Contoh Soal Menandai Informasi Penting dan Pendukung
Contoh Soal Menandai Informasi Penting dan Pendukung - Siswa mampu menandai informasi penting dan pendukung dalam naskah pidato.
Halo, Teman-teman, coba simak kalimat dalam audio berikut ini!
Berdasarkan informasi di dalamnya, bisakah kamu menjawab pertanyaan berikut!
1. Siapakah yang sakit? Yusuf atau Andika?
2. Siapakah nama dokter yang memeriksa? Yusuf, Yusuf Andika, atau tidak diketahui?
1. Siapakah yang sakit? Yusuf atau Andika?
2. Siapakah nama dokter yang memeriksa? Yusuf, Yusuf Andika, atau tidak diketahui?
Pasti kamu masih bingung menjawab pertanyaan tersebut. Sekarang, simak kalimat berikut ini!
Siapakah yang sakit? Ya, benar. Orang yang sakit adalah Yusuf Andika.
Siapakah nama dokter yang memeriksa? Tentu tidak diketahui.
Siapakah nama dokter yang memeriksa? Tentu tidak diketahui.
Sekarang, kamu simak kalimat berikut ini!
Siapakah yang sakit? Betul sekali. Orang yang sakit adalah Andika (bukan Yusuf).
Siapakah nama dokter yang memeriksa? Tepat. Namanya adalah Dokter Yusuf.
Siapakah nama dokter yang memeriksa? Tepat. Namanya adalah Dokter Yusuf.
Bisakah kamu bedakan kalimat dalam ketiga audio tersebut? Perbedaannya terletak pada intonasi yang diberikan. Dalam komunikasi lisan, intonasi memang berperan penting agar maksud yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh orang lain yang mendengar. Demikian halnya dalam berpidato.
Informasi Penting dan Pendukung dalam Pidato
Informasi penting adalah gagasan paling pokok yang harus disampaikan dalam pidato. Informasi tersebut berkaitan erat dengan tema pidato sehingga jika dihilangkan maka pidato akan terasa kurang bermakna. Informasi penting dalam sebuah naskah pidato biasanya terdapat dalam setiap paragraf. Informasi penting tersebut perlu ditandai agar kita dapat memberikan penekanan khusus dengan intonasi tertentu.
Informasi penting dalam naskah pidato ibarat gagasan pokok dalam sebuah paragraf. Informasi tersebut dapat terletak di awal atau akhir paragraf, bergantung pada informasi yang paling penting di antara informasi-informasi yang disampaikan. Dengan demikian, kita perlu jeli memahami informasi penting tersebut.
Adapun informasi pendukung adalah gagasan-gagasan yang mendukung informasi penting. Informasi pendukung melengkapi informasi penting agar gagasan dalam pidato dapat disampaikan lebih sempurna. Namun demikian, informasi pendukung ini tidak mutlak sehingga jika sesekali kita tidak sengaja melupakan atau melewati informasi tersebut, makna pidato secara keseluruhan tetap utuh. Informasi pendukung juga perlu ditandai agar kita dapat membedakannya dengan informasi penting sehingga terdapat perbedaan intonasi saat membacakan kedua informasi tersebut.
Menandai informasi penting dan pendukung tidak memiliki cara khusus. Kamu dapat menandai informasi tersebut dengan pensil, pulpen, atau spidol berwarna khusus. Kamu juga dapat menandainya dengan tanda-tanda tertentu yang menunjukkan bahwa kata atau kalimat yang kamu tandai perlu penekanan khusus. Sebagai contoh kamu dapat membubuhi tanda-tanda berikut dalam naskah pidato berikut artinya:
→ : intonasi datar
^ : intonasi naik
v : intonasi turun
/ : jeda pendek atau tanda koma
// : jeda sedang
/// : jeda panjang atau tanda titik
____ : informasi penting atau gagasan pokok pidato
^ : intonasi naik
v : intonasi turun
/ : jeda pendek atau tanda koma
// : jeda sedang
/// : jeda panjang atau tanda titik
____ : informasi penting atau gagasan pokok pidato
Agar lebih mudah memahaminya, perhatikan contoh kutipan pidato berikut disertai dengan menandai informasi penting dan pendukung di dalamnya:
Dari kutipan pidato tersebut, kita dapat memahami bahwa tema yang diangkat adalah pendidikan. Pidato tersebut disampaikan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional. Agar kamu dapat membaca naskah pidato tersebut dengan intonasi yang tepat dan agar gagasannya dapat tersampaikan dengan baik, maka kamu perlu menandai informasi penting dan pendukung di dalamnya seperti berikut.
Dari paragraf tersebut terlihat bahwa informasi penting terletak di awal paragraf, yaitu “pendidikan di Indonesia kian menunjukkan kemajuan”. Maka, kalimat tersebut perlu kita tandai dengan garis bawah sehingga dapat diberikan penekanan. Penekanan dapat diberikan dengan memberikan intonasi yang berbeda agar kalimat tersebut memperoleh perhatian khusus yang berbeda dari informasi yang lainnya. Adapun kalimat lainnya adalah informasi pendukung yang melengkapi gagasan bahwa “pendidikan Indonesia mengalami kemajuan” seperti ketersediaan fasilitas dan media pembelajaran di sekolah dan rumah.
Perhatikan juga paragraf berikut!
Informasi penting pada kutipan naskah tersebut terletak di akhir, yaitu “kita perlu mengambil waktu sejenak untuk merenungkan nasib saudara-saudara kita”. Informasi penting tersebut dapat dibedakan dengan memberikan intonasi khusus, misalnya dengan nada meninggi menandakan semangat atau rasa haru. Adapun kalimat lainnya adalah informasi pendukung yang berupa “alasan-alasan” mengapa kita harus memikirkan saudara-saudara kita sejenak.
Bagaimana, mudah bukan? Sebelum mempraktikkan cara menandai informasi penting dan pendukung dalam naskah pidato, perhatikan beberapa poin penting berikut ini!
Poin Penting
- Pidato merupakan penyampaian gagasan yang dilakukan secara lisan.
- Di antara beberapa metode berpidato, pidato dengan membaca naskah biasanya digunakan untuk dua hal, yaitu situasi resmi atau belajar berpidato bagi pemula.
- Saat berpidato dengan membaca naskah, seseorang perlu menandai informasi penting dan pendukung dalam naskah yang dibacanya agar memberikan penekanan dalam pidatonya dengan intonasi tertentu.
- Menandai informasi penting dan pendukung dapat menggunakan alat tulis apapun dan dengan tanda baca apapun dengan asalkan mudah dipahami.
S1
Bacalah baik-baik kutipan naskah pidato berikut!
Hadirin yang saya hormati,
Pencemaran lingkungan yang terus terjadi perlu kita lawan dari sekarang. Sudah saatnya kita bergerak dan jangan terus berdiam diri. Kita dapat melakukan hal-hal sederhana untuk melawan pencemaran tersebut. Kesadaran untuk tidak membuang sampah perlu ditanamkan terus menerus sehingga kita tidak lagi iseng membuang bungkus apapun di jalanan apalagi tempat-tempat umum. Kita harus menahan diri untuk tidak membuang sampah meski tidak ada tempat sampah terdekat di sekitar kita.
Pencemaran lingkungan yang terus terjadi perlu kita lawan dari sekarang. Sudah saatnya kita bergerak dan jangan terus berdiam diri. Kita dapat melakukan hal-hal sederhana untuk melawan pencemaran tersebut. Kesadaran untuk tidak membuang sampah perlu ditanamkan terus menerus sehingga kita tidak lagi iseng membuang bungkus apapun di jalanan apalagi tempat-tempat umum. Kita harus menahan diri untuk tidak membuang sampah meski tidak ada tempat sampah terdekat di sekitar kita.
Informasi penting dari kutipan pidato tersebut adalah ....
S2
Bacalah kutipan naskah pidato berikut ini!
Rekan-rekan yang saya hormati,
Kita melihat banyak sekali tawuran yang melibatkan rekan-rekan pelajar. Sesama teman sering kali terpacu emosi meski hanya karena masalah sepele. Pertengkaran, perkelahian, dan saling berebut hal-hal kecil menjadi masalah sehari-hari yang senantiasa berujung pada tindakan kekerasan yang merusak moral. Oleh karena itu, sekarang saatnya kita bangkit. Sebagai pemuda yang dielu-elukan sebagai generasi penerus para pahlawan, kita perlu terus memperbaiki kualitas mental kita, menjadi pemuda berdaya guna dan pemuda harapan bangsa.
Kita melihat banyak sekali tawuran yang melibatkan rekan-rekan pelajar. Sesama teman sering kali terpacu emosi meski hanya karena masalah sepele. Pertengkaran, perkelahian, dan saling berebut hal-hal kecil menjadi masalah sehari-hari yang senantiasa berujung pada tindakan kekerasan yang merusak moral. Oleh karena itu, sekarang saatnya kita bangkit. Sebagai pemuda yang dielu-elukan sebagai generasi penerus para pahlawan, kita perlu terus memperbaiki kualitas mental kita, menjadi pemuda berdaya guna dan pemuda harapan bangsa.
Informasi penting dalam kutipan pidato tersebut adalah ....
S3
Ibu Bapak Guru yang saya hormati,
Rekan-rekan sekalian yang berbahagia,
Rekan-rekan sekalian yang berbahagia,
Dalam peringatan hari Kemerdekaan 17 Agustus ini, mari kita mengheningkan cipta sejenak atas jasa-jasa para pahlawan yang telah menghadiahkan kemerdekaan bagi kita anak cucunya. Atas jasa-jasa merekalah, kita dapat menghirup udara kebebasan tanpa kekangan, intimidasi, dan juga kekerasan. Dengan penuh ketulusan, mereka tidak sedikit pun berpikir apa yang akan mereka dapatkan, melainkan berpikir jauh ke depan, memikirkan rumah yang nyaman bagi seluruh generasi setelah mereka. (1) ....
Kalimat yang merupakan informasi penting paling tepat untuk melengkapi naskah pidato di atas adalah ....
S4
Saudara-saudara yang saya hormati,
Indonesia, negara yang amat kita cintai ini, adalah gudangnya para atlet berkualitas. Kita memiliki atlet di setiap bidang olahraga. Sejarah mencatat, Indonesia telah unggul dalam berbagai bidang olahraga, seperti bulu tangkis, pencak silat, renang, dan lain sebagainya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kita mengalami krisis gelar, terutama dalam bidang olahraga sepak bola. Hal tersebut bukan berarti tidak ada atlet berkualitas. Namun, hal yang perlu dilakukan adalah pembinaan yang tepat dan berkelanjutan.
Indonesia, negara yang amat kita cintai ini, adalah gudangnya para atlet berkualitas. Kita memiliki atlet di setiap bidang olahraga. Sejarah mencatat, Indonesia telah unggul dalam berbagai bidang olahraga, seperti bulu tangkis, pencak silat, renang, dan lain sebagainya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kita mengalami krisis gelar, terutama dalam bidang olahraga sepak bola. Hal tersebut bukan berarti tidak ada atlet berkualitas. Namun, hal yang perlu dilakukan adalah pembinaan yang tepat dan berkelanjutan.
Informasi yang dapat dihilangkan dalam naskah pidato tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ....
S5
Hadirin yang berbahagia,
(1) Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang potensial untuk menjadi bahasa internasional. Penutur bahasa Indonesia hampir mencapai 270 juta jiwa. (2) Jumlah tersebut mencakup penutur asli yang merupakan warga Indonesia yang mencapai 230 jutaan. (3) Kemudian, penuturnya ditambah dengan warga Malaysia, Brunei, dan Singapura yang bahasanya masih serumpun, yaitu bahasa Melayu. (4) Belum lagi bahasa Indonesia kian populer di beberapa negara sebagai bahasa kedua, seperti di Vietnam, juga diajarkan di beberapa negara seperti Australia dan Kanada. (5) Maka, potensi-potensi itulah yang kelak jika dipertahankan dan dikembangkan, dapat membuat bahasa Indonesia terus mendunia.
(1) Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang potensial untuk menjadi bahasa internasional. Penutur bahasa Indonesia hampir mencapai 270 juta jiwa. (2) Jumlah tersebut mencakup penutur asli yang merupakan warga Indonesia yang mencapai 230 jutaan. (3) Kemudian, penuturnya ditambah dengan warga Malaysia, Brunei, dan Singapura yang bahasanya masih serumpun, yaitu bahasa Melayu. (4) Belum lagi bahasa Indonesia kian populer di beberapa negara sebagai bahasa kedua, seperti di Vietnam, juga diajarkan di beberapa negara seperti Australia dan Kanada. (5) Maka, potensi-potensi itulah yang kelak jika dipertahankan dan dikembangkan, dapat membuat bahasa Indonesia terus mendunia.
Informasi pendukung dalam naskah pidato tersebut adalah ....
S6
Hadirin yang saya hormati,
Dalam rangka peringatan hari Palang Merah Indonesia ini, saya mengajak Saudara-saudara sekalian untuk terus meningkatkan kepedulian dan empati terhadap sesama, khususnya kepada saudara-saudara kita yang setiap saat selalu membutuhkan darah. Bentuk kepedulian itu dapat ditunjukkan dengan berpartisipasi mendonorkan darah secara rutin. Jika belum siap atau tidak memenuhi syarat, kita dapat ikut membantu dengan mengajak teman-teman, saudara-saudara kita, untuk mendonorkan darahnya. Setitik darah kita adalah nyawa dan harapan bagi saudara kita yang lain.
Dalam rangka peringatan hari Palang Merah Indonesia ini, saya mengajak Saudara-saudara sekalian untuk terus meningkatkan kepedulian dan empati terhadap sesama, khususnya kepada saudara-saudara kita yang setiap saat selalu membutuhkan darah. Bentuk kepedulian itu dapat ditunjukkan dengan berpartisipasi mendonorkan darah secara rutin. Jika belum siap atau tidak memenuhi syarat, kita dapat ikut membantu dengan mengajak teman-teman, saudara-saudara kita, untuk mendonorkan darahnya. Setitik darah kita adalah nyawa dan harapan bagi saudara kita yang lain.
Informasi penting dalam pidato tersebut adalah ....
S7
Rekan-rekan yang saya banggakan,
Kita semua tahu bahwa wajib belajar telah diberlakukan hingga 9 tahun. Bahkan, baru-baru ini, pemerintah mencanangkan wajib belajar 12 tahun. Namun, tidak dipungkiri bahwa di sekitar kita masih banyak anak yang tidak mendapatkan pendidikan secara layak. .....
Kita semua tahu bahwa wajib belajar telah diberlakukan hingga 9 tahun. Bahkan, baru-baru ini, pemerintah mencanangkan wajib belajar 12 tahun. Namun, tidak dipungkiri bahwa di sekitar kita masih banyak anak yang tidak mendapatkan pendidikan secara layak. .....
Berikut informasi pendukung paling tepat untuk melengkapi pidato tersebut, kecuali ....
S8
Berdasarkan informasi penting di dalamnya, pidato yang paling tepat untuk disampaikan pada acara perpisahan sekolah adalah ....
S9
Rekan-rekan yang saya banggakan,
Menjadi pribadi mandiri adalah keinginan setiap orang, termasuk kita, para pelajar. Mandiri berarti berdiri di atas kaki sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. (1) .... Namun, mandiri yang kita tuju adalah mandiri yang mengedepankan nilai-nilai positif. Misalnya, anak yang mandiri tidak akan merepotkan orang tua dan mencari bekal sendiri, namun tetap sesuai dengan didikan orang tua. (2) ....
Menjadi pribadi mandiri adalah keinginan setiap orang, termasuk kita, para pelajar. Mandiri berarti berdiri di atas kaki sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. (1) .... Namun, mandiri yang kita tuju adalah mandiri yang mengedepankan nilai-nilai positif. Misalnya, anak yang mandiri tidak akan merepotkan orang tua dan mencari bekal sendiri, namun tetap sesuai dengan didikan orang tua. (2) ....
Informasi pendukung yang tepat untuk melengkapi naskah pidato di atas adalah ..
S10
Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
(1) Bapak dan Ibu yang saya hormati,
(2) Bahkan, tidak sedikit perilku tersebut berujung pada kekerasan dan kriminalitas.
(3) Salah satunya adalah menanamkan nilai-nilai moral di lingkungan keluarga.
(4) Mengapa? Karena seringkali kenakalan yang mereka perbuat mengarah pada perilaku merusak dan mengganggu.
(5) Saat ini, kenakalan remaja bukan lagi perilaku anak muda yang dianggap wajar.
(6) Maka, hal tersebut perlu kita atasi bersama dengan cepat dan tepat.
(2) Bahkan, tidak sedikit perilku tersebut berujung pada kekerasan dan kriminalitas.
(3) Salah satunya adalah menanamkan nilai-nilai moral di lingkungan keluarga.
(4) Mengapa? Karena seringkali kenakalan yang mereka perbuat mengarah pada perilaku merusak dan mengganggu.
(5) Saat ini, kenakalan remaja bukan lagi perilaku anak muda yang dianggap wajar.
(6) Maka, hal tersebut perlu kita atasi bersama dengan cepat dan tepat.
Susunan kalimat yang tepat agar menjadi sebuah naskah pidato yang baik adalah ....