Contoh Soal Interpretasi isi teks eksposisi

Contoh Soal Interpretasi isi teks eksposisiKata eksposisi berasal dari bahasa Inggris dari kata exposition yang berarti penjelasan terperinci, karangan yang menjelaskan sesuatu. Dengan kata lain eksposisi adalah karangan yang bertujuan menjelaskan sesuatu kepada pembaca sehingga pengetahuan pembaca bertambah. 
      Tulisan ini disebut juga paparan karena memaparkan fakta, data, bahkan grafik untuk memperjelas isinya. Dari sisi bentuk atau ragamnya teks eksposisi dapat berbentuk artikel, resep, laporan, dan buku pelajaran. Teks eksposisi mempunyai ciri sebagai berikut ini.
  • berdasarkan fakta
  • opini untuk menguatkan fakta
  • bersifat objektif
  • menggunakan bahasa baku bersifat informatif
      Cara atau metode yang biasa digunakan untuk mengembangkan tulisan eksposisi ialah identifikasi, perbandingan, definisi, proses, klasifikasi, ilustrasi, dan laporan
      Pehatikan contoh-contoh di bawah ini.
a. Perbandingan
Dalam metode ini dapat ditunjukkan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan antara dua hal yang mempunyai kedudukan sama. Ada dua cara membandingkan.
1. Pola AB+AB 
Dengan pola AB+AB, rincian tentang A dan B disajikan dalam paragraf yang sama, jadi cukup satu paragraf. Pola ini juga dikenal dengan pola sebagian-sebagian

Contoh Soal Interpretasi isi teks eksposisi

SOAL 1
Tanaman yang termasuk dunia jamur adalah kamir, kapang, dan cendawan. Jamur menyerap mineral dan nutrisi dari bahan organik. Jamur bukan tumbuhan karena tidak berfotosintesis. Jamur mikoriza memiliki hubungan simbiosis dengan tumbuhan. Jamur hidup di dalam akar tumbuhan dengan cara menyerap nitrogen dari tanah dan menukarnya dengan karbon pada tumbuhan. Banyak jenis jamur berfungsi sebagai pengurai dan penting untuk ekologi hutan. Kapang dan kamir digunakan untuk membuat keju, bir, dan antibiotik.
Berdasarkan pengembangannya kutipan di atas termasuk ....

SOAL 2
Baca cermat teks berikut!
Novel Sunshine Becomes You merupakan novel yang sangat menarik. Bahasanya mudah dimengerti. Penggunaan sudut pandang orang ketiga membuat novel ini sangat mudah dipahami dan terkesan ringan. Walaupun tergolong lumayan tebal, novel ini dapat diselesaikan dengan cepat karena isinya mudah dimengerti remaja saat ini. Masalah yang ada disampaikan secara menarik sehingga membuat pembaca terhanyut di dalamnya.
Kutipan tersebut menginformasikan tentang ....

SOAL 3
Salah satu tanaman palawija yang memberikan keuntungan cukup tinggi adalah tembakau. Oleh sebab itu, di sejumlah daerah para petani memilih menanam tembakau dibanding komoditas lainnya. Data dari asosiasi petani tembakau (APTI) Yogyakarta menyatakan bahwa di DIY terdapat lebih dari 5.000 hektar lahan tembakau. Jumlah terbanyak di Kabupaten Sleman 3.000 hektar. Bantul dan Kulonprogo masing- masing 1.000 hektar. Kini di beberapa daerah sudah terlihat tanaman tembakau dengan umur berkisar 10 – 40 hari.
Kutipan tersebut merupakan bagian dari ....

SOAL 4
Membangun sebuah kota perlu pendekatan secara manusiawi. Artinya perlu perencanaan yang baik dengan memahami masa lalu dan peruntukannya di masa depan. Pemahaman atas masa lalu dapat digali dari penuturan para ahli sejarah bahkan dapat digali dari novel- novel yang menggambarkan zaman tersebut. Setiap karya sastra novel pasti menggambarkan latar cerita. Baik berupa latar tempat, latar waktu maupun status sosial para pelakunya. Dari unsur latar cerita inilah dapat diketahui hal –hal yang terkait dengan tata kota, tata lingkungan maupun kondisi masyarakat setempat.
Kalimat tanya yang tidak sesuai dengan teks tersebut adalah ....

SOAL 5
Kalimat fakta terdapat pada kalimat ....

SOAL 6
Penggunaan bahan pewarna alami untuk pembuatan batik jauh lebih baik dibanding penggunaan zat pewarna sintetis. Hal ini diketahui dari beban pencemaran pencelupan batik yang menggunakan warna sintetis (ZWS) seperti indogosol yang mmpunyai BOD5= 3.053 mg/ liter, COD = 19.921/ liter, sedangkan beban pencemaran ekstrak zat warna alami (ZWA) msih jauh lebih kecil.
Kutipan teks eksposisi di atas dikembangkan dengan cara ....

SOAL 7
Tahukah anda apa manfaat tanaman hijau? Tanaman hijau dapat menyerap CO2 dari atmosfer dan menyimpannya dalam jaringannya. Jika tanaman itu mati, tanaman itu akan melepaskan kembali CO2 ke udara. Maka, lingkungan dengan banyak tanaman hijau akan mengikat CO2 dengan baik. Hal ini harus dipertahankan untuk generasi mendatang.Jika tidak karbon yang yang sudah tersimpan akan kembali ke atmosfer sebagai CO2.
Inti dari kutipan eksposisi di atas adalah ....

SOAL 8
Ada terobosan inovasi baru produk makanan berserat dengan bahan baku berasal dari limbah cair industri tapioka yang disebut nata de cassava. Hal ini menjadikan nata de cassava menjadi produk unggulan tanpa takut keterbatasan bahan baku. Sebab, Indonesia sebagai penghasil singkong terbesar ketiga di dunia. Efek lainnya, pemanfaatan limbah cair tapioka untuk bahan baku menyebabkan proses produksi menjadi lebih ekonomis. Kelebihan dari nata de cassava yaitu produk yang dihasilkan lebih kenyal, lebih tebal, dan lebih putih dibanding nata de coco.
Informasi utama yang diperoleh pembaca dari teks tersebut adalah ....

SOAL 9
Sampai saat ini di daerah pedesaan masih banyak masyarakat yang menggunakan kayu sebagai bahan bakar. Ini sebagai akibat program konversi minyak tanah ke gas yang belum maksimal. Pemakaina bahan bakar kayu ini menyebabkan kerusakan hutan. Maka perlu dilakukan diversifikasi sumber energi antara lain, memanfaatkan sampah atau limbah sebagai sumber energi alternatif.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan kutipan di atas adalah ....

SOAL 10
Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Akan tetapi, di sisi lain juga memiliki banyak ancaman bencana alam di dalamnya. Wilayah Indonesia terletak di daerah cincin api ( ring of fire) . Wilayah gunung api dan banyak gempa bumi yang diakibatkan pergerakan tiga lempeng bumi yaitu Indo- Australia, Eurasia, dan Pasifik. Selain itu, Indonesia juga negara kepulauaan sehingga rentan terhadap perubahan iklim akibat pemanasan global. Setiap kenaikan suhu bumi akan berdampak pada kenaikan permukaan laut dan hilangnya spesies tertentu.
Kutipan di atas termasuk jenis tulisan eksposisi karena ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel