa kini kita mengenal ada dua jenis Paus berdasarkan giginya, yaitu paus bergigi (Odontoceti) dan paus tidak bergigi (Mysticeti). Paus Odontoceti yang bergigi memangsa ikan dan sotong. Paus ini memiliki satu lubang pernapasan. Paus tidak bergigi berukuran lebih besar daripada ikan paus bergigi .Paus tidak bergigi mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring makanannya di air, yaitu plankton. Paus tidak bergigi mempunyai dua lubang pernapasan.
Abstraksi yang tepat untuk teks di atas adalah…

SOAL 3
Dari kalimat berikut, yang dapat dijadikan kalimat abstraksi adalah...

SOAL 4
Mainan anak kreatif Loom Band yang baru saja booming terpaksa ditarik peredarannya oleh perusahaannya di Inggris, yaitu The Entertainer. Perusahaan mainan besar di Inggis tersebut menarik semua loomb band yang telah diproduksinya karena disinyalir bisa memicu penyakit kanker. Loom band yang juga biasa disebut loom charms ini ditarik atas penelitian dan investigasi penuh terhadap deteksi zat kimia yang dikandung dalam mainan tersebut.
Abstraksi yang tepat adalah…

SOAL 5
(1) Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi . (2) Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta. (3) Kopi Arabika (Coffea arabica) diduga pertama kali diklasifikasikan oleh seorang ilmuan Swedia bernama Carl Linnaeus (Carl von Linné) pada tahun 1753. (4) Kopi Robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. (5) Minuman kopi yang ada saat ini sangatlah beragam jenisnya. Masing-masing jenis kopi yang ada memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik
Kalimat yang menyebabkan ketidakpaduan pada teks di atas adalah…

SOAL 6
Cermati teks berikut!
Reaktor adalah suatu alat proses tempat terjadinya suatu reaksi berlangsung, baik itu reaksi kimia maupun nuklir dan bukan secara fisika. Ada dua jenis reaktor, yaitu reaktor kimia dan reaktor nuklir. 
Kedua jenis reaktor berbeda dalam beberapa hal, yang paling mencolok adalah bahwa dalam reaktor kimia hukum kekekalan massa memegang peranan yang sangat penting. Hal ini disebabkan oleh tidak ada massa yang hilang dalam reaksi. ia hanya berubah dari satu jenis bahan ke jenis yang lain. Sedangkan reaktor nuklir tidak seperti itu.
Abstraksi/ringkasan yang tepat adalah…

SOAL 7
Cermati teks berikut!
Salah satu cara pembuatan pakaian adalah batik. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan.
Topik penting yang perlu dicatat berdasarkan teks di atas adalah…

SOAL 8
Langit adalah bagian atas dari permukaan bumi yang digolongkan sebagai lapisan tersendiri yang disebut atmosfer. Langit memiliki lapisan berbeda dan setiap lapisannya terdiri atas udara dan gas dengan komposisi yang berbeda pula. Langit sering terlihat berwarna biru, disebabkan oleh pemantulan cahaya.Akan tetapi, terkadang langit bisa berwarna selain itu, misalnya merah ketika senja, atau hitam saat turun hujan.
Abstraksi teks di atas adalah…

SOAL 9
Yang termasuk ciri dari gagasan penjelas adalah sebagai berikut, kecuali…

SOAL 10
Cermati teks berikut!
Imbuhan termasuk ke dalam morfem terikat sehingga penggunaannya tidak dapat berdiri sendiri. Imbuhan akan memiliki makna jika telah dilekati dengan kata dasar. Imbuhan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu awalan, sisipan, akhiran, gabungan, dan campuran.
Topik penting pada teks di atas adalah….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel