Contoh Soal Membandingkan Teks prosedur dengan Teks Cerita Moral atau fabel

Contoh Soal Membandingkan Teks prosedur dengan Teks Cerita Moral atau fabelSebelum kita sampai pada materi berikutnya, kalian cermati kedua teks berikut ini.
Teks 1

Teks 2


      Apakah kalian tahu jenis kedua teks tersebut? Lalu, dapatkah kalian membandingkan kedua teks itu?
      Dengan memperhatikan isi teks, kalian dapat menebak dengan mudah kedua teks tersebut. Teks 1 adalah teks prosedur dan teks 2 adalah teks cerita moral/fabel. Kedua teks ini akan memperlihatkan banyak perbedaan saat dibandingkan. Namun, kalian mungkin dapat menemukan persamaan dari kedua teks tersebut. Lalu, apa saja persamaan dan perbedaan dari kedua teks itu?
      Hal yang paling jelas untuk dibedakan dari kedua teks tersebut adalah teks 1 termasuk tulisan nonfiksi dan teks 2 termasuk tulisan fiksi. Selain itu, perbedaan kedua teks tersebut dapat dilihat dari segi struktur. Karena kedua teks tersebut berbeda, struktur keduanya pun berbeda. Teks prosedur memiliki struktur berupa tujuan dan langkah-langkah. Adapun teks cerita moral/fabel memiliki struktur berupa oritentasi, komplikasi, resolusi, dan koda. 
      Mari cermati kedua teks tersebut dan tentukan ciri-ciri kebahasaan yang ditunjukkan kedua teks itu. Sebagai contoh perbandingan, kalian dapat melihat penggunaan kalimat imperatif pada teks 1. Kalimat imperatif atau kalimat perintah ditandai dengan pemakaian partikel -lah dan -kah, seperti kata siramlah, tanamkan, balikkan yang ada pada teks tersebut. Apakah kalimat imperatif ada pada teks 2?
      Teks 2 yang merupakan teks cerita moral/fabel tidak memiliki kalimat imperatif. Teks tersebut memiliki ciri bahasa lain, seperti penggunaan kata sandang seperti si dan sang. Kata sandang ini digunakan dalam penyebutan tokoh cerita fabel. Kata sandang ini tidak ada pada teks prosedur. 
      Walaupun banyak perbedaan, teks prosedur dan teks cerita moral/fabel dapat memiliki persamaan. Kalian hanya perlu lebih jeli melihat kedua teks tersebut terutama dalam kaidah kebahasaan. Misalnya, teks prosedur dan teks cerita moral/fabel dapat disusun dengan menggunakan konjungsi yang menyatakan hubungan yang sama.

Poin Penting

Cara membandingkan teks prosedur dengan teks cerita moral/fabel adalah:
1. Bacalah isi teks secara menyeluruh dan cermat.
2. Perhatikan struktur kedua teks tersebut.
3. Perhatikan ciri-ciri bahasa yang ada pada kedua teks tersebut.
4. Perhatikan kaidah kebahasaan yang ada pada kedua teks.
5. Perhatikan fungsi sosial pada kedua teks.

Contoh Soal Membandingkan Teks prosedur dengan Teks Cerita Moral atau fabel


Teks 1
Dengan bahan kertas atau kain berbentuk persegi, kita dapat membuat origami. Dengan membuat origami, setiap orang dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk membuat bentuk seni kertas yang unik dan memiliki nilai artistik. Selain itu, seseorang yang membuat origami akan merasa lebih santai. Proses membuat origami juga dapat melatih keterampilan motorik dan menyehatkan keadaan psikologis. 
Teks 2
Pada suatu ketika, seekor anak burung terbangun dari tidurnya yang lelap. Ia melihat hari sudah pagi. Udara segar menyentuh tubuhnya yang masih berbulu tipis. Ia melihat ibunya masih belum kembali setelah pergi sejak dini hari tadi. 
Perbedaan struktural kedua struktur teks tersebut adalah ....
Teks 1
(1) Pertama, rebuslah santan hingga mendidih. Dinginkan dan sisihkan.
(2) Kedua, kocoklah telur dan gula sampai kental.
(3) Ketiga, masukkan kentang, terigu, garam, dan vanili. Aduk dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Kemudian, tuang santan, aduk lagi hingga rata.
(4) Terakhir, tuangkan adonan ke dalam cetakan kue lumpur, beri kismis dan panggang di atas api sedang selama + 20 menit. 
Teks 2 
Akhirnya, sang harimau menyadari kesalahannya. Ia telah sombong terhadap sang gajah. Ternyata, sang gajah yang selalu diejeknya itu telah menolongnya dari perangkap pemburu. 
Pernyataan yang benar untuk kedua teks tersebut, kecuali ....
Teks 1 
(1) Pertama, siapkan bibit mangga dari hasil pencangkokan. 
(2) Kedua, buatlah lubang tanah pada lahan dengan ukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman 50 cm. Kemudian, taburkan pupuk kompos setinggi 1/3 bagian. Tunggu hingga 5-7 hari agar kondisi tanah dan pupuk kompos stabil. 
(3) Ketiga, masukkan bibit ke dalam lubang tanah dengan posisi di tengah dan tutup dengan sisa tanah galian.
(4) Keempat, lakukan penyiraman secara teratur, yaitu pada pagi dan sore hari hingga bibit benar-benar tumbuh. 
Teks 2
Sang beruang menemukan sarang lebah yang menyimpan banyak madu di pohon yang tumbang. Ia memperhatikan dengan cermat keadaan di sekeliling sarang tersebut. Ia sudah tidak sabar ingin memakan madu yang lezat. Tak lama kemudian, beberapa lebah pulang dengan membawa banyak madu. Lebah-lebah tersebut melihat sang beruang dan sudah mengetahui maksud kedatangannya. Lebah-lebah itu pun menyengat sang beruang, lalu masuk ke lubang pohon. Beruang marah dan menghancurkan sarang lebah. 
Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
Sekarang, kita dapat menggunakan email (electronik mail) untuk mengirim pesan. Cara mengirim pesan melalui email sangat mudah. Pertama, buatlah akun email, seperti Yahoo mail atau Gmail. Kedua, aktifkan akun email dan pilihlah ”compose” atau ”tulis”, lalu masukkan alamat email yang dituju pada bagian ”to” atau ”ke”. Ketiga, isi subjek dan tulislah pesan pada badan email. Kemudian, pilih ”send” atau ”kirim”.

Teks 2
Sang kucing tertawa terbahak-bahak, ”Mungkin aku akan lari ketakutan karena melihatmu memakai kulit harimau. Namun, aku malah tertawa karena suaramu bukan suara harimau melainkan suara kuda. Kau tidak membuatku takut malah kau terlihat lucu.” Akhirnya, sang kuda melepaskan kulit harimau dari tubuhnya dan mengakui bahwa dirinya telah berpura-pura menjadi harimau untuk menakuti hewan lain di hutan. 
Pernyataan yang menunjukkan ciri-ciri bahasa dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
(1) Pertama, gorenglah kacang mete hingga berwarna kuning kecokelatan.
(2) Kedua, lelehkan 150 gram cokelat blok, masukkan kacang mete ke dalamnya dan aduk hingga rata.
(3) Ketiga, siapkan paper cup. Tempatkan adonan sesendok demi sesendok di dalam paper cup. Hias bagian atasnya dengan meises warna-warni.
(4) Mete cokelat siap dihidangkan.
Teks 2
Serigala ingat. Saat itu, ia sedang asyik makan hasil buruannya. Tiba-tiba, suara letusan senapan dan jeritan kambing terdengar cukup keras. Ternyata, kambing menyeruduk si pemburu sehingga tembakannya tidak melukai serigala. 
”Maafkan aku kawan. Tadi, aku hampir tidak mengenalimu. Terima kasih karena kau telah menyelamatkanku saat itu,” kata serigala. 
”Sama-sama, kawan,” jawab kambing. Kambing pun berpamitan dan ia bersyukur karena ia tidak jadi dimangsa oleh serigala. 
Pernyataan yang sesuai untuk menunjukkan fungsi sosial dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
(1) Pertama, ambil tanah liat yang telah disiapkan, yaitu kira-kira berukuran sebesar bola voli. 
(2) Kedua, bentuklah tanah liat menyerupai kapak dengan bagian bawah yang tidak terlalu runcing. 
(3) Ketiga, siapkan cetakan yang terbuat dari kayu.
(4) Keempat, masukkan tanah liat ke dalam cetakan.
(5) Kelima, taburi serbuk gergaji di bagian atas batu bata yang telah dicetak. 
(6) Terakhir, diamkan batu bata hingga kering, lalu lakukan pembakaran. 
Teks 2
Seekor serigala sedang minum di sebuah telaga. Dari kejauhan, ia melihat seekor kambing yang sedang minum juga di telaga tersebut. Diam-diam, ia mendekati kambing tersebut. Kambing-kambing yang sedang berkumpul itu mulai berlarian. Namun, ada satu kambing yang tidak ikut lari. Ia masih saja minum dengan tenangnya. Dengan heran, serigala menghampiri kambing tersebut. 
Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
Cara membuat pupuk kompos dapat dilakukan dengan sederhana. Pertama, siapkan lahan seluas 10 m2. Kedua, buatlah bak berbentuk persegi dari papan kayu dengan lebar 1 m dan panjang 1,5 m. Pilih papan kayu yang memiliki lebar 30-40 cm. Ketiga, siapkan material organik dari sisa-sisa tanaman. Keempat, masukkan bahan organik ke dalam bak kayu ....
Teks 2
Seekor bangau berjalan di pinggir sungai kecil. Ia melihat air sungai yang jernih dengan matanya yang jeli. Dengan leher dan paruh yang panjang, ia siap menangkap ikan untuk sarapan pagi. Sang bangau pun membidik salah satu ikan yang cukup besar. 
Pernyataan yang sesuai dengan kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
(1) Pertama, tuangkan cuka ke permukaan lantai, diamkan beberapa menit.
(2) Kedua, bersihkan dengan kain lap kering sampai bersih.
(3) Ketiga, pel dengan lap basah agar bau cuka hilang 
(4) Permukaan lantai kembali mengkilat. 
Teks 2 
Ketika matahari mulai tinggi, ikan-ikan yang berada di air dangkal berenang ke tengah sungai. Akhirnya, sang bangau tidak melihat ikan-ikan lagi. Ia terpaksa memakan siput-siput kecil di pinggiran sungai. 
Berikut hal yang tepat untuk perbandingan kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
(1) Pertama, catlah dinding dengan lapisan dasar. Tunggu hingga 1-2 jam. 
(2) Kedua, siapkan cat dengan air sebanyak 10% dari jumlah cat. Aduk selama 5 menit. 
(3) Ketiga, catlah rumah dengan melakukan gerakan zig-zag atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutupi cat secara merata. Gunakan alat pengecat seperti rol untuk meratakan cat di permukaan dinding. 
Teks 2
Seekor kambing berhasil lolos dari serangan seekor singa. Ia masuk ke dalam gua yang sering digunakannya untuk berteduh. Namun, kambing tidak dapat keluar karena singa masih menunggunya di luar gua. Ia terus berpikir mencari akal agar bisa keluar dari gua tersebut. 
Simpulan yang benar dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
(1) Pertama, masukkan gumpalan kapas yang telah diberi air secukupnya ke dalam gelas. 
(2) Kedua, masukkan kacang hijau ke dalam gelas. 
(3) Ketiga, amatilah perkembangan kacang hijau tersebut. 
(4) Terakhir, catatlah dan dokumentasikan hasil pengamatan atau perkembangan kacang hijau tersebut.
Teks 2
Kambing langsung menundukkan kepalanya dan menabrak kerbau yang baru saja masuk ke dalam gua tersebut. Hal itu dilakukan kambing agar kerbau dapat keluar dari gua dan menjadi santapan singa. Namun, kerbau hanya diam dan melihat tingkah laku sang kambing. Sang kerbau pun berkata, ”Aku tidak akan menyerah. Aku juga akan diam saja melihat tingkah lakumu yang pengecut. Aku tidak takut padamu. Kelak, kau akan belajar dari tingkahmu itu.” 
Perbandingan dari kedua teks tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel