Ciri - Ciri Makhluk hidup

Ciri - Ciri Makhluk hidup -  Adapun terbagi kepada 9 , yaitu : bernapas , memerlukan makanan , bergerak , pertumbuhan dan perkembangan , reproduksi , peka terhadap ransangan ,mengeluarkan zat sisa , melakukan adaptasi ,regulasi . yuk mari kita lihat penjelasannya dibawah :

Ciri - Ciri Makhluk hidup


1. Bernapas 
Bernafas yakni menghirup O2untuk oksidasi makanan, hingga mendapatkan daya serta keluarkan CO2sebagai zat bekas. Hewan vertebrata bernafas menggunakan paru-paru, ikan menggunakan insang, cacing menggunakan kulit. Tumbuhan, pada daun bernafas lewat stomata, pada batang lewat lentisel serta di akar lewat bulu-bulu akar. Manusia bernafas dengan paru-paru.

2.Memerlukan makanan 
Makhluk hidup membutuhkan makanan supaya mendapatkan kekuatan untuk pelihara serta menggerakkan kegiatan hidup. masing - masing memiliki cara tersendiri dalam menghasilkan makanan . Beberapa besar tumbuhan berbentuk autotrof, yakni menghasilkan/membuahkan makanan sendiri. misalnya Makanan tumbuhan yang berbentuk zat organik datang dari pengubahan zat anorganik (zat hara) dengan pertolongan cahaya matahari dalam sistem fotosintesis. Beberapa kecil makhluk hidup, sistem pembuatan makanannya memakai daya hasil dari reaksi kimia (kemosintesis).

3.Bergerak 
pergantian posisi, baik semua badan atau beberapa. Hal semacam ini dikarenakan oleh ada respon pada rangsang. Gerak yang dikerjakan pada tumbuhan diantaranya : gerak menutupnya daun putri malu bila disentuh, gerak ujung batang dari bawah ke atas ke arah cahaya matahari, serta gerak membukanya biji lamtoro dikarenakan pergantian kandungan air. Pada hewan juga ada gerak, diantaranya : gerak aktif pada hewan vertebrata yakni alat gerak berbentuk otot, gerak pasif pada hewan vertebrata yakni alat gerak berbentuk tulang, serta gerak pada manusia yakni jalan, lari dan sebagainya.

4.Pertumbuhan dan perkembangan
pertumbuhan yaitu menambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang irreversible. perkembangan  yaitu sistem menuju kedewasaan yang di pengaruhi oleh hormon, nutrisi serta lingkungan.

5. Reproduksi
Reproduksi yaitu perbanyak diri untuk menjaga kelestarian ragamnya. baik dengan cara kawin/generatif, yakni perkembangbiakan yang melibatkan sel telur serta sel sperma. ataupun
Dengan cara tidak kawin/vegetatif, yakni perkembangbiakan yg tidak melibatkan sel telur serta sel sperma, tetapi melibatkan sel badan.

6. Peka terhadap ransangan 
Setiap makhluk hidup tentunya memiliki kepekaan ransangan , misalnya : Pada tumbuhan, daun putri malu akan menutup dirinya apabila kita sentuh . Pada hewan, ayam saat fajar terbit bakal berkokok.
Manusia bila di beri bau yang merangsang bakal menutup hidungnya .

7. Mengeluarkan zat sisa
Semuanya sel penyusun badan makhluk hidup akan keluarkan beberapa zat yg tidak bermanfaat. Beberapa zat yg tidak bermanfaat itu beracun serta beresiko jika tertimbun pada badan. Tiap-tiap organisme mesti keluarkan zat bekas supaya tak meracuni badan. Beberapa zat yg tidak bermanfaat itu adalah zat bekas sistem metabolisme didalam sel. Sistem pengeluaran beberapa zat bekas dimaksud ekskresi.

8. Melakukan adaptasi 
Penyesuaian yaitu kekuatan makhluk hidup untuk beradaptasi pada lingkungan serta untuk menjaga diri. 

Ada tiga jenis penyesuaian, yakni : 

Penyesuaian morfologi, yakni penyesuaian diri pada alat-alat badannya. Contoh : burung elang memiliki kuku yang tajam untuk menerkam mangsa. Bunga teratai memiliki daun yang lebar untuk memperluas bagian penguapan. 

Penyesuaian fisiologi, yakni penyesuian diri pada lingkungan dengan manfaat alat-alat badan. Contoh : Manusia memberi jumlah sel darah merah apabila ada di pegunungan. Kotoran unta kering, namun urinenya kental .

Penyesuaian perilaku, yakni penyesuaian diri pada lingkungan dengan kelakuannya. Contoh : Bunglon merubah warna badannya, ikan paus nampak ke permukan dengan cara periodik.

9. Regulasi 
Regulasi yaitu sistem penyusunan kecocokan didalam badan organisme yang ditata oleh syaraf serta hormon.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel