Contoh Soal Diferensiasi berdasarkan Agama dan Jenis Kelamin

Contoh Soal Diferensiasi berdasarkan Agama dan Jenis KelaminDiferensiasi sosial adalah klasifikasi terhadap perbedaan-perbedaan atau penggolongan masyarakat secara horizontal, mendatar, dan sejajar. 
Agama merupakan suatu lembaga penting yang mengatur kehidupan manusia. Salah satu ahli Sosiologi yang memberikan definisi tentang agama adalah Emile Durkheim. Ia mengemukakan bahwa agama merupakan suatu sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci, dan bahwa kepercayaan dan praktik tersebut mempersatukan semua orang yang beriman ke dalam suatu komunitas moral yang dinamakan umat.

Contoh Soal Diferensiasi berdasarkan Agama dan Jenis Kelamin


SOAL 1
Kemajemukan sosial dalam suatu masyarakat di antaranya tampak pada ….

SOAL 2
Salah satu contoh agama folk adalah ….

SOAL 3
Munculnya sikap mental yang berintikan kesombongan religius, prasangka, intoleransi, serta fanatisme adalah akibat dari adanya ….

SOAL 4
Cara agar dapat menerima dan menghargai orang lain yang berbeda agama adalah ….

SOAL 5
Perlakuan berbeda yang dialami oleh perempuan disebut ….

SOAL 6
Perhatikan citra di bawah ini!
1) Lemah
2) Lebih emosional
3) Rasional
4) Cermat
Citra yang umumnya dilekatkan pada perempuan dalam kerangka masyarakat yang masih menyuburkan dominasi laki-laki (patriarkhi) adalah ….

SOAL 7
Seseorang yang telah mengubah jenis kelaminnya tidak dapat mengubah persepsi orang tentang jenis kelamin aslinya. Hal ini menunjukkan bahwa jenis kelamin merupakan karakteristik ….

SOAL 8
Laki-laki cenderung bekerja dan beraktivitas di luar rumah, sedangkan perempuan banyak beraktivitas di dalam rumah. Hal ini merupakan diferensiasi berdasarkan pembedaan ….

SOAL 9
Akibat seringnya timbul persoalan dalam masyarakat, terutama yang diakibatkan diferensiasi sosial, maka musyawarah memiliki makna penting. Berikut yang tidak termasuk makna penting dari musyawarah, yakni ….

SOAL 10
Interseksi akan memperkokoh integrasi nasional karena adanya ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel