Contoh Soal Perkembangan Sistem Transportasi

Contoh Soal Perkembangan Sistem TransportasiTransportasi adalah kegiatan pemindahan penumpang atau komoditi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Transportasi timbul karena adanya proses pemenuhan kebutuhan. Perkembangan sistem transportasi dilakukan atas dasar pengamatan dan kendala yang dihadapi seperti keterbatasan muatan dan jarak tempuh. Perkembangan sistem transportasi dilakukan dari kegiatan pemindahan objek dengan menggunakan tenaga manusia, lalu dikembangkan dengan alasan keterbatasan kemampuan dengan menggunakan rakit atau perahu dengan bantuan tenaga manusia dan tenaga alam. Perkembangan transportasi terjadi secara pesat di masa Revolusi Industri dengan penemuan mesin uap di tahun 1769 oleh James Watt. Dengan penemuan mesin uap, maka tenaga hewan dan manusia sebagai tenaga gerak digantikan oleh mesin uap dan mesin berbahan bakar pada perkembangan selanjutnya. 
       Perkembangan transportasi setelah jaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi berkembang sangat cepat demikian juga penggunaan transportasi berjalan dengan sangat cepat. Kuda atau binatang lainnya mulai digunakan untuk sarana transportasi, kemudian berkembanglah kendaraan beroda dengan tenaga penggeraknya hewan dan akhirnya ditemukan mesin penggerak. Pada tahun 1769 James watt menemukan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, hal ini kemudian diikuti dengan terjadinya revolusi dalam bidang transportasi dimana kendaraan yang tadinya ditarik oleh tenaga hewan kemudian dibuatlah kendaraan dengan mesin penggerak. Lokomotif uap ditemukan oleh Ricardh Trevithick tahun 1804, kapal uap ditemukan oleh Robert Fulton tahun 1807. Penemuan mobil yang menggunakan bahan bakar bensin merupakan tindak lanjut dari perkembangan berbagai penemuan dibidang transportasi. Era mesin uap kemudian diganti dengan mesin bensin atau diesel.
       Secara umum, perkembangan teknologi transportasi dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Transportasi Darat
       Perpindahan objek semula dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia, namun karena keterbatasan daya angkut mulai digunakan tenaga hewan untuk membantu perpindahan objek. Penemuan roda kemudian memberikan kemudahan kepada manusia untuk mengembangkan ukuran dan tipe transportasi.
2. Transportasi Laut
       Sebelum mampu memanfaatkan tenaga angin, rakit dan sampan adalah pilihan utama untuk melakukan pengangkutan penumpang dan barang. Transportasi laut untuk tujuan komersial atau niaga sendiri telah dimulai sejak 800 tahun sebelum Masehi oleh bangsa Yunani. Pada abad ke-18, kapal yang digerakkan dengan mesin uap sudah beroperasi menggantikan kapal layar. Di tahun 1916, sistem transportasi laut dengan jadwal tetap telah dilakukan pertama kali dengan menempuh rute Liverpool-New York.
3. Transportasi Udara
       Teknologi yang dikembangkan dalam transportasi udara dipelajari dari kemampuan alamiah burung untuk dapat terbang, dari pengamatan ini dilakukan pengembangan teknologi untuk mewujudkan teknologi baru yang dapat memindahkan penumpang dan barang dalam jumlah banyak hingga ke tempat yang jauh. Perkembangan teknologi udara adalah yang terakhir berkembang dibandingkan moda transportasi lainnya. Di tahun 1903, pesawat terbang pertama berhasil diterbangkan oleh Oliver dan Wilbur Wright (Wright Bersaudara) dan di tahun 1914 mulai diperkenalkan angkutan penerbangan yang sifatnya komersial dan terjadwal.
       Perkembangan transportasi memberikan manfaat bagi masyarakat, diantaranya adalah:
1. Dengan transportasi memungkinkan terjadinya transaksi dagang yang menguntungkan penjual dan pembeli secara optimal karena pemasaran produk dapat dilakukan dalam cakupan yang luas.
2. Transportasi menciptakan persatuan nasional dengan meniadakan isolasi wilayah.
3. Memudahkan mobilisasi nasional untuk keamanan negara.

Contoh Soal Perkembangan Sistem Transportasi

Kemunculan transportasi dikarenakan ....
Di bawah ini yang bukan menjadi faktor perkembangan dalam sistem transportasi ialah ….
Revolusi Industri membantu sistem transportasi untuk memulai perkembangannya. Penemuan yang dimaksud adalah ....
Penemu mesin uap yang akhirnya banyak dimanfaatkan guna kepentingan industri ialah ....
Lokomotif uap dan kereta uap adalah salah satu transportasi yang mampu mengangkut beban dalam jumlah banyak. Lokomotif uap diciptakan oleh ….
Setelah trend penggunaan mesin uap dalam sistem transportasi, perkembangan transportasi selanjutnya adalah dengan menggunakan ....
Bangsa pertama yang diyakini menggunakan transportasi laut adalah ….
Sistem transportasi laut dengan jadwal tetap dan bersifat komersial dimulai sejak tahun ....
Uji coba untuk penciptaan pesawat terbang pertama dilakukan pada tahun ….
Berikut ini yang bukan manfaat yang didapat dari sistem transportasi adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel