Contoh Soal Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks Iklan
Contoh Soal Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks Iklan - Pengertian iklan seperti diuraikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah (1) berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; (2) pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Dari pengertian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa iklan harus bisa dimengerti oleh orang banyak/khalayak agar maksud iklan itu sendiri tersampaikan dengan baik. Iklan yang baik seharusnya mampu menggiring opini calon konsumen agar tertarik pada sesuatu yang diiklankan.
Untuk membuat teks iklan yang menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. mengetahui siapa sasaran iklan dan bagaimana seleranya,
2. mengetahui seluk-beluk produk dengan segala keunggulan yang akan ditonjolkan, misalnya dari aspek kegunaan/manfaat, harga, daya tahan, kenyamanan, dan lain-lain,
3. meskipun memuji, iklan harus tetap jujur, objektif, dan jelas/komunikatif.
Struktur teks iklan terbagi menjadi tiga, yaitu (1) orientasi, (2) tubuh iklan, dan (3) justifikasi. Struktur tersebut membangun iklan dengan baik. Namun dalam banyak hal, struktur teks iklan tidak dapat diurai dengan jelas karena bentuknya yang sangat sederhana atau bahkan sangat kompleks, seperti iklan pada media televisi yang berupa gambar audiovisual atau pada media baliho tempat iklan hanya berupa gambar abstrak maupun tanda.
Makna kalimat “Kami beli dengan harga tertinggi” adalah ....
Jenis majas yang digunakan dalam kalimat iklan di atas adalah ....
Majas yang digunakan dalam teks iklan tersebut adalah ....
Untuk membuat teks iklan yang menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. mengetahui siapa sasaran iklan dan bagaimana seleranya,
2. mengetahui seluk-beluk produk dengan segala keunggulan yang akan ditonjolkan, misalnya dari aspek kegunaan/manfaat, harga, daya tahan, kenyamanan, dan lain-lain,
3. meskipun memuji, iklan harus tetap jujur, objektif, dan jelas/komunikatif.
Struktur teks iklan terbagi menjadi tiga, yaitu (1) orientasi, (2) tubuh iklan, dan (3) justifikasi. Struktur tersebut membangun iklan dengan baik. Namun dalam banyak hal, struktur teks iklan tidak dapat diurai dengan jelas karena bentuknya yang sangat sederhana atau bahkan sangat kompleks, seperti iklan pada media televisi yang berupa gambar audiovisual atau pada media baliho tempat iklan hanya berupa gambar abstrak maupun tanda.
SOAL 1
Perhatikan iklan berikut.
Majas yang digunakan dalam kalimat “Soal kualitas, PUSATPC tiada bandingan!” adalah ....
Majas yang digunakan dalam kalimat “Soal kualitas, PUSATPC tiada bandingan!” adalah ....
SOAL 2
Makna kalimat “Kami beli dengan harga tertinggi” adalah ....
SOAL 3
Kalimat iklan berikut yang mengandung istilah bidang perbankan adalah ....
SOAL 4
Jenis majas yang digunakan dalam kalimat iklan di atas adalah ....
SOAL 5
Penggunaan kalimat iklan berikut yang paling benar adalah ....
SOAL 6
Majas yang digunakan dalam teks iklan tersebut adalah ....
SOAL 7
Di antara pilihan teks iklan berikut, teks iklan yang menggunakan kalimat pertanyaan retoris adalah ....
SOAL 8
Teks iklan berikut yang ditulis menggunakan majas eponim adalah ....
SOAL 9
Fungsi gambar empek-empek yang terdapat dalam iklan di atas adalah ....
SOAL 10
Perhatikan teks iklan berikut.
Dilihat dari bahasa yang digunakan, objek teks iklan di atas adalah ....
Dilihat dari bahasa yang digunakan, objek teks iklan di atas adalah ....