Contoh Soal Biosfer

Contoh Soal BiosferSecara etimologi, Biosfer terdiri dari dua kata yaitu bios yang artinya hidup dan sphere
yang artinya lapisan. Biosfer merupakan kehidupan (manusia, hewan, dan tumbuhan) di muka bumi yang menempati satu lapisan yang ada di atmosfer.
Organisme-organisme tidak dapat hidup sendiri, tetapi membentuk kumpulan-kumpulan sehingga terbentuklah bioma-bioma (biome). Bioma adalah suatu unit organisme yang terdiri atas kumpulan tumbuhan dan hewan (komunitas) yang memiliki persamaan bentuk dan kondisi lingkungan. Tempat hidup suatu organisme disebut sebagai habitat. Unit wilayah yang menunjukkan keseragaman kondisi habitat di alam disebut biotop. Beberapa biotope yang memiliki persamaan dikelompokkan menjadi biokor (biochores).
Ekosistem adalah suatu sistem yang meliputi dunia tumbuh-tumbuhan, hewan, serta lingkungan fisik tempat tinggalnya. Secara garis besar biosfer dibagi kedalam tiga biosiklus (siklus makhluk hidup), yaitu biosiklus darat, biosiklus laut, dan biosiklus air tawar.
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
Persebaran makhluk hidup dipermukaan bumi tidak merata. persebaran tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran Flora dan Fauna :
1. Faktor Abiotik
Faktor abiotik terdiri dari faktor klimatik (iklim), faktor edafik (tanah), dan factor fisiografi (ketinggian tempat dan bentuk lahan).
a. Faktor klimatik/iklim, yang mempengaruhi kehidupan antara lain yaitu misalnya suhu, curah hujan, kelembaban, dan angin.
  • temperatur, keadaan suhu setiap tempat di muka bumi berbeda-beda karena dipengaruhi oleh intensitas penyinaran matahari.
  • kelembaban udara, tingkat kelembapan sangat berpengaruh khususnya terhadap persebaran flora dan fauna. karena ada tumbuhan yang hanya bisa bertahan hidup didaerah tertentu seperti daerah lembab, kering, dan daerah yang sangat lembab.
  • angin, berperan dalam persebaran tumbuhan dipermukaan bumi.
  • curah hujan, mempengaruhi persebaran tumbuhan dipermukaan bumi. Karena tumbuhan membutuhkan air yang sumber utamanya berasal dari air hujan.
b. Faktor edafik/ tanah, tingkat kesuburan tanah sangat mempengaruhi pertumbuhan flora. keadaan tanah yang mempengaruhi pertumbuhan flora yaitu tekstur tanah, tingkat kegemburan tanah, humus dan unsur hara, air, dan udara.
c. Faktor fisiografi/ ketinggian tempat, yaitu tinggi rendahnya permukaan bumi (relief) yang mempengaruhi pola penyinaran matahari. Faktor ini sangat mempengaruhi pertumbuhan flora di permukaan bumi. pada setiap ketinggian tertentu tumbuh jenis tanaman tertentu karena ketinggian suatu tempat sangat mempengaruhi perubahan suhu. sehingga jenis tumbuhan pada setiap ketinggian tempat berbeda-beda.
2. Faktor Biotik
Faktor biotik yang sangat berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna yaitu manusia. Manusia dapat membudidayakan beberapa jenis flora dan fauna.

Contoh Soal Biosfer

Kehidupan di muka bumi yang menempati satu lapisan yang ada di atmosfer, dikenal dengan istilah ….
Biosfera terdiri dari tiga kelompok besar, yaitu … .
Suatu unit organisme yang terdiri atas kumpulan tumbuhan dan hewan (komunitas) yang memiliki persamaan bentuk dan kondisi lingkungan merupakan pengertian dari …
Faktor iklim yang mempengaruhi persebaran tumbuhan ialah …
Faktor lingkungan yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna yang berhubungan dengan kondisi fisik tanah disebut…
Tempat suatu organisme hidup membentuk suatu komunitas disebut …
Berikut yang bukan faktor-faktor yang menjadi hambatan bagi persebaran flora dan fauna antara lain sebagai berikut ini, …
Hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik pada suatu hamparan bentang alam di permukaan bumi disebut ….
Berikut ini yang termasuk komponen biotik antara lain …
Suatu unit organisme yang terdiri atas kumpulan tumbuhan dan hewan (komunitas) yang memiliki persamaan bentuk dan kondisi lingkungan, dikenal dengan istilah ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel