Contoh Soal Ciri bahasa teks eksposisi

Contoh Soal Ciri bahasa teks eksposisiTeks eksposisi ialah teks yang memaparkan keadaan, proses, atau suatu masalah dengan sejelas-jelasnya. Dalam karangan eksposisi ini, pengarang bertujuan memberikan informasi atau penjelasan dengan cara mengembangkan gagasan dengan harapan pembaca benar-benar mengetahui informasi atau penjelasan yang disampaikan itu.
Ciri-ciri bahasa teks eksposisi:
1. Bersifat nonfiksi/ilmiah: teks eksposisi memaparkan informasi atau pengetahuan sering kali dilengkapi dengan pendapat para ahli, contoh, dan fakta-fakta. 
2. Bersifat informatif/menjelaskan /memaparkan: teks eksposisi bertujuan memberikan informasi atau penjelasan dengan cara mengembangkan gagasan dengan harapan pembaca benar-benar mengetahui informasi atau penjelasan yang disampaikan itu.
3. Berdasarkan fakta: teks eksposisi menggunakan fakta-fakta untuk membuat rumusan dan kaidah yang dikemukakan itu lebih konkret. 
4. Tidak memengaruhi: teks eksposisi tidak berusaha untuk memengaruhi pendapat orang lain, tetapi berusaha menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang setelah membaca uraiannya.

5. Sering menggunakan kata pronomina (kita atau saya).
6. Menggunakan istilah.
7. Menggunakan bahasa baku.
8. Akhir teks berupa penegasan: bagian akhir dari teks eksposisi berupa penguatan kembali atau penegasan terhadap pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta.Cirinya berupa kesimpulan bahwa apa yang diuraikan itu penting.
Contoh Soal Ciri bahasa teks eksposisi

SOAL 1
Berikut merupakan ciri- ciri tulisan berbentuk eksposisi.
(1) Bersifat nonfiksi/ilmiah
(2) Bersifat informatif/menjelaskan /memaparkan
(3) Berdasarkan fakta
(4) Menggunakan bahasa baku
(5) Memengaruhi
Pernyataan yang tidak sesuai dengan ciri-ciri teks eksposisi adalah....

SOAL 2
Masyarakat Yogyakarta sangat menggemari kegiatan sepeda gembira. Sambutan mereka atas kegiatan sepede gembira yang diadakan setiap bulan luar biasa. Rata- rata kegiatan itu diikuti 3000 peserta. Di waktu mendatang bisa jadi diikuti 7000 peserta.
Teks tersebut termasuk teks eksposisi karena memiliki ciri bahasa ....

SOAL 3
Pelanggaran lalu lintas sering dilakukan. Pelanggaran itu contohnya menyeberang tidak ditempat yang sudah disediakan. Bus dan mobil berhenti sekehendak hati supir. Pengendara kendaraan bermotor sering ngebut. Pengendara juga banyak yang tidak memiliki SIM.
Jenis teks tersebut adalah teks eksposisi karena memiliki ciri...

SOAL 4
Bacalah teks berikut!
Sebuah taman bisa dibangun di mana saja, termasuk di sebuah perkantoran. Sebuah taman di kantor tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, tetapi mempunyai manfaat yang lain pula. Sebagai sarana penghilang rasa lelah, jenuh. Penyuplai udara segar. Selain itu, untuk memperindah lingkungan kantor.
Dari kutipan teks tersebut, teks tersebut digolongkan pada teks....

SOAL 5
Siapa yang tak kenal dengan filateli ? Filateli merupakan sebuah hobi dengan mengoleksi perangko dari berbagai negeri. Hobi ini bersifat positif. Siapa pun bisa menjalani kegiatan ini sebagai hobi yang menyenangkan. Kegiatan ini membentuk watak seseorang menjadi sabar, tekun, cermat, dan rapi. 
Berdasarkan jenisnya teks tersebut digolongkan teks....

SOAL 6
Bacalah penggalan teks berikut dengan saksama!
ASEAN merupakan organisasi yang berbasis kerakyatan di kawasan tersebut. Oleh sebab itu, tidak dapat main “ pukul rata” memaksa rakyat ASEAN hanya berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kebijakan itu bisa menjadikan semangat ASEAN anti plurilingualisme (aneka bahasa). Akibatnya, bangsa Indonesia kurang mujur. Kebijakan itu akan mengakibatkan bahasa Indonesia akan tergeser di negerinya sendiri. Akhirnya, bangsa kita bukan sebagai pemenang melainkan jadi pecundang.
Alasan teks tersebut tergolong ke dalam jenis eksposisi adalah....

SOAL 7
Gula merah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Proses pembuatannya sebenarnya tidak rumit. Cairan nira yang diambil dari tabung bambu disaring dulu sebelum dimasak. Hasil saringan tadi dimasukkan ke tempayan lalu dimasak kurang lebih 2 jam sampai mendidih. Setelah cairan berwarna coklat dan mengental, turunkan dari kompor. Letakkan tempayan dalam posisi miring. Adonan tadi diaduk- aduk supaya cepat dingin. Setelah 20 menit adonan yang telah mengental tadi siap dicetak.
Alasan teks itu disebut eksposisi adalah....

SOAL 8
Banyak kondisi jalan di Indonesia mengalami kerusakan yang sangat parah. Kerusakan ini tidak hanya terjadi di jalan-jalan lintas Sumatra atau Kalimantan, tetapi juga jalan di pulau Jawa seperti jalur Pantura. Padahal, jalur ini merupakan hasil perbaikan beberapa tahun yang lalu. Banyaknya kondisi jalan yang rusak menimbulkan kecurigaan berbagai kalangan bahwa telah terjadi korupsi atas proyek jalan di tanah air.
Paragraf tersebut menggunakan pola pengembangan....

SOAL 9
Bacalah penggalan teks berikut dengan saksama!
Mulai tahun 2015 warga ASEAN telah merancang komunitas sosial budaya. Tujuan komunitas ini adalah persatuan walau dalam keberagaman . Oleh sebab itu, warga komunitas --termasuk kita bangsa Indonesia-- dituntut plurilingual (menguasai berbagai bahasa) yang berlaku di wilayah tersebut. 
Contoh adanya penggunaan kata pronomina dalam teks eksposisi tersebut adalah....

SOAL 10
Baca dengan cermat teks berikut!
Sampai saat ini belum ada standar mutu nata de coco yang baku. Akan tetapi, secara umum mutu nata de coco ditentukan oleh adanya rendemen yang tinggi, bentuknya renyah, dan kenyal. Warnanya putih bersih dan tahan lama. Kualitas nata de coco sangat dipengaruhi oleh lamanya fermentasi, konsentrasi gula, sumber nitrogen, dan kandungan nutrisi yang ada.
Informasi yang ada dalam teks tersebut adalah....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel