Contoh Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan

Contoh Soal Gerak Lurus Berubah BeraturanPada topik sebelumnya telah kita pelajari tentang gerak lurus beraturan (GLB). Gerak lurus beraturan merupakan gerak benda yang kecepatan di setiap titiknya konstan. Pada bahasan sebelumnya, kita juga telah mempelajari tentang gerak, jarak dan perpindahan, serta kecepatan dan kelajuan. Pada topik ini kita akan mempelajari tentang gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Sekarang, mari kita mulai masuk ke topik GLBB. 

Gerak Lurus Berubah Beraturan

1. Definisi gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak benda dengan lintasan garis lurus dan memiliki kecepatan yang setiap saat berubah.
2. Percepatan dan perlambatan
Gerak benda yang mengalami percepatan disebut gerak lurus berubah beraturan dipercepat, sedangkan gerak yang mengalami perlambatan disebut gerak lurus berubah beraturan diperlambat.
Grafik hubungan antara besar kecepatan (v) dengan waktu (t) pada gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ditunjukkan pada gambar berikut:
section-media
Rumus kecepatan pada GLBB adalah:
vt = vo + at
Dimana :
vt = kecepatan setelah waktu t sekon
vo = kecepatan saat t = 0 sekon
a = percepatan (tanda +) atau perlambatan (tanda -)
Grafik hubungan antara besar jarak (s) dengan waktu (t) pada gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ditunjukkan pada gambar berikut:
section-media
Rumus jarak pada GLBB adalah:
section-media
Percepatan atau perlambatan pada GLBB adalah konstan. Untuk percepatan a bertanda (+) untuk perlambatan a bertanda (-)
Hubungan antara kecepatan, waktu dan jarak adalah:
vt2 = vo2 + 2as
Contoh Soal
Benda bergerak dengan kecepatan awal 2 m/s, selanjutnya benda dipercepat secara beraturan sehingga kecepatannya menjadi 10 m/s dalam selang waktu 4 sekon. Berapa percepatan yang dialami benda itu?
Penyelesaian
Diketahui:
vo = 2 m/s
vt = 10 m/s
t = 4 s
Ditanya: a?
Jawab:
section-media
Jadi, percepatan benda 2 m/s2.



Contoh Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan

Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 72 km/jam direm sehingga kecepatannya berkurang secara teratur menjadi 18 km/jam dalam waktu 5 detik. Jarak yang ditempuh selama 5 detik adalah....
Sebuah benda yang mula-mula diam diberi gaya F sehingga kecepatannya menjadi 10 m/s dan jarak yang ditempuh 10 meter. Waktu yang diperlukan selama benda tersebut bergerak adalah….
Sebuah kelapa jatuh dari pohonnya. Tinggi pohon kelapa adalah 20 m, percepatan gravitasi di tempat tersebut 10 m/s2. Kecepatan kelapa saat menyentuh tanah adalah....
Sebuah benda bermassa 0,5 kg dilempar dari suatu bangunan yang tingginya 100 m. Jika kecepatan awal benda adalah 20 m/s, maka kecepatan akhir saat benda mencapai tanah adalah....
Batu bermassa 200 gram dilemparkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal 50 m/s. Jika percepatan gravitasi di tempat tersebut 10 m/s2, dan gesekan udara diabaikan, waktu yang diperlukan batu untuk mencapai ketinggian maksimum adalah….
Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan awal 72 km/ jam kemudian direm hingga berhenti pada jarak 8 meter dari tempat mulainya pengereman. Perlambatan yang dilakukan mobil tersebut adalah….
Sebuah benda pada mulanya diam. Kemudian, bergerak dengan percepatan 4 m/s2 selama 10 s. Jika percepatan benda dinaikkan menjadi 5 m/s2 selama 3 s, maka kecepatan akhir benda adalah....
Gambar di bawah ini merupakan grafik gerak sebuah mobil yang bergerak lurus berubah beraturan.
section-media
Jarak yang ditempuh mobil selama 4 sekon adalah....
Sebuah mobil bergerak dengan percepatan 2 m/s2 sesaat setelah dinyalakan. Setelah berjalan selama 20 s, mesin mobil mati dan berhenti 10 s kemudian. Jarak yang ditempuh oleh mobil tersebut adalah….
Mobil yang bermassa 800 kg bergerak lurus dengan kecepatan awal 36 km/jam. Setelah menempuh jarak 150 m, kecepatannya menjadi 72 km/jam. Waktu tempuh mobil adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel