Contoh Soal Faktor-Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Contoh Soal Faktor-Faktor Pendorong Perdagangan InternasionalTidak ada satu negara yang dapat menghasilkan sendiri barang/jasa yang dibutuhkan oleh negara tersebut, karena tidak semua negara memilki sumber daya alam seperti bijih besi, minyak bumi dan lain sebagainya. Selain itu masih ada faktor yang menyebabkan perdagangan internasional perlu dilakukan. Mengapa setiap negara baik negara yang sedang berkembang sampai negara yang telah maju melakukan perdagangan internasional?

A. Pengertian dan Manfaat Perdagangan Internasional

       Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara, atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product). Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (sejak masa Jalur Sutra), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional turut mendorong industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.
       Menurut Adam Smith (1723-1790), suatu negara akan memperoleh keuntungan mutlak dikarenakan negara tersebut mampu memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan negara lain. Adam Smith juga berasumsi jika harga barang dengan jenis sama tidak memiliki perbedaan di berbagai negara, maka tidak ada alasan untuk melakukan perdagangan internasional.
       Menurut Sadono Sukirno (1995), manfaat perdagangan internasional adalah:
1. Menjalin Persahabatan Antar Negara
       Dengan adanya perdagangan internasional, maka akan terjalin kerja sama harmonis antar negara yang sangat memungkinkan mengarah pada persahabatan.
2. Memperoleh Barang yang Tidak Dapat Diproduksi Di Negeri Sendiri
       Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut, di antaranya kondisi geografis, iklim, tingkat penguasaan IPTEK, permodalan, dan lainnya. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.
3. Memperoleh Keuntungan dari Spesialisasi
       Penyebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi adakalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.
4. Memperluas Pasar dan Menambah Keuntungan
       Terkadang para pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi yang mengakibatkan turunnya harga produk. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal dan menjual kelebihan produk tersebut ke luar negeri.
5. Transfer Teknologi Modern
       Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efesien dan cara-cara manajemen yang lebih modern.

B. Faktor Pendorong dan Penghambat

       Perdagangan internasional dapat terjadi karena didorong beberapa faktor, yakni: 
1. Perbedaan Sumber Daya Alam
       Karena faktor alamiah, sumber daya alam yang dimiliki setiap negara berbeda-beda. Sangatlah jarang suatu negara memiliki sumber daya alam lengkap dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, perdagangan internasional digunakan untuk pertukaran pemenuhan kebutuhan. Contohnya, Indonesia yang banyak mengekspor tekstil ke Amerika Serikat, karena sumber daya alam Indonesia yang harganya terbilang murah. Sebaliknya, Amerika Serikat mengekspor mobil ke Indonesia karena dapat memproduksinya dengan harga murah. 
2. Selera
       Selera merupakan faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional. Contohnya, sebagian warga Indonesia lebih menyukai apel Australia. Padahal di Indonesia juga terdapat buah apel yang berasal dari Malang dan tempat lainnya, namun masyarakat Indonesia tetap memilih apel Australia. 
3. Penghematan Biaya Produksi (Efisiensi)
       Penghematan biaya produksi memungkinkan terjadinya perdagangan internasional akibat dari harga suatu barang yang murah di suatu negara, sehingga negara lain lebih memilih mengimpor daripada memproduksi sendiri dengan biaya lebih mahal.
4. Perbedaan Tekonologi
       Beberapa negara memiliki teknologi maju, sedangkan sebagian lainnya belum mampu menerapkan teknologi maju. Negara dengan teknologi maju mampu menjual barang dengan harga murah kepada negara yang memiliki teknologi sederhana. Contohnya, Indonesia mengimpor mobil dari Jepang karena Jepang memiliki teknologi pembuatan mobil yang lebih maju.
       Ada beberapa faktor yang dapat menjadi hambatan dalam melakukan perdagangan internasional, yakni:
1. Tidak Amannya Suatu Negara
       Amannya suatu negara merupakan pertimbangan terjadinya perdagangan internasional. Jika negara memiliki kondisi yang aman, maka para pedagang akan mendekat. Namun, jika tidak, maka pedagang akan beralih ke negara yang lebih aman. Faktor keamanan jelas mempengaruhi minat para pedagang untuk melakukan perdagangan internasional 
2. Kebijakan Ekonomi Internasional oleh Pemerintah
       Beberapa kebijakan ekonomi suatu negara terkadang menghambat kelancaran perdagangan internasional. Contohnya, pembatasan jumlah impor, pungutan biaya impor/ekspor yang tinggi, atau perizinan yang berbelit-belit. 
3. Tidak Stabilnya Kurs Mata Uang Asing
       Kurs mata uang asing yang tidak stabil membuat para eksportir maupun importir mengalami kesulitan dalam menentukan harga valuta asing. Kesulitan tersebut berdampak pula terhadap harga penawaran maupun permintaan dalam perdagangan.

Contoh Soal Faktor-Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain disebut ….
Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan ….
Perdagangan internasional telah terjadi sejak masa ….
Suatu negara akan memperoleh keuntungan mutlak dikarenakan negara tersebut mampu memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan negara lain. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
Perdagangan internasional sangat mungkin mengarah pada hubungan antar negara yang bercorak berikut, kecuali ….
Berikut adalah faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara, kecuali ….
Penyebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh ….
Menurut Sadono Sukirno (1995), manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut, kecuali ….
Berikut yang bukan merupakan faktor pendorong perdagangan internasional adalah ….
Perhatikan hal berikut!
1) Pembatasan impor
2) Pungutan biaya ekspor tinggi
3) Edukasi konsumen
4) Pengurangan pajak
Kebijakan yang dapat menghambat perdagangan internasional adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel