Contoh Soal Membandingkan Teks Prosedur dengan Teks Biografi

Contoh Soal Membandingkan Teks Prosedur dengan Teks BiografiSebelum membahas teks prosedur, kalian tentu sudah mempelajari teks biografi, bukan? Kali ini kita akan membahas perbedaan kedua teks tersebut dengan membandingkannya dari berbagai aspek. Hal tersebut bertujuan agar semakin hari pemahaman kita tentang berbagai teks menjadi semakin tajam dan kuat.
      Pada dasarnya, kegiatan membandingkan dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara teks prosedur dengan teks biografi sebagai berikut.
1. Struktur


Perhatikan kedua teks di bawah ini.
Teks 1
Mesin pengering pada mesin cuci tidak diragukan lagi manfaatnya. Apalagi jika musim hujan datang, baju yang baru dicuci dapat kering seketika berkat bantuan mesin pengering meskipun tidak sempat dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang salah dalam mengoperasikan mesin pengering, baik pada mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung sehingga penggunaan mesin cuci sering kali cepat rusak disebabkan pengoperasian yang salah. Kali ini, saya akan menjelaskan cara mengeringkan yang tepat pada mesin cuci dua tabung agar mesin cuci awet lebih lama dan pakaian pun tetap terjaga.
1. Buanglah air bilasan terakhir dari mesin cuci
Usahakan buang air bilasan terakhir sejak proses pembilasan berakhir (mesin cuci berhenti beroperasi) agar air kotor dari sisa pembilasan tidak mencemari pakaian yang telah bersih. Hal ini pun akan membantu mengambil atau memilih pakaian yang akan dikeringkan terlebih dahulu dari tabung cuci ke tabung pengering.
2. Bukalah atau kibaskanlah pakaian
Pakaian hasil bilasan terakhir biasanya dalam keadaan menggulung sehingga perlu dibuka gulungan tersebut satu per satu atau dikibaskan sedikit agar pakaian menempati tabung pengering secara rapi dan penuh.
3. Tutuplah tabung pengering dengan rapi dan tepat
Penutup tabung pengering selalu ada pada setiap mesin cuci, tetapi terkadang orang malas menggunakannya. Padahal, tutup tersebut berfungsi untuk melindungi posisi pakaian dalam pengering agar tetap di tempat dan tidak meluap ke luar tabung.
4. Putar pengatur waktu
Putarlah pengatur waktu sesuai waktu yang Anda inginkan. Biasanya semakin lama waktu yang diputar, semakin cepat kering pakaian tersebut.
5. Keluarkan baju dari pengering jika tabung benar-benar berhenti berputar
Jangan pernah membuka tabung pengering ketika mesin pengering masih berputar sebab hal tersebut membahayakan. Keluarkanlah pakaian ketika kondisi mesin telah benar-benar berhenti dan tabung pun berhenti berputar. Biasanya memakan waktu sekitar satu menit setelah pemutar waktu berhenti bekerja. Setelah itu, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari langsung atau pun disimpan di tempat yang hanya terkena angin.
Teks 2
Siti Fatima adalah peraih juara pertama Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado, Sulawesi Utara itu. Ia memiliki kisah kehidupan yang menginspirasi.
Fatima kecil tinggal di sebuah rumah gubuk berlantai tanah yang terletak di dusun Dualas, Desa Pangongsean, Sampang, Madura. Rumah sederhana tersebut dikelilingi gedhek di tengah tegalan. Setiap hari Fatima harus berjalan 1 km dari rumah menuju ke sekolah. Hal ini tidak pernah menyurutkan semangatnya untuk belajar. 
Fatima juga seorang yatim sejak kecil. Ayahnya meninggal sebelum ia lulus dari SD. Setelah ayahnya meninggal, Fatima dititipkan kepada kakak sepupunya yang memiliki pesantren.
Sepeninggal ayahnya, Fatima sempat goyah untuk mewujudkan cita-citanya untuk mengenyam pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Ibunya yang hanya penjual ikan keliling amatlah berat untuk membiayai sekolah Fatima di SMP. Namun, semangat ibunya yang tinggi membuat semangat Fatima tetap terpompa. Ia akhirnya diterima di SMPN 1 Sampang.
Salah satu idola Fatima adalah Andy Oktavian Latief, peraih medali emas pada Olimpiade Fisika Internasional. Mengidolakan Andy Oktavian membuat semangat Fatima lebih menggelora untuk mengikuti OSN.
Selepas lulus dari SMPN 1 Sampang, ibunya tidak mungkin membiayai Fatima. Namun, SMAN 1 Sampang menyelenggarakan Ajang Kompetensi Siswa yang dijuarainya sehingga Fatima mendapat beasiswa berupa bebas biaya SPP selama setahun di SMAN tersebut.
Di sekolahnya yang baru ini ia kembali menyusun semangat untuk mewujudkan cita-cita. Kecintaan terhadap fisika semakin besar. Nilai fisikanya sempurna. Selain itu, kegemarannya terhadap astronomi membuat ia diikutkan untuk mewakili sekolah mengikuti seleksi Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) Sampang bidang Astronomi.
Keberhasilannya menjadi juara OSK Astronomi Sampang mengantarkan ia mengikuti seleksi Olimpiade Sains Provinsi (OSP) Jawa Timur dan ia lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSP) 2011 mewakili Provinsi Jawa Timur. Ia berhasil pulang membawa medali emas pada OSN 2011 cabang Astronomi di Manado, Sulawesi Utara. Tidak sampai di situ, keberhasilan ini mengantarkannya ke bangku kuliah Institut Teknologi Bandung (ITB) tanpa biaya karena mendapat beasiswa dari kemendikbud.
Begitulah seorang Fatima membuktikan bahwa pemuda Indonesia patut diperhitungkan di kancah internasional. Betapa pun lika-liku masa kecil dan keadaan ekonomi yang kurang beruntung, Fatima membuktikan semangat dan doa mampu melewati segala rintangan itu.
      Dari kedua contoh teks di atas dapat kita lihat perbedaan pada awal struktur teks. Teks prosedur cenderung menyampaikan hal umum mengenai suatu proses yang akan disampaikan, sedangkan teks biografi berisi hal umum yang berkaitan dengan awal mula perjalanan hidup terutama masa kecil sang tokoh.
      Sementara itu, dari segi akhir struktur, teks prosedur tidak memiliki bentuk saran atau simpulan yang disampaikan penulis atau pengarang sebab struktur teks prosedur hanya dua, yaitu struktur awal berupa tujuan dan struktur inti berupa langkah-langkah, sedangkan teks biografi memiliki bagian akhir yang dapat menampung perspektif penulis mengenai tokoh sehingga penulis pun dengan leluasa menyampaikan simpulannya mengenai tokoh yang dibahas yang biasanya berupa amanat atau teladan yang dapat diikuti dari tokoh.
2. Fungsi sosial teks

      Teks prosedur memiliki tujuan menginformasikan cara melakukan atau mengamati sesuatu, sedangkan teks biografi bertujuan memberikan gambaran kepada pembaca tentang riwayat hidup seseorang.
*3. Ciri bahasa dan kebahasaan
*
      Penggunaan bahasa yang paling menojol dalam teks prosedur adalah kalimat perintah karena sesuai dengan fungsi teks tersebut yaitu mengarahkan pembaca untuk melakukan hal yang sama. Sementara itu, penggunaan bahasa yang menonjol dalam teks biografi adalah penjelasan rangkaian riwayat pengalaman tokoh yang dikisahkan dan cenderung disampaikan dengan menggunakan banyak kata ganti orang untuk mewakili tokoh serta banyaknya konjungsi temporal.

Poin Penting


Contoh Soal Membandingkan Teks Prosedur dengan Teks Biografi


Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 

(1) Saat mengikuti perlombaan tingkat internasional di Jeddah, Arab Saudi, Musa merupakan peserta termuda tetapi mampu menduduki peringkat ke-12 dari 25 orang peserta yang mengikuti lomba.
(2) Setelah itu, lipatlah celana sesuai dengan lipatan yang telah ada sebelumnya agar tidak sampai terdapat "dua rel" dalam celana yang Anda gunakan.
(3) Kemudian, tuangkan dua tutup botol sabun cuci cair ke dalam mesin cuci.
(4) Putra dari La Ode Abu Hanafi dan Yulianti ini lahir pada tahun 2008 di Bangka Barat, Bangka Belitung.
Kalimat yang menunjukkan teks biografi adalah ....
Tumbuhan hijau di sekitar rumah sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang. Selain membuat lingkungan menjadi asri, zat klorofil yang dihasilkan daun sangat membantu manusia dalam mendapatkan oksigen yang segar dan natural. Akan tetapi, saat ini semakin jarang rumah yang menyimpan tanaman di halaman rumahnya. Salah satu alasannya bisa jadi sulitnya mendapatkan pot. Berikut ini, akan saya jelaskan cara membuat pot yang unik dari barang-barang bekas.
Dari segi pemaparan, penggalan teks di atas termasuk ke dalam sruktur ....
Tumbuhan hijau di sekitar rumah sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang. Selain membuat lingkungan menjadi asri, zat klorofil yang dihasilkan daun sangat membantu manusia dalam mendapatkan oksigen yang segar dan natural. Akan tetapi, saat ini semakin jarang rumah yang menyimpan tanaman di halaman rumahnya. Salah satu alasannya bisa jadi sulitnya mendapatkan pot. Berikut ini, akan saya jelaskan cara membuat pot yang unik dari barang-barang bekas.
Judul yang tepat untuk penggalan teks di atas adalah ....
Melalui musik, pria yang akrab disapa Iki ini bertekad keras ingin menunjukkan bahwa ia mampu sukses secara mandiri melalui prestasi yang diraihnya. Ia berusaha menghilangkan kesan aji mumpung karena sosok ayahnya yang telah memiliki nama besar dan dikenal seluruh masyarakat Indonesia. Iki ingin mengumumkan bahwa kesuksesannya diraih karena kualitas suara dan kerja kerasnya dalam bidang musik, bukan karena menumpang terkenal di balik sosok Sule, ayahnya.
Pesan yang sesuai dengan potongan teks di atas adalah ....
Berikut adalah contoh simpulan dari teks biografi, yaitu ....
Nikita memang sosok wanita muda yang kreatif, berpikiran dewasa, tetapi berniat mulia untuk selalu dapat menghibur anak-anak di Indonesia bahkan di luar negeri dengan kreativitas yang dihasilkannya selama ini. Dengan demikian, Nikita layak untuk dinobatkan sebagai salah satu wanita inspiratif dari Indonesia. 
Bagian teks yang disampaikan pada paragraf di atas adalah ....
Pertama, buatlah pola bingkai yang Anda inginkan pada papan yang telah disiapkan. Setelah itu, potonglah pola dengan menggunakan pisau agar rapi. Selanjutnya, amplas sisa-sisa pemotongan pada papan yang telah dipotong. Kemudian, berilah cat pada bingkai dengan warna yang Anda sukai.
Ciri kebahasaan pada penggalan teks di atas yang tidak dapat mengalami pengubahan dalam penyampaiannya adalah ....
Pertama, buatlah pola bingkai yang Anda inginkan pada papan yang telah disiapkan. Setelah itu, potonglah pola dengan menggunakan pisau agar rapi. Selanjuntnya, amplas sisa-sisa pemotongan pada papan yang telah dipotong. Kemudian, berilah cat pada bingkai dengan warna yang Anda sukai.
Sebagai teks prosedur, langkah terakhir yang dapat disampaikan dalam penggalan teks di atas adalah ....

Pernyataan yang benar berkaitan dengan kedua teks di atas adalah ....
Nikita memang sosok wanita muda yang kreatif, berpikiran dewasa, tetapi berniat mulia untuk selalu dapat menghibur anak-anak di Indonesia bahkan di luar negeri dengan kreativitas yang dihasilkannya selama ini. Dengan demikian, Nikita layak untuk dinobatkan sebagai salah satu wanita inspiratif dari Indonesia. 
Berikut ini merupakan hal yang disoroti penulis dalam penggalan teks di atas, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel