Contoh Soal Struktur Isi Teks Eksposisi

Contoh Soal Struktur Isi Teks EksposisiTeks eksposisi adalah suatu teks yang berfungsi untuk memaparkan dan menjelaskan suatu informasi. Tujuan tersebut dapat dengan mudah kita pahami berdasarkan kata bahasa Inggrisnya, yaitu expose yang berarti ‘menyingkap’ atau ‘membongkar’.
Teks eksposisi dapat berisi satu topik (permasalahan) tertentu. Topik yang berisi permasalahan tersebut lalu dikaji berdasarkan sudut pandang penulis. Di sini tugas penulis adalah berusaha membuktikan, mengevaluasi, atau mengklarifikasi permasalahan tersebut. 
Struktur Teks Eksposisi
Struktur tek s eksposisi terdiri atas tiga bagian: (1) tesis, (2) argumentasi, dan (3) penegasan ulang.
1. Tesis
Tesis adalah bagian yang berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang diangkat. Istilah ini mengacu ke suatu bentuk pernyataan atau bisa juga sebuah teori yang nantinya akan diperkuat oleh argumen. Dalam teks eksposisi, bagian ini merupakan bagian penting yang muncul di awal teks walau ada kemungkinan dapat diletakkan kembali pada bagian akhir (penegasan ulang).

Contoh Soal Struktur Isi Teks Eksposisi


SOAL 1
Pahami kutipan teks berikut!
Sejarah memang telah membuktikan bahwa konflik selalu menimbulkan hal-hal negatif. Lihat saja Perang Dunia I, Perang Dunia II, yang kemudian dilanjutkan Perang Dingin. Kesemuanya muncul akibat adanya konflik.
Dalam teks eksposisi, kutipan teks di atas lebih tepat jika dimasukkan ke dalam bagian….

SOAL 2
Berikut adalah konjungsi yang bermakna menyatakan adanya hal lain dari yang sudah dinyatakan sebelumnya, yaitu ….

SOAL 3
Perhatikan teks berikut!
Bahasa Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN.
Kata hubung yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah….

SOAL 4
Perhatikan teks eksposisi berikut!
Buku sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II dimulai karena Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sumber-sumber konvensional menyalahkan pihak Jerman yang memulai perang yang paling mematikan sepanjang sejarah ini.
Akan tetapi, tahukah Anda jika Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yg sama. Ada banyak laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga Jerman di seluruh wilayah Polandia. 
Data-data tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka.
Pronomina yang digunakan dalam teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali….

SOAL 5
Pernyataan yang diyakini kebenarannya oleh penulis dan telah diperkuat oleh alasan serta bukti-bukti disebut dengan….

SOAL 6
Di bawah ini kalimat yang mampu digunakan sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah….

SOAL 7
Perhatikan teks eksposisi berikut!
(1) Struktur bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku.(2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa Indonesia. (4)Dalam banyak hal, Struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada bagian akhir kalimat. (5)Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken. (6)Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat. (7)Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama. (8)Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya masyarakatnya.
Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….

SOAL 8
(1) Sebagai teks hasil produksi budaya, teks sejarah membutuhkan tiga hal: tesis, antitesis, dan sintesis.
(2) Lihatlah bagaimana banyak sejarawan muncul untuk mengkritisi dan menolak anggapan orde baru mengenai peristiwa G 30 S dan bagaimana Sokarno dipaksa untuk lengser dengan menyalahgunakan Supersemar.
(3) Sebuah teks sejarah sejatinya terbuka dalam menerima kritik dan koreksi.
(4) Apa yang kita anggap benar pada masa lalu belum tentu bertahan hingga masa sekarang.
(5) Itu semua adalah bentuk kritik dan koreksi terhadap konstruksi sejarah yang ada.
Teks eksposisi di atas tidaklah padu. Agar menjadi teks eksposisi yang baik, susunan yang tepat adalah….

SOAL 9
Perhatikan tesis berikut!
Bersikap Kritis dalam menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Kalimat yang tepat sebagai argumen yang mendukung tesis di atas adalah….

SOAL 10
Rencana penghapusan pilkada langsung menuai kecaman oleh sebagian besar masyarakat. Sebagian mengatakan bahwa penghapusan pilkada langsung bukanlah sebuah kemajuan, melainkan kemunduran berpolitik....
Teks yang tepat untuk melanjutkan eksposisi di atas ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel