20 Makanan Terbaik Untuk Gigi dan Tulang yang Kuat


Kita semua ingin umur indah dengan baik set gigi dan struktur tulang yang baik , karena mereka mencerminkan kesehatan secara keseluruhan dan kepribadian .

Untuk menjaga kesehatan yang baik dari dua set tersebut , hanya tergantung pada asupan kalsium yang cukup tidak cukup . Bahkan , beberapa nutrisi lain dan vitamin yang diperlukan untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi . Hari ini , Ms Sunita Pathania - Sr Terdaftar Ahli Gizi dan Diabetes Educator , Hidup Sehat Diet Clinic , Mumbai , dan Priya Kathpal - Ahli Gizi , Mumbai , daftar ke top 20 makanan untuk gigi dan tulang yang kuat .


Makanan Sehat # 1 : Apel

Stephen D' souza - Gigi Student at Universitas Terna mengatakan - apel adalah sikat gigi alami . Ini membantu untuk merangsang gusi Anda , meningkatkan aliran air liur di mulut dan mencegah penumpukan rongga seperti membersihkan permukaan gigi . Ditambah mereka sarat dengan berbagai vitamin dan mineral . Cobalah mengonsumsi apel penuh setelah makan malam Anda untuk membersihkan bagian interior dari gigi .

Makanan Sehat # 2 : Seledri

Seledri adalah senjata terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menjaga bakteri dalam mulut Anda di teluk . Seledri yang sarat dengan berbagai manfaat kesehatan gigi . Ketika Anda mengunyah seledri , hal ini membantu dalam memproduksi air liur lebih banyak di mulut Anda yang selanjutnya mencegah produksi plak . Makan sepotong seledri , seminggu sekali jika Anda ingin menyikat gigi secara alami .

Makanan Sehat # 3 : Air

Minum air sebanyak yang Anda bisa . Air membantu membersihkan mulut Anda serta membantu untuk membersihkan racun dalam tubuh Anda yang dapat membuat kerusakan gigi . Air membantu untuk menghasilkan air liur di mulut Anda yang deposito mineral penting ke dalam gigi . Hal ini juga membuat gusi Anda sangat terhidrasi dengan baik dan menyapu semua menit tersisa itu dari gigi . Cara terbaik untuk menjaga gigi Anda pembusukan bebas adalah dengan minum air yang cukup setelah setiap asupan makanan .

Makanan Sehat # 4 : Keju

Keju adalah pilihan yang sangat baik untuk membuat gigi kuat dan sehat . Keju juga mengandung kasein , yang membantu dalam memperkuat permukaan gigi Anda . Oleh karena itu , jika Anda rentan terhadap rongga , mulai mengunyah sepotong kecil keju untuk mencegah pembusukan .

Makanan Sehat # 5 : Cocoa

Cocoa sebenarnya baik untuk gigi Anda . Hal ini diisi dengan zat yang membantu untuk mengurangi peradangan gusi dan mencegah erosi gigi dan pembusukan . Jadi mulai menggigit dalam sepotong cokelat hitam , setelah hari yang stres di tempat kerja untuk mencerahkan suasana hati Anda dan untuk mencegah kerusakan gigi .

Makanan Sehat # 6 : Kiwi

Kiwi merupakan sumber vitamin C. jumlah yang tepat dari vitamin c dalam tubuh membantu dalam menjaga jaringan kolagen di gusi Anda , mencegah infeksi gusi , mengikatkan penyembuhan dan memperkuat gusi yang selanjutnya membantu dalam mencegah penyakit periodontal .

Makanan Sehat # 7 : Bawang

Meskipun Anda mungkin khawatir tentang bau napas Anda setelah makan bawang mentah , tetapi manfaat yang menawarkan hanya luar biasa . Bawang secara alami membersihkan tubuh dan mulut dengan menghilangkan bakteri berbahaya . Ini aksi menendang bakteri jauh membantu dalam mencegah kerusakan gigi .

Gusi bebas gula : Makanan Sehat # 8 : Permen Karet

Pop dalam permen karet bebas gula setelah makan , untuk mencegah kerusakan gigi . Gula alternatif dalam gusi ini membantu dalam mencegah serangan oleh bakteri yang dapat menurunkan enamel gigi . Plus, jika Anda terus mengunyah permen karet Anda untuk beberapa waktu Anda berolahraga juga yang akan memperkuat rahang Anda .

Makanan Sehat # 9 : biji wijen

Ini benih kecil kaya akan kalsium , yang membantu dalam menjaga gigi Anda sehat dan kuat . Selain itu, biji wijen melarutkan plak yang terbentuk dan membangun enamel gigi .

Makanan Sehat # 10 : Pears

Pir adalah berserat di alam , hal ini membantu dalam memproduksi air liur tambahan di mulut Anda . Ini juga memiliki efek menetralkan asam yang lebih besar pada permukaan gigi . Makan pir setiap hari untuk menjaga permukaan gigi Anda kuat dan sehat .

Makanan Sehat # 11 : Biji-bijian

Seluruh biji-bijian seperti beras merah , gandum , oat dan gandum adalah sumber karbohidrat kompleks , serat dan berbagai vitamin . Mengkonsumsi jumlah yang cukup biji-bijian dapat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama . Seluruh biji-bijian juga mengurangi kebutuhan tubuh untuk memetabolisme protein untuk energi. Proses ini melindungi jaringan otot . Selain itu, ia juga kaya magnesium yang membantu dalam penyerapan kalsium dari darah ke tulang untuk membuat tulang kuat dan sehat .

Makanan Sehat # 12 : Susu

Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik . Pilih susu skim atau rendah lemak untuk menjaga tingkat kalori Anda di cek . Hal ini juga mengandung nutrisi yang diperkaya lain seperti vitamin D , yang penting untuk kesehatan tulang .

Makanan Sehat # 13 : Sayuran berdaun hijau

Gelap sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bok choy merupakan sumber kalsium yang baik . Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan dosis harian kalsium dari makanan favorit jiwa tradisional , sawi dan lobak hijau . Pengaruh alkali makan diet kaya sayuran ini akan membantu Anda untuk memperkuat tulang dan mempromosikan pertumbuhan tulang dengan mencegah kehilangan kalsium . Juga, sterol ( hormon steroid ) yang diubah menjadi hormon , calciferol , diperlukan untuk penyerapan kalsium .

Makanan Sehat # 14 : Orange Juice

Jeruk adalah must-have untuk kekuatan tulang yang sehat karena mereka sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti vitamin , mineral dan kalsium . Mereka dapat terutama digunakan oleh individu yang memiliki intoleransi terhadap laktosa dan tidak dapat memperoleh kebutuhan kalsium harian mereka dari produk susu . Oleh karena itu , cobalah menggabungkan jeruk lebih dalam diet harian Anda untuk membantu tulang menjadi kuat dan sehat .

Makanan Sehat # 15 : Sardines

Sarden memiliki tingkat yang sangat tinggi kalsium dan vitamin D - yang keduanya memainkan peran penting dalam perkembangan tulang . Sesuai standar diet , makan tiga ons ikan sarden kalengan hampir sama dengan kalsium yang diperoleh dari satu cangkir susu .

Makanan Sehat # 16 : Salmon

Salmon merupakan sumber omega - 3 asam lemak dan vitamin D. Makan ikan yang lezat ini setidaknya dua kali sehari untuk menjaga tulang dan jantung sehat dan bugar .

Makanan Sehat # 17 : Susu kedelai

Susu kedelai merupakan sumber kalsium yang sangat baik . Kalsium dalam susu kedelai mudah diserap oleh tulang .

Makanan Sehat # 18 : Ragi


Ragi memiliki sekitar 330 mg sampai 350 mg kalsium per 100gms berat kering yang membuatnya salah satu yang paling dicari setelah sereal untuk meningkatkan status tulang . Sertakan ragi dalam sarapan Anda untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda .

Makanan Sehat # 19 : Tahu

Tofu merupakan sumber kalsium , protein , vitamin K dan magnesium . Menyelinap dalam jumlah kecil tahu dalam diet Anda akan meningkatkan kesehatan tulang Anda sangat .

Makanan Sehat # 20 : Kacang-kacangan


100gms Black gram dal ( urad dal ) memiliki sekitar 200mg kalsium . Juga kacang kedelai , Horsegram , kacang lima dan lentil dapat dimasukkan dalam diet harian seseorang untuk mendapatkan kuota yang dibutuhkan kalsium .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel