Contoh Soal Keterkaitan antara Gen, DNA, dan Kromosom

Contoh Soal Keterkaitan antara Gen, DNA, dan KromosomPada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang gen, DNA, dan kromosom. Tentunya sekarang kalian sudah lebih paham bagaimana konsep gen, DNA, dan kromosom. Nah pada topik kali ini, kalian akan mempelajari tentang keterkaitan antara gen, DNA, dan kromosom. Seperti apa sih keterkaitan gen, DNA, dan kromosom?
        Apakah kalian pernah mengatakan pada seseorang bahwa ia mempunyai kulit putih seperti ibunya tapi berambut ikal seperti ayahnya? Kemiripan seorang anak dengan orangtuanya pada dasarnya terjadi karena adanya pewarisan sifat dari orangtua pada anaknya.
        Kromosom, gen, dan DNA sangat berkaitan satu sama lain. Ketiganya berada di dalam nukleus dari setiap sel di dalam tubuh makhluk hidup. Ketiganya mempunyai fungsi strategis dalam pewarisan sifat dari induk pada keturunannya. Secara umum, gen merupakan bagian dari kromosom atau salah satu kesatuan kimia dari DNA di dalam kromosom.
        Gen merupakan unsur penting yang dapat mengendalikan ciri genetis suatu makhluk hidup. Pada umumnya pewarisan gen dilakukan melalui proses reproduksi sehingga keutuhan bentuk dan fungsi organisme dapat terjaga. Sementara kromosom merupakan suatu struktur makromolekul yang berisi DNA dimana terdapat informasi genetik dari sel. Kromosom pada dasarnya merupakan pembawa gen yang terdapat dalam inti sel. Kromosom terdiri dari DNA, RNA, dan protein. Di dalam sel, biasanya DNA terletak di dalam inti sel. Umumnya terdiri dari gugus fosfat, gugus deoksiribosa, dan basa nitrogen.
        Secara substansi sebenarnya gen merupakan sepenggal DNA yang diliputi dan diikat oleh protein, serta berfungsi sebagai zarah penentu sifat organisme. 
Gen juga memiliki beberapa sifat khusus, diantaranya sebagai berikut.
1. Sebagai suatu materi tersendiri yang terdapat di dalam kromosom.
2. Mengatur informasi genetika.
3. Mengatur perkembangan dan proses metabolisme dari individu.
4. Dapat menduplikasi dirinya pada peristiwa pembelahan sel.
        Hereditas berarti penurunan sifat-sifat genetik dari orangtua kepada anak. Ilmu yang mempelajari tentang hereditas disebut genetika. Di dalam hereditas, dikenal hukum yang terkenal, yaitu hukum Mendel.

Hukum Mendel

• Hukum Mendel I (Segregation of Allelic Genes): “Pada pembentukan gamet-gamet, kedua gen yang merupakan pasangan itu akan dipisah ke dalam dua sel anak secara bebas”.
• Hukum Mendel II (Independent Assortment of Genes): “Bila dua individu berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasangan sifat atau lebih, maka diturunkan sifat yang sepasang itu tak tergantung dari pasangan sifat yang lain”.
        Bagian utama sebuah sel adalah nukleus. Di dalam nukleus terdapat benang-benang halus yang disebut kromatin. Saat sel akan mulai membelah diri, kromatin akan menebal, memendek, dan mudah menyerap warna kemudian membentuk kromosom. Kromosom merupakan struktur padat yang terdiri dari komponen molekul, yaitu DNA dan protein. Total keseluruhan informasi genetik yang disimpan dalam kromosom disebut genom. Genom DNA tersusun atas gen-gen. Satu gen mengandung satu unit informasi mengenai suatu sifat yang dapat diamati. Gen juga dianggap sebagai fragmen DNA dalam kromosom.
        Secara struktural, perubahan DNA dan protein menjadi kromosom diawali saat profase. Molekul DNA akan berikatan dengan protein histon dan nonhiston membentuk sejumlah nukleosom. Unit-unit nukleosom bergabung memadat membentuk benang yang lebih padat dan terpilin menjadi lipatan-lipatan solenoid. Lipatan ini tersusun padat menjadi benang-benang kromatin yang kemudian akan tersusun memadat membentuk lengan kromatin. Selanjutnya kromatin akan mengganda membentuk kromosom.

Contoh Soal Keterkaitan antara Gen, DNA, dan Kromosom

“Bila dua individu berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasangan sifat atau lebih, maka diturunkan sifat yang sepasang itu tak tergantung dari pasangan sifat yang lain” adalah pernyataan ....
Fungsi gen diantaranya adalah ....
Pernyataan berikut terkait dengan gen, kecuali ....
Letak DNA dalam sel yaitu ....
DNA berfungsi untuk ....
Saat mengamati pembelahan sel dengan mikroskop, kromosom tampak paling jelas dalam bentuk empat lengan adalah pada fase ....
Berikut merupakan penyusun struktur asam nukleat.
1) Heliks ganda
2) Rantai tunggal
3) Basa N: adenin, urasil, guanin, dan sitosin
4) Basa N: adenin, timin, guanin, dan sitosin
5) Tersusun atas senyawa fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen
Susunan rangkaian DNA terdiri atas ....

Total keseluruhan informasi genetik yang disimpan dalam kromosom disebut ....
Perubahan DNA dan protein menjadi kromosom diawali saat ....
Ilmu yang mempelajari pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel