Contoh Soal Hakikat Kriminalitas, Bentuk, dan Penanggulangan

Contoh Soal Hakikat Kriminalitas, Bentuk, dan PenanggulanganKriminalitas adalah salah satu masalah sosial yang hingga kini masih ada dalam masyarakat. 
ecara awam, kriminalitas atau kejahatan sering dipersamakan dengan perilaku menyimpang. Hal ini sesungguhnya tidak tepat. Memang, kriminalitas selalu merupakan perilaku menyimpang. Namun, perilaku menyimpang tak serta-merta tergolong kriminalitas. Sebagai contoh, memakai sandal yang sudah usang ke acara resmi atau menarik diri dari pergaulan adalah perilaku menyimpang, tapi jelas bukan kriminalitas. Suatu perilaku menyimpang hanya dapat dikategorikan sebagai kriminalitas jika melanggar hukum (pidana atau pun perdata), mengakibatkan kerugian, serta mengancam jiwa atau keselamatan orang lain.

Contoh Soal Hakikat Kriminalitas, Bentuk, dan Penanggulangan


SOAL 1
Kriminalitas atau kejahatan adalah suatu perbuatan yang dianggap sebagai kejahatan, melanggar aturan atau hukum yang berlaku dalam masyarakat, dan mendapat reaksi dari lembaga yang bertugas menegakkan hukum. Hal ini dikemukakan oleh ….

SOAL 2
Berikut adalah asumsi Teori Biologi Kriminal, kecuali ….

SOAL 3
Kriminalitas merupakan tindakan manusia yang melanggar hukum negara. Ini adalah definisi kriminalitas menurut ….

SOAL 4
Yochelson mengemukakan bahwa para penjahat umumnya memiliki pola berpikir abnormal sehingga membuat mereka memutuskan untuk melakukan ….

SOAL 5
Penyalahgunaan narkoba/napza merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang sekaligus kriminalitas, karena ….

SOAL 6
Setelah perceraian kedua orang tuanya, Donny sering membolos dari sekolah dan akhirnya terjerumus menggunakan obat-obatan terlarang. Contoh tersebut merupakan tindak kriminalitas yang dilatarbelakangi oleh faktor….

SOAL 7
Ada banyak teori mengenai kriminalitas. Teori yang mengatakan bahwa penyimpangan atau kriminalitas dipelajari melalui proses alih budaya, bersumber pada pergaulan yang berbeda ialah ….

SOAL 8
Cara persuasif terjadi apabila pengendalian sosial ditekankan pada usaha untuk ….

SOAL 9
Cara koersif dalam penanggulangan kriminalitas menekankan pada ….

SOAL 10
Lembaga pengendalian sosial yang, berdasarkan peraturan perundangan, berhak menjatuhkan hukuman terhadap pelaku kriminalitas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel