Contoh Soal Bentuk Stratifikasi dan Jumlah Lapisan dalam Masyarakat

Contoh Soal Bentuk Stratifikasi dan Jumlah Lapisan dalam MasyarakatMenurut Soerjono Soekanto, ditilik dari bentuknya, stratifikasi sosial dapat dibedakan menjadi:
a) Stratifikasi sosial tertutup (closed social stratification)
Anggota dari setiap strata sulit atau tidak mungkin sama sekali mengadakan mobilitas vertikal. Dan kalaupun ada mobilitas, terbatas pada yang sifatnya horizontal.
b) Stratifikasi sosial terbuka (opened social stratification)
Kemungkinan mobilitas sangat besar. Setiap anggota masyarakat bebas melakukan mobilitas sosial, baik vertikal maupun horizontal.
c) Stratifikasi sosial campuran
Perpaduan antara stratifikasi sosial tertutup dan terbuka. Misalnya, seorang anggota kasta Brahmana yang pindah ke lingkungan baru.

Contoh Soal Bentuk Stratifikasi dan Jumlah Lapisan dalam Masyarakat


SOAL 1
Orang yang menduduki pelapisan berbeda akan memiliki kekuasaan, privilese, dan prestise berbeda. Hal ini merupakan konsekuensi dari …

SOAL 2
Wawan adalah anak seorang karyawan biasa. Namun, karena bakat, kegigihan, dan keuletannya, kini ia berhasil menjadi gitaris dari sebuah band yang sangat sukses. Kemampuan Wawan untuk meningkatkan status sosialnya hanya mungkin terjadi pada sistem pelapisan sosial ….

SOAL 3
Pak Ananda memiliki status sosial tinggi dalam masyarakat karena ia merupakan salah satu Kepala Dinas dalam jajaran pemerintahan daerah. Hal ini menunjukan pelapisan sosial yang terjadi karena ….

SOAL 4
Pelapisan sosial berdasarkan sistem kasta bersifat tertutup, sebab ….

SOAL 5
Pada masyarakat industri, sistem pelapisan sosialnya lebih bersifat ….

SOAL 6
Ada anggapan bahwa individu yang mempunyai status lebih tinggi memiliki kesempatan hidup lebih baik daripada status sosial rendah. Ini disebut ….

SOAL 7
Salah satu ciri dari stratifikasi sosial tertutup, yaitu ….

SOAL 8
Memberikan kebebasan kepada individu untuk memperbaiki nasib merupakan sifat dari stratifikasi ….

SOAL 9
Memperhatikan sistem stratifikasi sosial yang dibentuk dalam masyarakat kota, lapisan teratas ditempati oleh ….

SOAL 10
Akibat seringnya timbul persoalan dalam masyarakat yang diakibatkan stratifikasi sosial, maka musyawarah memiliki makna penting. Berikut ini yang tidak termasuk makna penting dari musyawarah, yakni ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel