Contoh Soal Hukum gerak kesatu Newton , Hukum Kelembaman

Contoh Soal Hukum gerak kesatu Newton , Hukum Kelembaman Sir Isaac Newton, Seorang fisikawan dan matematikawan ternama abad ke 17,
membuat banyak penemuan yang menjadi terobosan dan landasan fisika modern saat ini. Hasil penemuannya sangatlah penting sehingga salah satu cabang ilmu fisika dikenal sebagai Fisika Newton. Cabang ilmu fisika ini juga dikenal sebagai mekanika klasik dan berfokus pada beberapa topik berbeda namun secara garis besar membahas soal gerak, zat alir dan gravitasi. 

Diantara penelitian - penelitiannya secara luas ada yang membahas hukum tentang gerak yang lebih dikenal sebagai Hukum gerak Newton . Pada bahasan ini kita akan berfokus pada Hukum kesatu Newton. Yang juga dikenal sebagai Hukum kelembaman

Hukum ini didefinisikan sebagai berikut: Sebuah objek yang diam akan tetap diam dan sebuah objek yang bergerak akan tetap bergerak dalam kecepatan dan arah yang tetap kecuali diberikan gaya yang mempengaruhi kesetimbangannya.

Pada Hukum ini ada 3 intisari yang perlu kita pahami, dan akan lebih mudah apabila kita membayangkan sebuah permainan bilyard. Yang pertama, Objek yang diam akan tetap diam. Secara sederhana, benda yang tidak bergerak tidak akan bergerak. Jika kita membayangkan sebuah bola bilyard yang diletakkan di atas meja sebelum dikenai pukulan oleh bola lainnya ataupun dari tongkat bilyard; ada dalam keadaan diam dan akan tetap begitu selama tidak ada pengaruh atau gaya dari luar yang bekerja pada bola tersebut. 

Untuk membahas hukum ini lebih lanjut, pada intisari kedua disebutkan bahwa objek yang bergerak akan tetap bergerak. Seperti pada intisari sebelumnya yang menggunakan konsep permainan bilyard, mari kita membayangkan bola yang diam sudah dipukul. Bola tersebut akan terus terus bergerak selama tidak ada gaya dari luar yang bekerja pada bola itu.

Selanjutnya kita masuk pada Intisari akhir pada hukum ini yaitu,
kecuali diberikan gaya yang mempengaruhi kesetimbangannya, kita dapat melihat efek dari tabrakan antara bola yang bergerak dan bola yang diam. Kecenderungan alami dari bola yang bergerak adalah tetap bergerak sementara itu kecenderungan alami bola yang diam adalah tetap diam. Bagaimanapun, kedua bola bereaksi satu sama lain dan mengalami perubahan skema. Bola yang diam terkena gaya yang mempengaruhi kesetimbangannya sehingga bola jadi bergerak, sementara bola yang bergerak juga terkena gaya yang mempengaruhi kesetimbangannya sehingga bola itu melambat.

Pada awalnya, konsep dari gaya yang mempengaruhi kesetimbangan mungkin agak sulit untuk dipahami tetapi untuk memahami lebih baik lagi tentangnya kita sebaiknya membahas tentang gaya kesetimbangan terlebih dahulu. Jika kita membayangkan sekali lagi bola yang diam, pada bola tersebut bekerja dua gaya kesetimbangan yang bekerja bersamaan pada bola tersebut. Yang pertama adalah gaya gravitasi, yang menariknya ke arah bawah / bumi. Yang kedua meja bilyard menahan bola tersebut ke atas, atau secara teknis mendorongnya ke atas. Selama tidak ada gaya dari luar yang mempengaruhinya seperti bola bergerak yang menabrak bola diam tersebut, kesetimbangan ini akan tetap dan bola tersebut akan tetap diam

Hal ini adalah kelembaman dalam gerak. jika kita melihat secara bahasa soal kelembaman, kita dapat melihat bahwa kata dasarnya adalah lembam. Dimana pada kasus ini , sebuah objek tahan (atau lembam) untuk berubah kecuali dikenai gaya dari luar. Gaya - gaya ini dapat diukur dalam bentuk vektor. Saat benda - benda dalam keadaan bergerak mereka memiliki  satuan terukur yang berasosiasi dengan mereka. Untuk contoh, bola bilyard tersebut mungkin bergerak 2 m/s. bagimanapun, ini hanyalah salah satu bagian dari sistem. Bola bergerak tersebut juga memiliki arah. Sebuah vektor mengukur hubungan ini (yaitu kecepatan 2m/s dengan arah 30° kearah timur laut). Saat gaya yang mempengaruhi kesetimbangan bekerja pada vektor ini, ini mungkin dapat mempengaruhi kecepatan, arah atau keduanya.

Contoh Soal Hukum gerak kesatu Newton , Hukum Kelembaman

Isilah jawaban pada bagian yang kosong: Sebuah benda yang diam akan tetap _______ jika gaya dari luar tidak bekerja pada objek tersebut.
Jika sebuah objek diam, objek tersebut akan tetap begitu karena gaya di sekelilingnya _______ 
Untuk membuat suatu objek bergerak apa yang harus terjadi kepada gaya di sekelilingnya?
Menurut hukum kesatu Newton jika sebuah buku diletakkan di atas meja dan tidak bergerak gaya apa saja yang bekerja pada buku itu?
Apa penjelasan terbaik untuk kelembaman?
Apa penjelasan terbaik yang menjelaskan pengaruh angin pada sebuah bulu, dalam lingkup gaya, gerak dan kelembaman?
Apa penjelasan terbaik yang menjelaskan sebuah vektor?
Manakah yang merupakan sebuah vektor....
Jika bumi menarikmu ke bawah dengan gaya 9.8 N saat kau berdiri, vektor apa yang menjelaskan bahwa lantai menekanmu ke atas untuk mencegahmu jatuh ke bawah.
Bagaimana menuliskan sebuah vektor dari mobil yang bergerak 7 m/s ke timur?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel