Contoh Soal Menulis Teks Berita

Contoh Soal Menulis Teks BeritaMakna berita dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah 1 cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar; 2 laporan; 3 pemberitahuan; pengumuman. 
      Menurut Djafar Assegaf, berita adalah laporan tetang fakta atau ide yang termassa, yang dapat menarik perhatian pembaca, karena sesuatu yang luar biasa, penting, mencakup sisi human interest seperti humor, emosi, dan ketegangan. 
      Berita yang baik adalah berita yang koheren. Berita yang koheren berarti berita tersebut disusun dengan unsur-unsur yang saling berhubungan satu sama lain. Data dan fakta yang ada dalam berita bersifat saling melengkapi sehingga tersaji berita yang utuh dan jelas.
      Kamu pasti sudah pernah mempelajari unsur-unsur berita yang kerap disingkat 5W+1H. 5W+1H yaitu What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (di mana), Why (mengapa), dan How (Bagaimana). Keenam unsur tersebut perlu dimasukkan dalam berita untuk memenuhi syarat berita yang baik. 
      Selain unsur berita, struktur (susunan) berita juga penting kamu perhatikan. Struktur berita yang lengkap dijelaskan sebagai berikut.

➢ Headline : judul berita
➢ By-line : identitas reporter.
➢ Pengantar : informasi dasar (siapa, apa, di mana, kapan)
➢ Isi : fakta pendukung dan lebih rinci tentang apa, siapa, di mana, kapan, dari yang penting sampai yang kurang penting.
➢ Tail : fakta kurang penting.
Contoh Soal Menulis Teks Berita

SOAL 1
Tata bahasa yang tepat untuk menulis teks berita adalah ....

SOAL 2
Di antara kalimat berita berikut yang memuat unsur di mana adalah ....

SOAL 3
Di antara kalimat berita berikut yang memuat unsur siapa adalah ....

SOAL 4
Perhatikan teks berita berikut!
Banjir susulan menambah derita warga yang tinggal di sekitar bantaran Kali Ciliwung (1) Ini akibat hujan masih terus mengguyur kawasan Bogor (2) Akhir-akhir ini menjadikan harga air bersih terus naik (3) Bahkan, hujan deras yang terjadi di Selatan Jakarta itu membuat ketinggian air di pintu air Katulampa meningkat (4) Ketinggian air mencapai 180 cm dari batas normal 150 cm (5)
Dalam teks berita di atas, kalimat yang tidak koheren (tidak berhubungan) dengan topik berita adalah ....

SOAL 5
Pemutaran perdana film Surga yang Tak Dirindukan (SYTD) pada 15 Juli 2015 di beberapa kota besar di Indonesia terbilang cukup sukses. Film yang dibintangi Laudya Cynthia Bella, Fedi Nuril, dan Raline Shah ini menarik animo masyarakat untuk menonton. Kuntz Agus menjadi sutradara film ini. Film SYTD ini merupakan hasil adaptasi dari novel karya Asma Nadia yang berjudul sama. Asma Nadia saat ini tengah menulis buku baru.
Kalimat yang rancu dan tidak koheren dalam paragraf di atas adalah ....

SOAL 6
Di antara pilihan kalimat berita berikut yang termasuk kategori tail adalah ....

SOAL 7
Musim kemarau yang cukup panjang tahun ini mulai membawa dampak. Para peternak sapi potong mulai resah karena kesulitan untuk memperoleh rumput. Rumput sulit didapatkan karena kekurangan air yang menyebabkan rumput meranggas. Kekurangan ladang rumput tersebut menjadi penyebab minimnya jumlah populasi sapi potong di Jawa Tengah.
Unsur what (apa) yang disampaikan dalam teks berita di atas adalah ....

SOAL 8
Di antara pilihan topik berita berikut yang mengandung unsur kebaruan adalah ....

SOAL 9
Para buruh memenuhi halaman parkir pabrik. Para buruh itu menuntut pembayaran tunjangan hari raya yang belum juga cair. Mereka berkumpul sejak pukul 07.00 WIB. Mereka kesal karena hanya diberi janji oleh pihak manajer.
Unsur berita yang terdapat dalam teks berita di atas secara berurutan adalah ....

SOAL 10
Seseorang akan membuat pengantar dari berita yang ia tulis. Headline yang sudah ditentukan sebagai berikut.
Siswa Indonesia kembali menjadi bintang di Olimpiade Sains.
Pengantar yang tidak koheren dengan headline adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel