Contoh Soal Langkah-Langkah Penelitian

Contoh Soal Langkah-Langkah PenelitianSeiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, orang-orang semakin menyadari bahwa siapa pun boleh meneliti. Misalnya saja seorang ibu yang sedang bereksperimen dengan masakannya, itu juga termasuk kegiatan meneliti. Hanya saja, kegiatan tersebut tidak melalui prosedur yang jelas dan tidak melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan. 
      Oleh karena itu, penelitian adalah suatu kegiatan mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan mengkaji data yang dilakukan secara sistematis dan objektif. Semua kegiatan penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat tentang sesuatu yang diteliti. 
      Nah, untuk membuat sebuah laporan penelitian, kita harus melalui sebuah kegiatan penelitian. 

Langkah-langkah penelitian adalah serangkaian proses penelitian di mana peneliti menghadapi suatu masalah dan berusaha memecahkan masalah tersebut sampai akhirnya menghasilkan simpulan berhasil atau tidaknya penelitian tersebut dalam memecahkan masalah. 

Ingatlah!

Adapun langkah-langkah penelitian tersebut adalah sebagai berikut.
1. Tentukan aspek-aspek yang akan diteliti.
Hal tersebut penting guna rangkaian penelitian dan penyusunan laporannya menjadi lebih terfokus.
2. Tentukan perumusan masalah
Perumusan masalah biasanya dinyatakan dalam kalimat tanya. Rumusan masalah paling baik adalah menggunakan kalimat yang singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami. Selain itu, rumusan masalah dapat memberi petunjuk tentang mungkinnya mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan itu.
3. Menentukan tujuan dan manfaat penelitian
Menentukan tujuan serta kegunaan dalam rencana penelitian akan mengarahkan peneliti secara benar, sekaligus mengetahui manfaat penelitian tersebut.
4. Tentukan metode dan teknik penelitian
Penentuan metode serta teknik penelitian memudahkan kita dalam mengumpulkan data penelitian. Termasuk ke dalam metode penelitian adalah subjek penelitian, instrumen penelitian, dan prosedur penelitian.
5. Laksanakan penelitian berdasarkan rencana penelitian
6. Susun laporan berdasarkan data hasil pengamatan
Hal yang dilaporkan tidak hanya data dan analisisnya, melainkan tujuan, metode, alat, tujuan, dan proses penelitian; yang tentunya sebagai dasar dalam pengambilan simpulan.

Contoh Soal Langkah-Langkah Penelitian

Kami menetapkan jumlah konsumen yang diwawancarai sebanyak 20 orang. Mereka yang kami pilih minimal lulusan SMA agar mampu memahami pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Selanjutnya, pewawancara kami tentukan harus dikenal oleh responden, sehingga dari mereka keluar jawaban yang lebih banyak. ….
Mencermati isinya, penggalan di atas adalah laporan hasil ….
Sistematika laporan penelitian disusun berdasarkan ketentuan yang logis. Salah satu pondasi laporan penelitian adalah adanya latar belakang masalah.
Latar belakang masalah tersebut terdapat pada bagian ….
(1) latar belakang
(2) rumusan masalah
(3) simpulan
(4) tujuan
(5) pembahasan
Sistematika yang tepat untuk laporan penelitian adalah....
Perhatikan petikan penelitian berikut ini!
Menariknya, skor terendah ada pada siswa dari pedesaan. Jawaban mereka yang benar hanya sekitar 33%. Sementara itu, siswa yang bersekolah di kecamatan beroleh jawaban benar sebesar 45%, di kabupaten/kota sebesar 55%, dan di kota-kota besar mencapai 75%.
Penggalan di atas merupakan bagian....
Dalam sebuah penelitian, data laporan hasil penelitian bisa berupa, kecuali ….
Dalam sebuah penelitian, terdapat istilah asumsi penelitian. Apa yang dimaksud dengan hal tersebut….
A. Latar Belakang Masalah
Potensi pengembangan buah-buahan di Indonesia, khususnya buah-buahan tropika sangat tinggi. Kelapa sawit merupakan sebagian dari komoditas buah yang mendapat prioritas untuk dikembangkan. Akan tetapi, dalam pengembangannya menghadapi berbagai kendala. Salah satunya adalah produktivitas yang masih rendah.
Rendahnya mutu dan produktivitas tersebut disebabkan oleh serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) sejak di penanaman sampai di penyimpanan, serta teknik budidaya yang kurang memadai.
Pokok-pokok yang dikemukakan dalam latar belakang laporan penelitian tersebut adalah ....
Tema: Upaya pemberantasan hama kaktus menggunakan larutan garam.
Latar belakang masalah yang paling tepat adalah….
Data-data penelitian dapat dikumpulkan melalui teknik….
Berikut ini yang bukan langkah-langkah dalam menentukan judul penelitian adalah dengan memperhatikan….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel