Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi

Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksposisiPada materi-materi sebelumnya kalian sudah belajar mengetahui struktur dan isi teks eksposisi. Pada kali ini kalian akan belajar membandingkan teks eksposisi berdasarkan struktur isi dan ciri bahasa dari dua teks eksposisi.

• Struktur teks eksposisi antara lain pernyataan umum, pernyataan khusus, dan kesimpulan.
• Ciri bahasa eksposisi yaitu informatif, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak bermaksud mempengaruhi atau mengajak pembacanya.

Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi


SOAL 1
Membentengi anak dengan pendidikan agama sedini mungkin merupakan hal yang “wajib” dilakukan orang tua.
Kalimat tersebut cocok dijadikan struktur teks eksposisi yaitu....

SOAL 2
Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur selain sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis, jahe, dan madu.
Isi teks eksposisi di atas adalah….

SOAL 3
Pedagang sapi di pasar tradisional kini banyak yang mengeluhkan adanya dampak dari pemberitaan tentang daging gelonggongan. Sudah hampir seminggu pedagang-pedagang ini kehilangan konsumen hingga sekitar 70%. Hal ini berbanding terbalik dengan penjualan ayam yang semakin meningkat karena konsumen lebih memilih daging ayam ketimbang daging sapi. 
Tujuan penulisan teks eksposisi di atas adalah….

SOAL 4
Mudah bukan membuat puding coklat sendiri di rumah? Dengan demikian, Anda bisa setiap hari membuatkan buah hati puding coklat yang bisa divariasikan dengan bahan lain . Selamat mencoba.
Kutipan teks di atas merupakan bagian dari struktur teks eksposisi yaitu….

SOAL 5
Cara untuk menghilangkan racun dalam tubuh yang cukup efektif dan mudah dilakukan adalah dengan meminum air perasan lemon. Siapkan air perasan jeruk lemon dari sebutir lemon, kemudian tambah dengan setengah gelas air hangat. Minum setiap pagi sebelum mengkonsumsi apapun.
Kutipan teks eksposisi di atas termasuk struktur isi bagian….

SOAL 6
Fashion baru sedang berkembang saat ini (1). Baju seperti abaya kini semakin digandrungi (2). Meskipun begitu, maxi-maxi dress yang dikombinasikan dengan cardigan pun masih banyak diminati (3). Selain dengan cardigan, maxi dress ini juga bisa dikombinasikan dengan bolero atau jaket jeans (4). Rok-rok juga sering dikombinasikan dengan bolero atau cardigan dengan inner berupa kaos manset.
Kalimat yang kurang tepat dan tidak padu adalah kalimat no….

SOAL 7
Berikut adalah ciri dari bahasa eksposisi, kecuali….

SOAL 8
Pabrik mobil Mazda memang sangat mengerti dengan kebutuhan konsumennya. Hal ini terbukti dengan dikeluarkannya varian baru dari Mazda yaitu All New Mazda2. Dalam varian baru Mazda2 ini terdapat sebuah teknologi yang disebut MZD Connect. Dengan adanya teknologi ini, pengendara bisa tetap eksis di media sosial. Menurut saya, inilah yang menjadi daya tarik konsumen untuk memiliki mobil yang satu ini.
Kutipan di atas akan menjadi teks eksposisi jika kita menghilangkan kalimat no.…

SOAL 9
Hal yang dapat dibandingkan dari dua teks eksposisi adalah....

SOAL 10
Berikut adalah unsur bahasa yang bisa dibandingkan dalam dua teks eksposisi, kecuali….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel