Contoh Soal Evaluasi Teks Iklan
Contoh Soal Evaluasi Teks Iklan - Setelah kita memahami struktur dan kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks iklan, kita dapat mengevaluasi bentuknya. Hal ini bertujuan agar kita dapat menilai, mengkritik, dan memperbaiki teks iklan tersebut.
Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita evaluasi dari teks iklan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita evaluasi dari teks iklan.
1. Evaluasi penggunaan struktur
Berdasarkan materi sebelumnya, telah kita pahami bahwa struktur teks iklan terdiri atas orientasi tubuh iklan justifikasi. Dalam mengevaluasi sebuah teks berita, kita bisa menganalisis struktur yang dimiliki oleh suatu iklan. Apakah lengkap atau hanya menggunakan sebagian saja?
Berdasarkan materi sebelumnya, telah kita pahami bahwa struktur teks iklan terdiri atas orientasi tubuh iklan justifikasi. Dalam mengevaluasi sebuah teks berita, kita bisa menganalisis struktur yang dimiliki oleh suatu iklan. Apakah lengkap atau hanya menggunakan sebagian saja?
2. Evaluasi penggunaan bahasa
Sebagai media penyampaian informasi produk/jasa sekaligus upaya persuasif agar masyarakat tertarik dengan produk/jasa tersebut, bahasa iklan sering kali menggunakan bahasa yang sederhana, mudah diingat, dan mudah pula dipahami. Oleh karena itu, kalimat yang panjang dan berbelit-berbelit selalu dihindari dalam iklan. Pilihan kata yang digunakan harus berima, memiliki persamaan bunyi, dan menggunakan pilihan kata yang dianggap penting.
Sebagai media penyampaian informasi produk/jasa sekaligus upaya persuasif agar masyarakat tertarik dengan produk/jasa tersebut, bahasa iklan sering kali menggunakan bahasa yang sederhana, mudah diingat, dan mudah pula dipahami. Oleh karena itu, kalimat yang panjang dan berbelit-berbelit selalu dihindari dalam iklan. Pilihan kata yang digunakan harus berima, memiliki persamaan bunyi, dan menggunakan pilihan kata yang dianggap penting.
Bahasa dalam media seharusnya juga menghindari menggunakan modalitas yang mengandung unsur kesangatan, seperti paling, amat, atau sangat. Penggunaan modalitas seperti ini membuat iklan menjadi tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, kalimat pada iklan harus lebih banyak mengandung fakta daripada opini dan idealnya adalah tidak menipu masyarakat.
Jangan pernah lupakan bahwa penggunaan kalimat dalam iklan tidak akan terlepas dari adanya kalimat persuasif, argumentatif, dan deklaratif, atau bahkan interogatif. Variasi penggunaan keempat jenis kalimat tersebut akan membuat iklan menjadi semakin menarik.
3. Evaluasi penggunaan ejaan
Kemudahan pemahaman bahasa iklan juga ditunjang oleh ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca. Kesalahan penggunaan tanda baca (atau direalisasi dengan intonasi jika berbentuk lisan) akan menimbulkan gangguan dalam pemahaman terhadap apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
Kemudahan pemahaman bahasa iklan juga ditunjang oleh ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca. Kesalahan penggunaan tanda baca (atau direalisasi dengan intonasi jika berbentuk lisan) akan menimbulkan gangguan dalam pemahaman terhadap apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
4. Evaluasi penggunaan unsur
Unsur yang dimaksud di sini meliputi segala hal di luar penggunaan bahasa dan ejaan, seperti jenis media atau penggunaan jenis pesan nonverbal, misalnya, gambar, tanda, atau simbol.
Unsur yang dimaksud di sini meliputi segala hal di luar penggunaan bahasa dan ejaan, seperti jenis media atau penggunaan jenis pesan nonverbal, misalnya, gambar, tanda, atau simbol.
SOAL 1
Berikut ini hal yang dievaluasi dalam teks iklan, kecuali .…
SOAL 2
Berikut ini yang merupakan tujuan mengevaluasi teks iklan adalah ….
SOAL 3
Perhatikan contoh iklan berikut!
Berikut ini yang merupakan pernyataan yang tepat terkait evaluasi iklan di atas .…
Berikut ini yang merupakan pernyataan yang tepat terkait evaluasi iklan di atas .…
SOAL 4
Perhatikan teks iklan berikut!
Berikut ini adalah evaluasi yang paling tepat terkait teks iklan di atas .…
Berikut ini adalah evaluasi yang paling tepat terkait teks iklan di atas .…
SOAL 5
Hal yang dapat dinilai dari penggunaan bahasa iklan adalah sebagai berikut, kecuali ….
SOAL 6
Perhatikan teks iklan berikut!
Kalimat argumentasi yang tepat agar iklan di atas menjadi lebih efektif adalah .…
Kalimat argumentasi yang tepat agar iklan di atas menjadi lebih efektif adalah .…
SOAL 7
Perhatikan teks iklan di bawah ini!
Jika iklan di atas dianggap tidak cukup efektif dalam menyampaikan pesan, alasan yang tepat adalah karena ….
Jika iklan di atas dianggap tidak cukup efektif dalam menyampaikan pesan, alasan yang tepat adalah karena ….
SOAL 8
Cermati teks iklan di bawah ini!
Berikut ini pernyataan yang tidak tepat terkait evaluasi pada teks iklan di atas adalah .…
Berikut ini pernyataan yang tidak tepat terkait evaluasi pada teks iklan di atas adalah .…
SOAL 9
Perhatikan teks iklan berikut!
Pernyataan evaluasi yang tepat terkait teks iklan di atas adalah .…
Pernyataan evaluasi yang tepat terkait teks iklan di atas adalah .…
SOAL 10
Perhatikanlah teks iklan di bawah ini!
Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kita nilai terkait kekurangan teks iklan di atas, kecuali .…
Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kita nilai terkait kekurangan teks iklan di atas, kecuali .…