Contoh Soal Silikon

Contoh Soal Silikon Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang kelimpahan unsur. Salah satu unsur yang dibahas pada topik tersebut adalah silikon. Nah, pada topik ini, kalian akan belajar lebih lanjut tentang silikon.
        Pernahkah kalian mendengar tentang operasi plastik? Awalnya operasi plastik dilakukan untuk menghilangkan bekas luka yang tidak dapat ditutupi. Namun, akhir-akhir ini operasi plastik lebih sering dilakukan untuk mempercantik diri. Salah satu prosedur bedah plastik yang banyak dilakukan adalah suntik silikon. Hidung yang pesek dapat diubah menjadi mancung dengan suntik silikon. Tidak sedikit pula berita mengenai efek samping prosedur suntik silikon. Sebetulnya apakah silikon itu? Apakah benar silikon aman untuk dimasukkan ke dalam tubuh?
        Silikon merupakan salah satu unsur metaloid yang memiliki nomor atom 14, sehingga termasuk dalam golongan VI A dan periode 3. Silikon akan melebur pada suhu 1410o C dan bersifat semikonduktor. Silikon dibuat dengan mereduksi kuarsa (SiO2) dengan kokas (C). Proses reduksi ini dilangsungkan di dalam tungku listrik pada suhu 3000o C. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut.

{\rm{Si}}{{\rm{O}}_{\rm{2}}}_{{\rm{(l)}}}{\rm{ + 2}}{{\rm{C}}_{{\rm{(s)}}}}{\rm{ }} \to {\rm{ S}}{{\rm{i}}_{{\rm{(l)}}}}{\rm{ + 2C}}{{\rm{O}}_{\rm{2}}}_{{\rm{(g)}}}\

        Silikon yang diperoleh kemudian didinginkan hingga menjadi padat. Pemurnian silikon dilakukan dengan mereaksikan padatan silikon dengan gas klorin (Cl2), sesuai reaksi berikut.

{\rm{S}}{{\rm{i}}_{{\rm{(l)}}}}{\rm{ + 2C}}{{\rm{l}}_2}_{{\rm{(s)}}}{\rm{ }} \to {\rm{ SiC}}{{\rm{l}}_{\rm{4}}}_{{\rm{(g)}}}\

Uap SiCl4 yang terbentuk kemudian dilewatkan melalui sebuah tabung panas berisi gas H2 sehingga terbentuk Si, berikut reaksinya.

{\rm{SiC}}{{\rm{l}}_{\rm{4}}}_{{\rm{(g)}}}{\rm{ + 2}}{{\rm{H}}_{\rm{2}}}_{{\rm{(s)}}}{\rm{ }} \to {\rm{ S}}{{\rm{i}}_{{\rm{(s)}}}}{\rm{ + 4HC}}{{\rm{l}}_{{\rm{(g)}}}}\

        Pada proses pemurnian, silikon murni dianggap sebagai pelarut sedangkan leburan silikon yang mengandung pengotor dianggap sebagai larutan. Jika ditinjau dari sifat koligatif larutan, maka titik lebur silikon murni akan bernilai lebih tinggi dibanding titik lebur silikon yang tidak murni (bagian yang mengandung pengotor).
        Hal ini menyebabkan pengotor cenderung mengumpul di silikon yang mengandung pengotor (bagian atas pada zona peleburan). Selama permurnian berlangsung, bagian bawah, silikon murni, akan bertambah banyak sedangkan bagian atas semakin sedikit. Pengotor yang ada akan terkonsentrasi pada bagian yang sedikit tersebut.
        Setelah leburan mengalami pembekuan, akan diperoleh suatu batangan di mana salah satu ujung merupakan silikon paling murni sedangkan ujung yang lain merupakan silikon yang dipenuhi dengan pengotor. Meskipun demikian, terkadang bagian yang paling murni dari silikon ada pada bagian atas sedangkan bagian yang paling tidak murni berada pada bagian bawah. Bagian yang tidak murni dan tidak murni dapat dipisahkan dengan cara pemotongan.

📖 Kegunaan unsur dan senyawa silikon

Oleh karena bersifat semikonduktor, maka silikon digunakan sebagai bahan baku pada komponen kalkulator, transistor, chip komputer, dioda, dan sel surya. Silikon cair banyak digunakan dalam industri kecantikan modern dalam operasi plastik untuk mempercantik diri.
  • Pasir kuarsa (SiO2) digunakan sebagai bahan pembuatan kaca, gelas, porselin, beton. Selain itu SiO2 digunakan untuk menggosok batu kaca, logam-logam untuk pembuatan ampelas, dan pembuatan cat tahan udara.
  • Senyawa silikat (Al2Si2O5(OH)4) atau kaolin digunakan sebagai bahan untuk membuat tembikar.
  • Asbes yang memiliki sifat kuat dan tidak mudah terbakar biasanya digunakan sebagai atap rumah atau pakaian pelindung panas.
  • Karborundum (SiC) digunakan untuk ampelas dan pelindung untuk pesawat ulang-alik terhadap suhu tinggi (1600o C).
  • Silika gel digunakan sebagai pengering dalam berbagai macam produk.
  • Natrium silikat (Na2SiO3) digunakan untuk mengawetkan telur, sebagai perekat, dan filler pada detergen.

📖 Dampak negatif unsur dan senyawa silikon

  • Unsur Si dalam bentuk bubuk mudah terbakar.
  • SiCl4 bersifat toksik/ beracun, sehingga berbahaya bila terhisap.
  • SiH4 mudah terbakar di udara.
  • Silikon yang dipakai dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan bentuk jaringan dan kelumpuhan. Hal ini karena silikon dapat membentuk gumpalan dan dapat memblokir aliran darah ke jaringan tubuh.
  • Penggunaan asbes pada konstruksi bangunan berakibat buruk bagi kesehatan. Serat asbes yang ringan dan halus akan mengakibatkan iritasi dan asbestosis, yaitu mengecil dan berlubangnya paru-paru, serta dapat memicu kanker paru-paru.

Contoh Soal

Unsur yang digunakan dalam operasi plastik sebagai pengisi jaringan di bawah kulit adalah ....
A. Fosfor
B. Silikon
C. Karbon
D. Perak
E. Emas
Penyelesaian
Akhir-akhir ini silikon sering digunakan dalam operasi bedah plastik, yaitu sebagai implant maupun disuntikkan ke jaringan di bawah kulit.

Contoh Soal Silikon

Berikut ini yang bukan sifat unsur silikon adalah ....
Senyawa silikon yang menjadi bahan baku pembuatan silikon adalah ....
Untuk memurnikan silikon hasil reduksi, padatan silikon direaksikan dengan gas klorin. Persamaan reaksinya adalah ....
Pada proses pemurnian silikon, digunakan prinsip ....
Silikon merupakan suatu unsur metaloid yang bersifat semikonduktor. Berikut ini adalah pemanfaatan sifat semikonduktor silikon, kecuali ....
Senyawa silikon yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kaca dan gelas adalah ....
Pada umumnya, rumah menggunakan atap berupa genteng. Namun, banyak juga rumah yang atapnya terbuat dari salah satu senyawa silikon yang bersifat kuat dan tidak mudah terbakar. Senyawa tersebut adalah ....
Senyawa yang terbentuk dari silikon dan karbon yang tahan terhadap suhu tinggi dan digunakan sebagai pelindung pesawat ulang alik adalah ....
Operasi bedah plastik dengan suntik silikon sudah menjadi tren kecantikan di beberapa negara. Meskipun demikian, operasi ini memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Dampak negatif dari pemakaian silikon cair untuk bedah plastik adalah ....
Perhatikan gangguan kesehatan berikut.
1. Iritasi saluran pernapasan.
2. Paru-paru berlubang.
3. Kanker paru-paru.
Gangguan di atas merupakan dampak negatif pemakaian senyawa silikon, yaitu ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel