Diagram dan Grafik

Diagram dan Grafik  
Kita hidup dalam dunia yang penuh dengan angka dan perhitungan statistik. Kebutuhan akan penyajian data statistik meningkat ketika kita harus menyajikan sejumlah besar data dalam bentuk yang jelas dan mudah dimengerti. Oleh karena itulah, data disajikan dalam bentuk diagram dan grafik. 

Diagram dan Grafik
Diagram dan Grafik


Grafik garis
Grafik garis lebih banyak digunakan untuk menyajikan data statistik dalam ukuran besar, dibandingkan dengan jenis grafik yang lain, seperti grafik / diagram batang. 
Adapun grafik garis dibentuk dengan cara menempatkan titik-titik yang berkorespondensi dengan data dan kemudian menghubungkan seluruh titik tersebut dengan sebuah garis. Grafik garis ini sangat cocok jika digunakan untuk memperlihatkan tingkat kenaikan maupun tingkat penurunan sebuah data dalam kurun waktu tertentu. 

Diagram Titik
Diagram titik memberikan cara mudah dalam menyajikan data. Diagram ini tersusun atas sebuah garis bilangan dan titik-titik di atas garis, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Adapun titik-titik tersebut menyatakan nilai dari titik-titik data dalam sebuah himpunan data. 

Perhatikan contoh berikut ini untuk meningkatkan pemahaman kalian :

Contoh 1 : 

Kepala sekolah dari sekolah XYZ mengadakan sebuah survei untuk mengetahui kategori olahraga yang paling banyak disukai oleh siswa. Adapun survei tersebut dilakukan dengan menggunakan kuisioner.  Jika data yang diperoleh sesuai dengan data pada tabel, maka olahraga apakah yang paling disukai dan tidak disukai oleh siswa? 
A Badminton, cricket
B cricket, football
C football, table tennis
D basketball, soccer
E cricket, football

Jawaban : E
Penjelasan : 
Untuk menyajikan data dari tabel di atas, kita dapat membuat diagram batang sebagai berikut :
Sumbu vertikal pada diagram di atas menunjukkan jumlah siswa yang menyukai kategori olahraga tertentu. Adapun kategori olahraga ditunjukkan oleh sumbu horisontal. Bentuk batang dibentuk untuk menyatakan masing-masing kategori olahraga, dimana jumlah siswa yang menyukai kategori tersebut jumlahnya sama dengan panjang dari batang tersebut. 
Perlu diperhatikan bahwa masing-masing batang harus mempunyai lebar yang sama dan mempunyai jarak yang sama dengan batang yang lain, sehingga perbedaan nilai untuk setiap kategori dapat dilihat dengan jelas. 
Selanjutnya, dengan melihat diagram batang di atas, dapat disimpulkan bahwa olahraga yang paling disukai oleh siswa adalah kategori olahraga dengan batang terpanjang, sedangkan olahraga yang paling tidak disukai oleh siswa adalah kategori olahraga dengan panjang batang terpendek. 

Contoh 2 : 
Sebuah tim survei telah mencatat populasi sebuah kota selama 10 tahun, dimulai dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2010.
Diantara tahun berapakah, jumlah populasi terbesar? Apa yang menjadi penyebab dari turunnya populasi antara tahun 2001-2002, 2005-2007 dan 2007-2008?

2009/2010, tingkat kematian > tingkat kelahiran
B 2002-2003, tingkat kematian > tingkat kelahiran
2008-2009, migrasi
D 2005-2006, migrasi
E 2008-2009, tingkat kematian > tingkat kelahiran 

Jawaban : A
Penjelasan
Dalam hal ini, kita perlu menggambar grafik garis untuk merepresentasikan data, seperti ditunjukkan oleh grafik di bawah (Catatan : populasi dalam ribuan). Selanjutnya, dengan melihat nilai pada sumbu vertikal, terlihat bahwa jumlah populasi terbesar adalah antara tahun 2009-2010. 
Adapun penurunan populasi kemungkinan besar disebabkan oleh tingkat kematian yang lebih tinggi daripada tingkat kelahiran.
Contoh 3 : 
Berikut ini adalah data nilai ujian siswa dalam mata pelajaran geografi : 


Contoh 3 : 
Berikut ini adalah data nilai ujian siswa dalam mata pelajaran geografi : 


Penjelasan 
Sebelum membuat diagram titik, kita harus menyusun kembali data nilai ujian dengan urutan dimulai dari nilai terkecil ke nilai terbesar dan membuat garis bilangan dari nilai terkecil ke nilai terbesar, kemudian barulah kita tempatkan titik-titik di atas garis bilangan tersebut, sesuai dengan data yang telah diberikan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel