Contoh Soal Struktur Teks Iklan

Contoh Soal Struktur Teks IklanIklan sudah hadir sejak ribuan tahun yang lalu. Pada tahun 4000 SM, Mesir diketahui menggunakan lembaran papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster, begitu pula yang terjadi pada zaman Yunani Kuno. Pada abad ke-17, muncul selebaran-selebaran yang mempromosikan buku dan surat kabar di koran mingguan di Inggris. Pada tahun 1920-an ketika stasiun radio semakin banyak bermunculan, iklan pun berubah bentuk dalam ragam elektronik dan pada tahun 1940-an, iklan memasuki dunia televisi. Apa pun perkembangannya, tujuan iklan selalu sama, yaitu sebagai wadah dalam mempromosikan suatu barang atau jasa kepada masyarakat. Iklan akan dianggap berhasil apabila ia mampu mengubah sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup masyarakat tersebut.

Sebagai produk bahasa (baca: teks) yang bertujuan untuk mengubah sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup masyarakat, iklan haruslah menggunakan gaya yang retoris dan semenarik mungkin.
      Iklan biasanya memang ditunjukkan dengan bahasa dan gambar yang menarik. Dengan hal tersebut, khalayak akan merasa tertarik untuk melihat dan membaca. Selain menggunakan gambar, isi bahasa yang terkandung di dalam iklan memiliki dua unsur, yaitu pesan persuasif dan informasi argumen. Kedua pesan ini muncul dalam tiga bagian struktur iklan, yaitu: 
(1) orientasi/pengantar,
(2) tubuh iklan, dan 
(3) justifikasi. 
      Tidak semua iklan memiliki struktur yang lengkap/sama. Hanya saja, secara umum ketiga hal tersebut memang dominan tampak pada iklan.
      Pesan yang bersifat persuasif adalah pesan yang mengandung unsur ajakan agar khalayak mau mengikuti pesan dalam iklan tersebut. Jika itu adalah iklan komersil, khalayak diharapkan dapat membeli produk yang ditawarkan dan jika itu adalah layanan masyarakat, khalayak mau untuk mengikuti saran pada iklan tersebut. Pesan persuasif dapat muncul pada tubuh iklan.

Contoh Soal Struktur Teks Iklan


SOAL 1
Dalam tujuan pembuatan iklan, hal yang diinginkan untuk dapat diubah dalam masyarakat adalah, kecuali ….

SOAL 2
Perhatikan iklan berikut!

Struktur iklan di atas termasuk ke dalam bagian .…

SOAL 3
Berikut ini adalah yang termasuk ke dalam ciri-ciri iklan, kecuali .…

SOAL 4
Berikut ini yang tidak termasuk contoh bentuk iklan adalah .…

SOAL 5
Berikut ini adalah hal yang dapat membuat iklan menjadi menarik, kecuali .…

SOAL 6
Perhatikan contoh iklan berikut!

Kalimat justifikasi yang tepat sesuai dengan iklan di atas adalah .…

SOAL 7
Informasi argumentatif muncul pada struktur teks iklan bagian ….

SOAL 8
Perhatikan iklan berikut!
Struktur yang terdapat pada teks iklan di atas adalah .…

SOAL 9
Perhatikan kalimat berikut!
Sosial media sangat efektif dijadikan sebagai media pemasaran produk.
Teks di atas dapat dimasukkan ke dalam struktur teks iklan bagian .…

SOAL 10
Bagian orientasi iklan terdapat pada kalimat .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel