Contoh Soal Penduduk sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional

Contoh Soal Penduduk sebagai Modal Dasar Pembangunan NasionalPembangunan nasional dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk melaksanakan pembangunan nasional, diperlukan berbagai modal dasar yang salah satu di antaranya adalah penduduk. Setelah mempelajari bahasan ini, anda akan mengetahui peranan penduduk dalam pembangunan nasional.

Pembangunan nasional adalah rangkaian pembangunan yang dilakukan secara berkesinambungan dan meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Tujuan pembangunan nasional tercantum dalam pembukaan UUD 1945, yakni melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Modal dasar pembangunan nasional adalah segala sumber kekuatan nasional yang dimiliki dan didayagunakan bangsa Indonesia dalam pembangunan nasional. Modal dasar pembangunan nasional Indonesia, antara lain: 
1) Kemerdekaan dan kedaulatan,
2) Jiwa dan semangat persatuan,
3) Wilayah nusantara, 
4) Kekayaan alam yang beraneka ragam, 
5) Penduduk, serta
6) Adat istiadat dan budaya bangsa.
Jumlah penduduk yang besar jika diimbangi dengan kualitas yang tinggi dapat menjadi modal dasar pembangunan, karena potensi penduduk memiliki peranan besar dalam pembangunan ekonomi. Tujuan dari pembangunan ekonomi adalah meningkatkan kesejahteraan penduduk. Tingkat kesejahteraan penduduk biasa diukur dengan kenaikan penghasilan riil per kapita. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya pendapatan suatu negara. Kedua faktor tersebut adalah penduduk dan tenaga kerja. Kualitas penduduk sangat terkait dengan kemampuan penduduk untuk mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, guna memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraannya. Indikator kualitas atau mutu sumber daya manusia dapat dilihat dari beberapa aspek sepert pendapatan, tingkat pendidikan, dan tingkat kesehatan.
Indikator dari tingkat kesehatan penduduk dapat dilihat dari angka kematian dan angka harapan hidup. Angka kematian yang tinggi menunjukkan tingkat kesehatan penduduk yang rendah dan angka harapan hidup yang tinggi menunjukkan tingkat kesehatan penduduk yang baik. Tingkat kesehatan penduduk juga tidak dapat dilepaskan dari pendapatan penduduk. Semakin tinggi pendapatan penduduk, maka pengeluaran untuk memperoleh pelayanan kesehatan akan semakin tinggi. Penduduk yang pendapatannya tinggi dapat menikmati makanan yang berkualitas yang memenuhi standar kesehatan. Sementara orang yang tingkat pendidikannya tinggi diharapkan memiliki produktivitas yang tinggi pula bila dibandingkan dengan orang yang berpendidikan rendah. Jika kualitas penduduk di Indonesia tinggi maka akan dapat menjadi modal dasar pembangunan, jika tidak akan menjadi beban/masalah dalam pembangunan ekonomi.
Perkembangan penduduk yang cepat tidak selalu merupakan penghambat bagi jalannya pembangunan ekonomi, jika penduduk ini mempunyai kapasitas yang tinggi untuk menghasilkan dan menyerap hasil produksi yang dihasilkan.Bertambahnya penduduk justru akan menciptakan/memperbesar permintaan secara keseluruhan, terutama untuk investasi. Pertambahan penduduk itu tidak sekedar sebagai tambahan penduduk melainkan juga sebagai suatu kenaikan dalam daya beli atau purchasing power. Salah satu bukti potensi penduduk dalam pembangunan nasional dapat dilihat ketika Indonesia mengalami krisis global. Tidak terjadi dampak yang besar di dalam negeri karena Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang besar, yang dapat menopang pasar dalam negeri. Hal ini pula yang menjadi salah satu ciri khas negara – negara di kawasan ASEAN yang dilihat sebagai kawasan ekonomi yang besar karena jumlah penduduk dan produksi yang amat besar di kawasan ini.
Contoh Soal Penduduk sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional

Pilihan Tunggal
Karakteristik dari pembangunan nasional adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Tujuan pembangunan nasional berlandaskan pada ....
Pilihan Tunggal
Pembangunan nasional Indonesia dilakukan dengan berlandaskan sejumlah modal pembangunan berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Kesejahteraan penduduk diukur berdasarkan ....
Pilihan Tunggal
Kualitas penduduk dapat diukur berdasarkan beberapa hal berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Angka kematian dan angka harapan hidup adalah indikator untuk menilai ....
Pilihan Tunggal
Kemampuan penduduk untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik bergantung kepada ....
Pilihan Tunggal
Pertambahan penduduk akan memperbesar volume ....
Pilihan Tunggal
Krisis ekonomi di sejumlah negara Asia tidak memukul perekonomian Indonesia dengan keras karena ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel