Contoh Soal Menyusun Teks Tanggapan Kritis

Contoh Soal Menyusun Teks Tanggapan KritisAdakah kawan-kawan yang bercita-cita masuk sekolah kedinasan? Betul sekali, sekolah kedinasan adalah sekolah khusus yang dinaungi kementerian atau lembaga pemerintah sehingga lulusannya kelak dapat ditarik untuk bekerja di lembaga tersebut. Sekolah Kedinasan yang mungkin sering kalian dengar adalah Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN), atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Sebetulnya masih banyak sekolah-sekolah lain yang menyediakan program ikatan dinas, sekolah-sekolah tersebut tersebar di beberapa daerah di Jawa ataupun luar Jawa.
      Kalau begitu enak ya sekolah di sana, sudah sekolahnya digaji, eh nanti dapat langsung disalurkan kerja lagi? Betul, tapi perlu usaha yang hebat untuk bisa masuk sekolah kedinasan itu. Para pelamar sekolah ini biasanya mengikuti tes seleksi bersama dan dipilih yang terbaik saja. Nah, kalian pasti bisa melanjutkan sekolah ke sana. Caranya? Dengan usaha dan disiplin mengikuti proses belajar menuju hal itu! 
      Ngomong-ngomong tentang usaha dan disiplin dalam belajar, sepertinya kita pun harus menerapkan dua kriteria itu untuk belajar materi menyusun teks tanggapan kritis deh. Ya, ketika kita akan menyusun sebuah teks tanggapan kritis, kita harus memahami karakteristik teks tanggapan kritis dulu. Dimulai dengan mengingat kembali struktur teks tanggapan kritis secara lengkap yakni Pernyataan Umum (Evaluasi), Deskripsi, dan Penegasan Ulang. Selanjutnya kita juga harus berpegang teguh pada kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis, seperti ungkapan tanggapan persetujuan, ungkapan yang menolak, ungkapan simpulan data, dan ungkapan-ungkapan yang menguatkan pendapat pembuat tanggapan lainnya. Setelah yakin semua karakteristik itu kita pegang selama penyusunan teks tanggapan kritis, maka kita sudah bisa memulai mempelajari materi menyusun teks tanggapan kritis.
      Oh iya, kawan-kawan, apakah kalian sudah dibagi kelompok sekarang? Nah, guru kalian nanti akan menyiapkan berbagai topik yang sedang fenomenal belakangan ini. Tugas kelompok kalian adalah menyusun paragraf-paragraf yang telah disiapkan sesuai dengan topik yang kalian pilih. Baiklah, berikut ini merupakan cara menyusun teks tanggapan kritis berdasarkan paragraf-paragraf deskripsi.

Menyusun Teks Tanggapan Kritis

  1. Pilih kalimat-kalimat yang mewakili bagian Pernyataan Umum (Evaluasi). Sesuai struktur teks, karena pernyataan umum disimpan di awal bagian teks, kalian harus memahami topik yang sebelumnya guru kalian berikan. Oya, sebelumnya juga kalian harus memposisikan dulu sebagai seseorang/kelompok yang netral sehingga ketika menentukan kalimat pokok, kalian tidak akan memilah-milah informasi. Misalnya: Guru kalian telah menyiapkan beberapa pilihan topik. Kalian kebetulan mendapatkan topik mengenai Sekolah Kedinasan. Dari beberapa potongan paragraf yang diberikan pada kalian, pisahkan paragraf yang menurut kalian mengandung pernyataan umum (evaluasi).
  2. Setelah menemukan pernyataan umum yang dimaksud, galilah informasi berkaitan permasalahan tersebut baik dari sudut pandang pro maupun kontra. Nah, pada langkah kedua ini kalian sudah boleh menenentukan diri sebagai pihak pemberi tanggapan yang mana. Namun, tetap saja, kalimat-kalimat deskripsi yang kalian temukan harus bisa mewakili keduanya. Kalian bisa juga menggunakan berbagai fasilitas sumber belajar seperti internet atau perpustakaan. Misalnya: Paragraf Pro Pilihan masuk ke sekolah kedinasan memang masuk akal. Alasan pertama adalah karena dengan program sekolah kedinasan, kita tidak lagi akan dipusingkan dengan urusan mencari kerja. Puluhan program unggulan di sekolah kedinasan berisikan penawaran ikatan dinas untuk bekerja di intansi yang menaungi adanya sekolah tersebut. Alasan kedua adalah biaya sekolah kita akan dijamin oleh pihak yang menaungi sekolah. Bayangkan dengan banyaknya biasa kuliah saat ini, kurang lebih 3 juta harus disiapkan per bulan, sedangkan yang harus kita bawa di sekolah kedinasan cukup badan dan otak saja, karena ternyata biaya hidup selama proses belajar akan ditanggung pihak yang menaungi sekolah tersebut.Paragraf kontra Sekolah kedinasan bukan tanpa cela. Banyaknya isu kekerasan di sekolah kedinasan disinyalir menjadi salah satu faktor yang membuat pelajar-pelajar malas melanjutkan sekolah ke tingkat ini. Sepuluh tahun lalu, kabar menghebohkan pernah muncul mengenai soal ini. Beberapa alasan lain yang menjadi kendala adalah sulitnya proses seleksi masuk, modal fisik yang yang kuat, bahkan memakan proses seleksi masuk yang lama.
  3. Sesudah kalian menemukan paragraf-paragraf yang mengandung kalimat-kalimat deskirripsi. Urutkan secara kelompoknya, apakah paragraf itu termasuk tanggapan pro ataukah tanggapan kontra. Selanjutnya, kalian tinggal menyusunnya sesuai sudut pandang kalian sendiri. Kalau misalnya kalian mendukung deskripsi dalam bagian pernyataan umum (evaluasi), kalian bisa meletakkan paragraf-paragraf yang berisikan kalimat pro dengan porsi lebih banyak, baru kemudian disusul paragraf kontra sebagai tandingannya setelah itu.
  4. Terakhir adalah bagian terpentingnya. Maka, sisa paragraf yang ada adalah bagian penegasan ulang. Dalam bagian penegasan ulang, pilihlah paragraf simpulan yang memang menegaskan ulang pendapat kalian mengenai permasalahan yang dikemukakan di bagian Evaluasi. Misalnya: Meskipun kabar tidak mengenakan masih sering dikaitkan dengan sekolah kedinasan, tetapi sekolah kedinasan merupakan pilihan paling tepat bagi pelajar yang punya potensi. Selain berpotensi mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan, pola pengajaran di sekolah kedinasan lebih ketat dan disiplin, sehingga lulusannya siap kerja fisik maupun mental.
      Nah, kawan-kawan demikianlah proses menyusun teks tanggapan kritis berdasarkan topik yang diberikan guru. Materi kali ini masih tahapan awal karena baru sampai menyusun secara benar paragraf-paragraf deskripsi berisikan tanggapan yang mudah dipahami. Secara lengkap penulisan teks tanggapan kritis akan dibahas pada materi selanjutnya. Namun demikian agar lebih memudahkan kalian pada pembelajaran kali ini, kalian bisa memperdalam materi menyusun teks tanggapan kritis ini dengan metode presentasi unjuk kerja dan zigsaw yang telah guru siapkan.

Contoh Soal Menyusun Teks Tanggapan Kritis

Berikut ini adalah isu fenomenal yang dapat dijadikan pernyataan umum dalam teks tanggapan kritis, kecuali .…
Sekolah dapat mengusahakan beasiswa mandiri bagi siswa yang kurang mampu. Salah satu caranya dengan subsidi silang, yakni sumbangan ikhlas setiap siswa seluruh sekolah yang dikutip setiap hari. Adapun tekniknya bisa dengan penyediaan kotak khusus yang dikelilingkan ke setiap kelas, sehingga dari uang jajan Rp500 rupiah saja, dapat diperoleh manfaat yang luar biasa setiap bulannya.
Ide utama yang melatarbelakangi bagian pernyataan umum teks tanggapan kritis di atas adalah ….
Perhatikan kalimat teks tanggapan kritis berikut! 
1. Mainan pabrikan dibuat dari bahan plastik daur ulang.
2. Mobil-mobilan dengan bahan dasar kulit jeruk bali memang unik.
3. Mobil balap remote control impor harus bertanda SNI.
4. Dengan kreativitasmu, batang tandan pisang dapat dibuat perahu-perahuan layar.
5. Bekas balpoin dapat dipakai sebagai kekeran pistol mainanmu.
Pernyataan pro sesuai dengan isu “Mainan ramah lingkungan” adalah ….
Simak baik-baik audio berikut! 
Berikut ini adalah deskripsi yang menyatakan kalimat menolak anggapan dalam audio ….
Salah satu pembalap muda Indonesia dielu-elukan karena bertanding di ajang balap bergengsi.
Kalimat deskripsi yang bernada negatif adalah ….
Selain sinetron tersebut, sinetron-sinetron anak dan keluarga masih sangat ramai ditayangkan di televisi. tercatat, judul-judul seperi Keluarga Cemara, Si Doel Anak Sekolahan, Jin dan Jun, atau Bidadari. Sinetron-sinetron itu mengajarkan cinta kasih, perjuangan, saling memberi, dan kesederhanaan. … Kehidupan-kehidupan bergelimang harta, huru-hara, perkelahian, bahkan penghinaan terhadap sekolah yang tidak lulus sensor selalu menjadi tema utama film sinetron zaman sekarang.
Kalimat untuk menyambungkan deskripsi pro dan kontra dalam teks di atas adalah ….
Perhatikan teks acak berikut ini!
1) Keberadaan Lembaga Sensor Film akan percuma, jika sinetron-sinetron bertemakan kekerasan masih diberi izin untuk ditayangkan.
2) Bahkan jika lebih berani, Komisi Penyiaran Indonesia sendiri memberikan surat peringatan kepada para pemilik production house sinetron yang bermasalah tadi.
3) Menurut mereka seharusnya peran Lembaga Sensor Film lebih ketat lagi dalam memotong adegan-adegan perkelahian yang keterlaluan.
4) Kalau bisa, Lembaga Sensor Film bekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia mengevaluasi judul-judul sinetron yang tidak layak ditontonkan di televisi.
5) Tanggapan ini disampaikan Komite Masyarakat Peduli Anak Indonesia saat diminta pendapatnya mengenai perpanjangan izin statsiun televisi swasta Agustus depan.
Urutan yang tepat agar menjadi bagian deskripsi teks tanggapan kritis adalah ….
Simak audia berikut ini dengan saksama!
Urutan ide pokok dar
(1) Menanggapi masalah ini, sudah saatnya wali murid memikirkan apa dan bagaimana keinginan putera-puterinya dapat terwujud, tentunya untuk masa depan mereka. (2) Jangan sampai kehendak orang tua ternyata justru menghalangi bakat dan masa depan cerah anak-anaknya kelak. (3) Apa yang terjadi jika ternyata apa yang orang tua inginkan berbeda dengan bakat sesungguhnya dari anak. (4) Anak-anak pasti menyukai sekolah yang bonafid dengan fasilitas mentereng dibandingkan sekolah kumuh dan jauh dari keramaian kota. (5) Persoalan ini berkenaan dengan lanjutan sekolah yang mungkin dipilih anak selepas lulus dari SMP. (6) Pilihannya sangat beragam, bisa SMA, SMK, Aliyah, Pesantren, atau mungkin Home Schooling.
Kalimat yang dapat dibuang dalam paragraph di atas adalah ….
Wacana ini bukan tanpa alasan. Banyak pihak mengeluhkan, terutama para guru, mengenai dampak buruk dari penggunaan gadget yang salah oleh siswa di sekolah. Alasan utamanya adalah hilangnya fokus peserta didik terhadap pelajaran karena teralihkan oleh dunia maya yang dibawa oleh ponsel pintar mereka.
      Alasan lain yang muncul adalah berbagai pelanggaran yang justru timbul karena penggunaan gadget yang tidak bertanggung jawab, seperti: merekam adegan kekerasan, kenakalan cyber, bahkan perilaku pornografi. Alasan-alasan tersebut disarikan dari beribu alasan dampak negatif lain yang disebabkan oleh handphone.
      Namun demikian, handphone bisa menjadi sarana terbaik untuk belajar. Di era pendidikan global, handphone dapat menjadi penunjang utama belajar yang berpusat pada siswa. Dengan kata lain, pembelajaran e-learning dan mandiri dapat dilakukan dengan handphone. Pendapat ini pernah diutarakan para ahli pendidikan revolusioner, macam James Belanca.

      Bermain games tiga jam sehari pada anak dapat menurunkan daya ingat setelah tua. 
Penegasan ulang yang tepat untuk melengkapi teks di atas ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel