Contoh Soal Sistem Sonar

Contoh Soal Sistem SonarSound navigation and ranging atau biasa disebut sonar adalah teknik pendeteksian objek-objek bawah laut melalui peristiwa pemantulan gelombang, khususnya gelombang bunyi. Teknik sonar ini diaplikasikan pada beberapa peralatan, salah satunya echo sounder atau penduga gema. Echo sounder ini tidak serta merta berdiri sendiri sebagai suatu alat, melainkan harus diletakkan di dalam kapal. Kapal-kapal yang dilengkapi dengan alat ini biasanya kapal sar, kapal tempur, dan kapal survey oceanografi. Bagaimanakah mekanisme kerja sistem sonar ini?
        Mula-mula gelombang ultrasonik ditembakkan ke dasar lautan yang dituju. Kemudian, dilakukan pengukuran waktu antara gelombang datang dan gelombang pantul berupa kemunculan gema (bunyi echo). Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Seperti kalian ketahui bersama, gelombang akan mengalami pemantulan saat melewati dua bidang batas medium yang berbeda. Oleh karena itu, gelombang ultrasonik akan memantul saat melewati batas medium antara air dan objek yang dituju, seperti karang, badan pesawat, atau sekelompok ikan. Untuk menentukan kedalaman objek yang dituju, besaran yang dibutuhkan adalah waktu tempuh gelombang dan cepat rambat gelombang di dalam air. Cepat rambat gelombang bunyi menuju dasar laut sama dengan cepat rambat gelombang pantul, sehingga kedalaman lautnya merupakan setengah dari jarak tempuh gelombang dalam selang waktu t. Secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.

Persamaan kedalaman dengan sistem sonar

s=12vt

Keterangan:

s = kedalaman laut/ objek yang dituju (m);
v = cepat rambat gelombang di dalam air (m/s); dan
t = waktu tempuh gelombang (s).

Contoh Soal Sistem Sonar


SOAL 1
Teknik pendeteksian objek bawah laut memanfaatkan gelombang ....

SOAL 2
Sifat gelombang yang dimanfaatkan dalam sistem sonar adalah ....

SOAL 3
Bunyi pantul yang dideteksi oleh detektor (receiver) disebut dengan ....

SOAL 4
Echo sounder memancarkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi keberadaan karang. Jika cepat rambat gelombang bunyi tersebut 1800 m/s dan bunyi terdengar kembali dalam waktu 0,5 s, maka kedalaman karang tersebut dari permukaan laut adalah ..

SOAL 5
Sebuah kapal geosurvey membutuhkan echo sounder dengan cepat rambat gelombang optimal 1500 m/s. Kapal tersebut memiliki sumber gelombang ultrasonik dengan berbagai panjang gelombang dan transducer berbagai frekuensi. Frekuensi gelombang tersebut dihasilkan oleh transducer. Berikut ini daftar beberapa gelombang dan transducer yang dimiliki kapal.

Echo sounder dengan cepat rambat optimal dihasilkan oleh gabungan ....

SOAL 6
Untuk mendeteksi keberadaan sekelompok ikan di kedalaman 600 m, echo sounder mengeluarkan gelombang bunyi. Jika cepat rambat gelombang bunyi di dalam air 1500 m/s, maka waktu yang dibutuhkan gelombang mencapai ikan tersebut adalah ....

SOAL 7
Sebuah echo sounder memiliki sumber gelombang dengan cepat rambat 1500 m/s. Kemudian cepat rambat gelombangnya ditambah 10% cepat rambat mula-mula. Jika kedua sumber digunakan untuk mendeteksi kedalaman yang sama, maka ....

SOAL 8
Hewan berikut yang memanfaatkan sistem sonar untuk mencari mangsanya adalah ....

SOAL 9
Salah satu alasan dimanfaatkannya gelombang ultrasonik sebagai sumber gelombang dalam sistem sonar adalah ....

SOAL 10
Ilmuwan yang menemukan sonar berdasarkan sifat pizoelektrik kuartz adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel