Contoh Soal Fungsi dan Peran Lembaga Sosial dalam Mengelola Keragaman Budaya

Contoh Soal Fungsi dan Peran Lembaga Sosial dalam Mengelola Keragaman Budaya Keragaman budaya adalah salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Keragaman budaya dimungkinkan tumbuh di Indonesia karena adanya kearifan lokal masing – masing daerah yang sampai saat ini masih dipertahankan sebagai identitas kebudayaan Indonesia baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dalam masyarakat yang heterogen seperti di Indonesia, terdapat berbagai jenis lembaga sosial yang saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain. Lembaga sosial mempunyai sejumlah ciri atau karakteristik. Ciri-ciri umum dari lembaga sosial, antara lain:
1) Lembaga sosial biasanya memiliki kekekalan tertentu yang berlangsung lama. Lembaga sosial berisi sekumpulan norma-norma yang harus dipertahankan. Norma tersebut dibutuhkan untuk mengatur kehidupan atau hubungan antar manusia, contohnya kehidupan atau hubungan dalam keluarga. 
2) Lembaga sosial memiliki satu atau lebih tujuan tertentu, misalnya lembaga pendidikan memiliki tujuan untuk mentransfer nilai, norma, dan ilmu pengetahuan kepada generasi berikutnya. 
3) Lembaga sosial memiliki sejumlah perangkat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, misalnya bendera atau lambang pada lembaga politik, uang sebagai alat tukar pada lembaga ekonomi, dan lain-lain.
Lembaga-lembaga sosial tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional Indonesia. Kelembagaan yang dimaksud adalah lembaga keluarga, lembaga agama, lembaga ekonomi, lembaga pendidikan, lembaga budaya, dan lembaga politik. Peran lembaga dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional adalah sebagai berikut:
• Lembaga Keluarga
Keluarga merupakan kesatuan terkecil dan sekaligus paling mendasar dalam kehidupan masyarakat yang terbentuk melalui proses perkawinan. Dalam sebuah keluarga proses pendidikan pertama dan utama berada pada lembaga ini. Keluarga memiliki peran strategis dalam melakukan pendidikan keberagaman. Keluarga yang mampu melaksanakan peran pendidikan dengan baik, akan menghasilkan anak-anak yang berkualitas. 
• Lembaga Agama
Lembaga-lembaga agama yang ada di Indonesia, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin). Di samping keenam lembaga agama yang berada pada tingkat nasional tersebut, masih terdapat berbagai lembaga agama baik tingkat nasional maupun daerah. Fungsi dan peranan lembaga agama yang telah disebutkan sebelumnya dalam mengelola keberagaman sosial budaya bangsa Indonesia, misalnya: 
a) Pemberdayaan umat. Para tokoh agama berperan penting dalam pemberdayaan masyarakat. Mereka tidak hanya mengajarkan tentang ibadah, tetapi juga melakukan pendidikan keterampilan kepada masyarakat. Peran para penyebar agama sangat besar dalam memberdayakan masyarakat untuk pembangunan.
b) Melakukan komunikasi antar umat beragama. Untuk mewujudkan komunikasi yang baik antar pemeluk agama yang berbeda, dapat dilakukan dengan membentuk forum antar umat beragama. Dengan komunikasi yang baik antar umat beragama tercipta kondisi yang baik yang mampu mendukung pembangunan nasional.
• Lembaga Ekonomi
Salah satu fungsi dan peran lembaga ekonomi dalam memanfaatkan keragaman sosial budaya yaitu untuk mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat. Keragaman sosial budaya merupakan salah satu daya tarik wisatawan dunia.
• Lembaga Pendidikan
Lembaga pendidikan formal dan non formal memiliki peran penting dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional. Lembaga pendidikan berperan penting dalam melakukan transformasi budaya masyarakat. Biasanya di sekolah-sekolah terdapat pelajaran bahasa daerah, sebagai salah satu bentuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan berupa bahasa. Selain itu, banyak sekolah yang mengajarkan seni tradisional lainnya.
• Lembaga Budaya
Peran serta lembaga budaya dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional. Lembaga adat sebagai salah satu lembaga budaya berperan dalam mewariskan dan mengembangkan budaya secara turun-temurun.
• Lembaga Politik
Lembaga politik memiliki peran penting dalam mengelola keragaman sosial budaya bangsa Indonesia. Lembaga politik seperti MPR, Kepresidenan, DPR, DPP, BPK, MA, dan Pemerintah Daerah. Semua lembaga politik memiliki peran penting dalam menggunakan keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional.

Contoh Soal Fungsi dan Peran Lembaga Sosial dalam Mengelola Keragaman Budaya


Pilihan Tunggal
Salah satu faktor pendukung terciptanya keragaman budaya di Indonesia adalah ....
Pilihan Tunggal
Indonesia disebut sebagai masyarakat yang heterogen yang berarti ....
Pilihan Tunggal
Fungsi norma dalam masyarakat adalah ....
Pilihan Tunggal
Ciri – ciri umum lembaga sosial adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Berikut adalah berbagai bentuk lembaga sosial yang ditemui di masyarakat, kecuali ..
Pilihan Tunggal
Lembaga sosial yang mendidik masyarakat sejak dini adalah ....
Pilihan Tunggal
Lembaga agama yang mengatur kehidupan umat Buddha di Indonesia adalah ....
Pilihan Tunggal
Menggali keragaman budaya sebagai salah satu aset wisata untuk mendatangkan devisa bagi negara adalah tugas dari lembaga ....
Pilihan Tunggal
Lembaga budaya adalah salah satu bentuk lembaga sosial di Indonesia. Bagian dari lembaga budaya adalah ....
Pilihan Tunggal
Regulasi untuk mengatur keragaman budaya di Indonesia menjadi wewenang dari ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel