Contoh Soal Karakteristik dan Dasar Stratifikasi Sosial

Contoh Soal Karakteristik dan Dasar Stratifikasi SosialMengenai stratifikasi sosial, terdapat sejumlah karakteristik yang dapat diuraikan sebagai berikut:
a) Perbedaan dalam kemampuan dan kesanggupan. Anggota masyarakat yang menduduki lapisan (strata) tinggi, tentu memiliki kesanggupan dan kemampuan lebih besar dibandingkan anggota masyarakat yang berada pada lapisan di bawahnya.
b) Perbedaan dalam gaya hidup (lifestyle). Gaya hidup dapat diidentikkan dengan suatu ekspresi dan simbol untuk memperlihatkan identitas diri atau kelompok yang menduduki suatu lapisan tertentu dalam masyarakat. Golongan elite (kaya), misalnya, mengembangkan gaya hidup tersendiri untuk membedakannya dari golongan masyarakat miskin.
c) Perbedaan dalam hal hak dan akses untuk memanfaatkan sumber daya. Seseorang yang menduduki jabatan tinggi biasanya akan memperoleh sejumlah besar hak dan fasilitas. Sementara itu, bagi seseorang yang tidak menduduki jabatan strategis apa pun tentu hak dan fasilitas yang dapat dinikmati sangat sedikit jumlahnya.

Contoh Soal Karakteristik dan Dasar Stratifikasi Sosial


SOAL 1
Penjenjangan masyarakat menjadi hubungan atasan-bawahan atas dasar kekuasaan, kekayaan, dan kehormatan, disebut….

SOAL 2
Salah satu ukuran yang menjadi dasar penggolongan anggota-anggota masyarakat dalam pelapisan sosial tertentu ialah….

SOAL 3
Berikut ini yang tidak termasuk dasar stratifikasi sosial adalah….

SOAL 4
Penggunaan istilah ‘Raden’, ‘Cut’, dan ‘Andi’ di masyarakat Indonesia menunjukkan….

SOAL 5
Individu dalam lapisan sosial teratas di masyarakat berdasarkan kriteria ekonomi mempunyai status terhormat karena faktor….

SOAL 6
Pembagian kasta seperti pada masyarakat Hindu di Bali merupakan stratifikasi sosial yang penggolongannya berdasarkan….

SOAL 7
Kekayaan, kekuasaan, dan pendidikan merupakan dasar penggolongan masyarakat secara….

SOAL 8
Unsur utama dalam pembentukan pelapisan sosial adalah….

SOAL 9
Konsekuensi diferensiasi dan stratifikasi sosial terhadap kehidupan sosial adalah terjadinya dua proses penting, yaitu….

SOAL 10
Dampak negatif dari stratifikasi sosial adalah timbulnya diskriminasi sosial. Diskriminasi tersebut akhirnya dapat mengarah pada….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel