Menghitung Limit Fungsi Aljabar Berbentuk Limit

Menghitung Limit Fungsi Aljabar Berbentuk Limit f(x) x->0 dengan f(x) Berbentuk Fungsi Rasional - Untuk memperdalam pemahaman kalian, mari kita cermati beberapa contoh berikut ini.



Menghitung Limit Fungsi Aljabar Berbentuk Limit f(x) x->0 dengan f(x) Berbentuk Fungsi Rasional
Menghitung Limit Fungsi Aljabar Berbentuk Limit f(x) x->0 dengan f(x) Berbentuk Fungsi Rasional



Contoh 1
Hitung nilai

Penyelesaian :
Dengan cara mensubtitusikan x = 0 maka diperoleh :

Contoh 2
Hitung nilai

Penyelesaian :
Jika x = 0 kita subtitusi langsung, maka diperoleh bentuk tak tentu nol per nol. Oleh karena itu, kita perlu memfaktorkan pembilang kemudian menyederhanakannya.

Contoh 3
Hitung nilai

Penyelesaian :
Jika x = 0 kita subtitusi langsung, maka diperoleh bentuk tak tentu nol per nol. Oleh karena itu, kita perlu mengalikan penyebut dengan sekawannya terlebih dahulu, kemudian menyederhanakannya.

Contoh 4
Hitung nilai

Penyelesaian :
Jika x = 0 kita subtitusi langsung, maka diperoleh bentuk ∞ - ∞ 
Oleh karena itu, kita perlu mengalikan penyebut dengan sekawannya terlebih dahulu, kemudian menyederhanakannya.
Pada prinsipnya, dalam menentukan nilai limit fungsi f(x) untuk x mendekati 0 dengan berbentuk fungsi rasional dapat diselesaikan dengan cara subtitusi x = 0 pada f(x).
  1. Jika substitusi nilai x = 0 pada f(x) menghasilkan bentuk tak tentu nol per nol, maka fungsi f(x) harus diuraikan atau difaktorkan
  2. Jika substitusi nilai x = 0 pada f(x) menghasilkan ∞ - ∞ atau ∞ + ∞ maka fungsi f(x) harus disederhanakan terlebih dahulu.
Dengan kata lain, limit fungsi aljabar dapat dihitung dengan cara subtitusi langsung, pemfaktoran, dikalikan sekawannya, atau disederhanakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel