Contoh Soal Perbandingan Vektor

Contoh Soal Perbandingan VektorCoba perhatikan diagram rute perjalanan yang menghubungkan 5 kota berikut ini.
        Misalnya kita ingin mencari semua rute tak-langsung yang mungkin dari kota B ke kota E. Dari kota B ke kota E, terdapat beberapa jalur yang dapat kita gunakan. Jalur-jalur tersebut ditunjukan dalam persamaan vektor berikut.
BE=AB+AEBE=BC+(EC)BE=AB+AD+(ED)BE=BC+(DC)+(ED)
Tanda negatif pada vektor tersebut berarti kita harus menempuh arah berlawanan dari arah yang diberikan. Jadi, menempuh AB sama maksudnya dengan menempuh BA.
        Konsep vektor yang mewakili rute tak-langsung ini akan sangat berguna bagi kamu untuk mempelajari topik ini dan topik-topik selanjutnya.
Contoh Soal Perbandingan Vektor

SOAL 1
Titik M berada di dalam ruas garis AB sedemikian sehingga AM : BM = 3 : 4. Perbandingan yang tepat untuk AM : AB adalah ….

SOAL 2
Dua titik P dan Q terletak pada bidang koordinat. Jika titik P dan Q tidak berada pada titik asal (0, 0), pernyataan yang benar tentang vektor PQ adalah ….

SOAL 3
Perhatikan diagram vektor berikut.
Persamaan vektor yang benar untuk vektor CDadalah….

SOAL 4
Jika titik M membagi sebuah ruas garis yang menghubungkan titik A(2, 3) dan titik B(5, 6) di dalam dengan perbandingan 1 : 2, maka koordinat titik M adalah ….

SOAL 5
Jika titik M berada di antara titik A(1, -1, 2) dan B(1, 7, 2) sehingga ketiganya membentuk sebuah garis lurus dengan perbandingan 3 : 5, maka koordinat titik M adalah ….

SOAL 6
Titik M terletak pada perpanjangan garis yang menghubungkan titik A(2, -1) dengan B(2, 3) pada arah B dengan perbandingan 5 : 1. Koordinat titik M tersebut adalah ….

SOAL 7
Titik M terletak pada perpanjangan garis yang menghubungkan titik A(1, 0, 3) dengan B(3, -4, -1) pada arah A dengan perbandingan 1 : 3. Koordinat dari titik M tersebut adalah ….

SOAL 8
Secara terpisah, Sinta dan Yoga mencari koordinat dari sebuah titik M yang berada pada perpanjangan garis yang menghubungkan titik A dan B pada arah B. Sinta menggunakan perbandingan AM : MB = m : (-n) dalam perhitungan, sedangkan Yoga menggunakan perbandingan AM : MB = (-m) : n. Apabila koordinat dari kedua titik A dan B diketahui, serta perbandingan jarak ketiga titik juga diketahui, maka pernyataan yang benar berdasarkan langkah awal yang mereka tempuh adalah ….

SOAL 9
Giga meminta Yudi untuk menentukan koordinat dari titik A dan B sedemikian sehingga titik M(1, 1, 1) berada tepat ditengah-tengah ruas garis AB. Jawaban yang seharusnya diberikan oleh Yudi adalah ….

SOAL 10
Sepasang titik A(ax,ay) dan B(bx,by) dilalui diameter lingkaran yang berpusat di O(0,0) dan berjari-jari 1 satuan. Syarat yang harus dipenuhi agar kedua titik tersebut berada pada lingkaran dengan posisi yang saling berhadapan adalah …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel