Contoh Soal Potensi Minyak Bumi Indonesia dan Pemanfaatannya

Contoh Soal Potensi Minyak Bumi Indonesia dan PemanfaatannyaSumber daya alam berikutnya yang dimiliki Indonesia adalah minyak bumi. Minyak bumi (petroleum) atau dikenal juga sebagai emas hitam merupakan cairan kental, cokelat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar yang terdapat pada lapisan teratas dari beberapa area di kerak bumi. Sebagaimana hutan, tidak semua negara memiliki minyak bumi. Kita patut bersyukur, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki minyak bumi. Jika kamu perhatikan peta sebaran minyak bumi dunia, tampak hanya negara-negara tertentu yang memiliki cadangan minyak bumi.
Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. Setelah itu, minyak bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan. Minyak bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia.
Minyak bumi telah digunakan oleh manusia sejak zaman kuno, dan sampai saat ini masih merupakan komoditas yang penting. Minyak bumi menjadi bahan bakar utama setelah ditemukannya mesin pembakaran dalam, semakin majunya penerbangan komersial, dan meningkatnya penggunaan plastik.
Lebih dari 4.000 tahun yang lalu, menurut Herodotus dan Diodorus Siculus, aspal telah digunakan sebagai konstruksi dari tembok dan menara Babylon; ada banyak lubang-lubang minyak di dekat Ardericca (dekat Babylon). Jumlah minyak yang besar ditemukan di tepi Sungai Issus, salah satu anak sungai dari Sungai Eufrat. Peninggalan dari Kerajaan Persia Kuno menunjukkan bahwa kebutuhan obat-obatan dan penerangan untuk kalangan menengah-atas menggunakan minyak bumi. Pada tahun 347, minyak diproduksi dari sumur yang digali dengan bambu di Cina.
Pada tahun 1850-an, Ignacy Łukasiewicz menemukan proses untuk mendistilasi minyak tanah dari minyak bumi, sehingga memberikan alternatif yang lebih murah daripada harus menggunakan minyak paus. Maka, dengan segera, pemakaian minyak bumi untuk keperluan penerangan melonjak drastis di Amerika Utara. Sumur minyak komersial pertama di dunia yang digali terletak di Polandia pada tahun 1853. Pengeboran minyak kemudian berkembang sangat cepat di banyak belahan dunia lainnya, terutama saat Kerajaan Rusia berkuasa. Perusahaan Branobel yang berpusat di Azerbaijan menguasai produksi minyak dunia pada akhir abad ke-19.

Contoh Soal Potensi Minyak Bumi Indonesia dan Pemanfaatannya

Pilihan Tunggal
Minyak bumi dapat ditemui di lokasi berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Berikut yang bukan merupakan karakteristik minyak bumi ialah ....
Pilihan Tunggal
Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai ....
Pilihan Tunggal
Minyak bumi diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan ….
Pilihan Tunggal
Dalam sumur minyak, terkadang juga terdapat kandungan ....
Pilihan Tunggal
Lebih dari 4.000 tahun yang lalu, aspal telah digunakan sebagai konstruksi dari ….
Pilihan Tunggal
Peninggalan dari Kerajaan Persia Kuno menunjukkan bahwa minyak bumi digunakan untuk pembuatan ....
Pilihan Tunggal
Pada tahun 347, minyak diproduksi dari sumur yang digali dengan bambu di ….
Pilihan Tunggal
Ignacy Łukasiewicz menemukan proses untuk mendistilasi minyak tanah dari minyak bumi pada tahun ....
Pilihan Tunggal
Sumur minyak komersial pertama di dunia yang digali terletak di ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel