Contoh Soal Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi

Contoh Soal Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisiKata merupakan satuan bahasa terkecil yang memiliki dua unsur yaitu unsur bentuk dan isi. Unsur bentuk adalah hal atau wujud yang dapat ditangkap pancaindera. Sedang unsur isi/makna adalah hal yang dapat dipahami oleh pikiran karena dirangsang oleh unsur bentuk. Sebagai contoh, kata rumah adalah unsur bentuk karena dapat ditangkap oleh indera penglihatan. Sedangkan unsur isi/makna adalah sebuah bangunan beratap, berpintu, berjendela yang menjadi tempat tinggal manusia. Itulah pengertian yang ditangkap pembaca. Pengertian rumah dari segi bentuk dan isi tersebut yang sesuai dengan kesepakatan pemakai bahasa disebut juga makna leksikal. Artinya makna kata sesuai dengan makna dalam kamus.
Berdasarkan hubungan isi dan bentuk ini makna kata dibedakan menjadi:
a. Sinonim -- Dua kata atau lebih yang memiliki makna sama atau hampir sama.
Contoh: sudah – telah
untuk – bagi - buat – guna
b. Antonim -- Pasangan kata yang berlawanan maknanya
Contoh: besar X kecil, tua X muda
c. Homonim -- Dua kata atau lebih yang ejaan dan lafalnya sama tetapi maknanya berbeda.
Contoh: bisa—racun dan dapat mengerjakan sesuatu
d. Homograf -- Dua kata yang sama ejaannya, tetapi ucapan dan artinya berbeda.
Contoh: mental – terjatuh
mental – kekuatan batin/jiwa
e. Homofon – Dua kata yang ucapannya sama, tetapi ejaan dan maknanya berbeda.
Contoh: sangsi – ragu–ragu
sanksi – hukuman
f. Polisemi -- satu kata yang memiliki banyak makna karena pengaruh lingkungan yang dimasukinya.
Contoh: - Bunga cengkeh itu harum sekali .
- Srintil dikenal sebagai bunga desa di Dawuhan.
g. Hipernim dan Hiponim
Hiponim -- kata yang menjadi bagian kata yang lebih luas cakupan maknanya.
Contoh : Pohon kelapa adalah bagian dari kelompok tumbuhan palma.
Hipernim -- kata yang maknanya mencakup banyak kata lain.
Contoh: Yang termasuk tumbuhan palma adalah, kelapa, enau, palem merah, palem botoh, palem sikas.
B. ISTILAH
Menurut Pedoman Umum Pembentukan Istilah, istilah ialah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah dibagi menjadi istilah khusus dan istilah umum. Istilah khusus adalah istilah yang pemakaian atau maknanya terbatas dalam bidang tertentu. Sedang istilah umum adalah istilah yang berlaku di lingkup lebih luas atau umum. Contoh, kata garam merupakan istilah umum. Istilah khusus untuk kata garam adalah NaCl, berlaku dalam bidang ilmu kimia.
Pebentukan istilah–istilah bersumber dari:
a. Kosa kata bahasa Indonesia 
- pramusiwi sebagai pengganti kata pengasuh anak
b. Kosa kata bahasa serumpun

- nyeri ( bahasa Sunda) - timbel ( bahasa Jawa)
c. Bahasa asing dengan syarat istilah itu lebih cocok karena konotasinya lebih baik, lebih singkat
- smash = pukulan cepat, tajam, menukik
C. UNGKAPAN
Ungkapan merupakan gabungan dua kata yang maknanya menyatu/khusus. Makna dua kata pembentuknya berbeda dengan makna gabungannya. Kata besar dan mulut berbeda maknanya, tetapi setelah digabung menjadi besar mulut artinya sombong. Jenis ungkapan bermacam-macam tergantung unsur pembentuknya.
Contoh: berdarah biru artinya bangsawan
kopi pahit artinya teguran
kuda tunggang artinya alat/kendaraan untuk mencapai tujuan
Ungkapan digunakan sesuai dengan situasi yang ada. Teks eksposisi dalam bentuk artikel dengan tujuan mempertegas makna.
Contoh: Sebagai penyanyi yang sedang naik daun Karlina dipuja pengemarnya.

Contoh Soal Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi


SOAL 1
Kata yang berasal dari kata serumpun adalah kata....

SOAL 2
Sungai di desa itu penuh sampah. Hutan di desa itu pun sudah hampir gundul karena system ladang berpindah. Padahal, sekarang ini sudah memasuki musim hujan. Banjir pun menghampiri desa itu. Akibatnya, desa itu mengalami kerigian berupa harta benda maupun korban jiwa.
Teks di atas dikembangkan dengan cara…

SOAL 3
Dengan partisipasi berbagai pihak diharapkan ketersediaan air tanah sebagaimana diamanatkan dalam peraturan dapat terwujud . Air sangat dibutuhkan dalam kehidupan.Suatu saat air daoar menjadi bahan kehidupan yang langka dan mahal. Maka, mulai sekarang kita harus hemat air dan menjaga keberadaan sumber- sumber air. Pemerintah dapat terwujud. Kalau bukan kita siapa lagi. Kalau tidak sekarang kapan lagi kita dapat melaksanakan konservasi air tanah. Jangan tunggu sampai kita harus membayar mahal untuk memperoleh air.
Kutipan teks di atas merupakan bagian dari ....

SOAL 4
Baca cermat teks berikut!
Ibu mengajariku bagaimana cara membuat pancake coklat hari Minggu yang lalu. Pertama, Ibu menyiapkan berbagai bahan dan alat untuk membuatnya seperti mentega, telur, susu fullcream, tepung pancake , dan keju. Setelah itu semua bahan dicampur. Kemudian siapkan wajan.Jika wajan sudah panas masukkan bahan yang telah siap dan panggang sampai mongering. Setelah kering ,ambil dari wajan lalu sajikan di atas piring bersih.
Ide utama teks di atas adalah….

SOAL 5
Baca teks berikut!
Kamarku berukuran 8 X 10 M. ada dua buah jendela dan satu kamar mandi dalam di dalam kamarku. Catnya berwarna putih terang. Setiap hari aku membersihkan kamarku yang cukup besar ini. Aku sangan senang dan nyaman beraktifitas di kamarku.
Teks di atas menginformasikan tentang….

SOAL 6
Baca cermat teks berikut!
Tenis lapangan dan Bulutangkis memiliki beberapa perbedaan dan persamaan. Keduanya termasuk dalam olahraga perseorangan maupun beregu. Pada Tenis lapangan senar yang digunakan jauh lebih kuat dan tebal dibanding senar pada raket Bulutangkis. Bola yang digunakan pada Tenis lapangan juga lebih berat disbanding dengan shuttlecock pada Bulutangkis. Alkan tetapi, keduanya menggunakan net di antara pemain untuk membatasi dan garis pembatas untuk menentukan area lapangan permainan.
Pola pengembangan yang digunakan dalam teks tersebut….

SOAL 7
Baca cermat teks berikut!
(1)Sepanjang paruh pertama 2014, Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) membukukan pendapatan operasional Rp 356,3 miliar dan laba bersih Rp 47,1 miliar. (2) Tahun ini, BPUI menargetkan pendapatan operasional Rp 750 miliar. (3) Kontribusi terbesar dari bisnis properti. (4) Direktur BPUI mengatakan, pasar modal sedang bagus sehingga industri investasi terkait reksa dana dan saham banyak diminati. (5) Namun untuk Indonesia, kondisi yang belum pasti membuat investor dalam negeri menjadi kurang percaya diri.
. Teks eskposisi di atas didukung oleh kalimat fakta yaitu kalimat....

SOAL 8
Baca cermat teks berikut!
Tahukah Anda cara untuk mengatasi rasa gugup saat Anda ingin memaparkan hasil kerja di depan public/ pertama, persiapkan bahan yang akan Anda paparkan secara maksimal. Kedua, kuasailah materi sedetail mungkin. Ketiga, latihlah mimik wajah dan gerak tubuh Anda di depan cermin. Keempat, perhatikan benar penampilan Anda saat tampil di depan khalayak agar rasa percaya diri meningkat. Kelima, tarik nafar dalam dan tenangkan diri sebelum mulai.
Kutipan tersebut dikembangkan dengan pengembangan proses karena….

SOAL 9
Baca cermat teks berikut!
Lapisan ozon adalah lapisan yang berfungsi sebagai penyaring sinar ultraviolet (UV) yang diradiasikan matahariu ke planet bumi. Jika terjadi kerusakan lapisan ozon, misalnya lubang ozon, kemampuan lapisan ozon dalam menyaring radiasi sinar UV akan menurun. Hal ini dapat membahayakan hewan dan tumbuh- tumbuhan. Sinar UV sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker kulit dan kerusakan kornea mata pada manusia. Sedangkan pada tumbuhan akan menyebakan kerusakan pada organ daun.
Informasi penting yang diperoleh pembaca dari teks di atas adalah...

SOAL 10
Baca cermat teks berikut!
Andi siswa kelas XII IPA 6 merupakan kapten tim basket SMA Nusa Bangsa. Hafiz merupakan striker andalan tim futsal SMA Nusa Bangsa. Sedangkan Luisa sebagai atlet renang SMA Nusa Bangsa. Boby atlet sepatu roda SMA Nusa Bangsa. Jadi, siswa- siswa kelas XII IPA 6 adalah atiet olahraga.
Teks di atas termasuk eksposisi generalisasi karena.…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel