Contoh Soal Teori mengenai Ketimpangan

Contoh Soal Teori mengenai KetimpanganKetimpangan sosial acap dipandang sebagai dampak residual dari proses pertumbuhan ekonomi. Artinya, ketimpangan merupakan suatu hal tak terhindarkan ketika suatu negara berupaya melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan daya saing di era globalisasi. 

J.H. Boeke mengulas betapa kapitalisme yang dibawa oleh arus globalisasi telah membawa peningkatan taraf hidup dan persatuan masyarakat di negara-negara Barat. Sebaliknya, justru mendatangkan kerusakan di negara-negara berkembang. Ini disebut Boeke sebagai dualisme (dual societies).
Jika dihubungkan pada konteks lokal, dualisme sesungguhnya juga dapat ditemukan pada masyarakat perkotaan dan pedesaan:
• Pada satu sisi, masyarakat perkotaan yang relatif lebih terbuka menerima perubahan akan sangat mudah mencapai kemajuan karena faktor produksinya bersifat dinamis, terbiasa dengan ekonomi uang, mampu melakukan sentralisasi administrasi, serta didukung oleh adanya mesin-mesin untuk mengembangkan ekonomi produsen.
• Di sisi lain, masyarakat pedesaan cenderung tertutup dan sulit mencapai kemajuan karena faktor produksinya bersifat statis, masih berkutat pada ekonomi barang, belum mampu menata administrasi yang rapi, didominasi oleh kekuatan alam, serta memiliki corak ekonomi konsumen.

Contoh Soal Teori mengenai Ketimpangan

SOAL 1
Teori Dualisme Sosial dikemukakan oleh ….

SOAL 2
Peningkatan taraf hidup dan persatuan masyarakat di negara-negara Barat disebabkan oleh ….

SOAL 3
Masyarakat perkotaan yang relatif lebih terbuka menerima perubahan akan sangat mudah mencapai kemajuan karena berbagai hal berikut, kecuali ….

SOAL 4
Negara berkembang tidak akan dapat sepenuhnya mengikuti arah pembangunan negara-negara Barat, karena ….

SOAL 5
Ketika negara-negara berkembang memaksakan diri mencapai kemajuan dengan melakukan modernisasi, maka yang timbul adalah …

SOAL 6
Teori Kutub Pertumbuhan dikemukakan oleh ….

SOAL 7
Berikut adalah karakteristik kutub pertumbuhan, kecuali ….

SOAL 8
Di negara-negara berkembang, strategi kutub pertumbuhan telah menuai banyak kecaman karena ….

SOAL 9
Pernyataan yang tepat mengenai Teori Penyebab Ketimpangan adalah ….

SOAL 10
Tidak adanya keterkaitan antar pasar daerah akan menyebabkan ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel