Contoh Soal Perkembangan Organisasi Keagamaan

Contoh Soal Perkembangan Organisasi KeagamaanPerasaan akan timbulnya nasionalisme bangsa Indonesia telah tumbuh sejak lama, bukan secara tiba-tiba. Nasionalisme tersebut masih bersifat kedaerahan, belum bersifat nasional. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui mengenai perkembangan organisasi keagamaan.

Muhammadiyah adalah organisasi Islam modern yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912 oleh K.H. Ahmad Dahlan. Muhammadiyah berarti ‘umat Muhammad’ atau ‘pengikut Muhammad’. Dengan nama ini memiliki harapan dapat mencontoh segala jejak perjuangan dan pengabdian Nabi Muhammad SAW. Tujuan yang ingin dicapai adalah:
• memajukan pengajaran berdasarkan agama Islam, dan
• memupuk keimanan dan ketaqwaan para anggotanya.
Dalam rangka mencapai tujuan itu, Muhammadiyah melakukan beberapa upaya berikut:
1) Mendirikan sekolah-sekolah (bukan pondok pesantren) dengan pengajaran agama dan kurikulum yang modern.
2) Mendirikan rumah sakit dengan nama Pusat Kesengsaraan Umum (PKU).
3) Mendirikan rumah yatim piatu.
4) Mendirikan perkumpulan kepanduan Hisbul Wathan.
Persyarikatan Muhammadiyah didirikan demi mendukung usaha K.H. Ahmad Dahlan untuk memurnikan ajaran Islam yang menurut anggapannya, banyak dipengaruhi hal-hal mistik. Kegiatan ini pada awalnya juga memiliki basis dakwah untuk wanita dan kaum muda berupa pengajian Sidratul Muntaha. Selain itu, peran dalam pendidikan diwujudkan dalam pendirian sekolah dasar dan sekolah lanjutan, yang dikenal sebagai Hogere School Moehammadijah dan selanjutnya berganti nama menjadi Kweek School Moehammadijah (sekarang dikenal dengan Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta khusus laki-laki, yang bertempat di Jalan S. Parman no 68 Patangpuluhan kecamatan Wirobrajan dan Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta khusus Perempuan, di Suronatan Yogyakarta - saat ini menjadi Sekolah Kader Muhammadiyah-- yang bertempat di Yogyakarta dan dibawahi langsung oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Gerakan Muhammadiyah banyak mendapat simpati termasuk pemerintah kolonial Belanda karena perjuangannya tidak bersifat konfrontatif (menentang). Dalam Kongres Muhammadiyah yang berlangsung dari tanggal 12 - 17 Maret 1925 di Yogyakarta, diperbincangkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pengajaran Islam, media massa Islam, dan buku-buku tentang Islam yang berbahasa Jawa.
Dalam perkembangannya, Muhammadiyah menghadapi tantangan dari golongan Islam konservatif. Mereka melihat Muhammadiyah begitu terbuka terhadap kebudayaan Barat sehingga khawatir kemurnian Islam akan dirusakkan. Oleh karena itu, para ulama mendirikan Nahdlatul Ulama pada tahun 1926 di Kota Surabaya. Organisasi ini dipimpin oleh K.H. Hasjim Asy'ari sebagai Rais Akbar. Untuk menegaskan prisip dasar NU, maka K.H. Hasjim Asy'ari merumuskan Kitab Qanun Asasi (prinsip dasar), kemudian juga merumuskan Kitab I'tiqad Ahlussunnah Wal Jamaah. Kedua kitab tersebut kemudian diejawantahkan dalam khittah NU, yang dijadikan sebagai dasar dan rujukan warga NU dalam berpikir dan bertindak dalam bidang sosial, keagamaan dan politik.
Di samping Muhammadiyah dan NU, gerakan keagamaan lain yang memiliki andil bagi kemajuan bangsa ialah:
a) Jong Islamienten Bond, berdiri tanggal 1 Januari 1925 di Jakarta.
b) Nahdlatul Wathan, berdiri tahun 1932 di Pacor, Lombok Timur.

Contoh Soal Perkembangan Organisasi Keagamaan

Pilihan Tunggal
Muhammadiyah didirikan pada tanggal ....
Pilihan Tunggal
Muhammadiyah dapat dimaknai sebagai pengikut ….
Pilihan Tunggal
Muhammadiyah bertujuan memajukan pengajaran berdasarkan ....
Pilihan Tunggal
Muhammadiyah mendirikan rumah sakit dengan nama ….
Pilihan Tunggal
Persyarikatan Muhammadiyah didirikan demi mendukung usaha K.H. Ahmad Dahlan untuk memurnikan ajaran Islam yang banyak dipengaruhi ….
Pilihan Tunggal
Pendirian Hogere School Moehammadijah menunjukkan kepedulian Muhammadiyah pada bidang ....
Pilihan Tunggal
Dalam Kongres Muhammadiyah yang berlangsung dari tanggal 12 - 17 Maret 1925 di Yogyakarta, diperbincangkan masalah berikut, kecuali ...
Pilihan Tunggal
Para ulama mendirikan Nahdlatul Ulama pada tahun ....
Pilihan Tunggal
Untuk menegaskan prisip dasar NU, maka K.H. Hasjim Asy'ari merumuskan Kitab Qanun Asasi yang berisi ….
Pilihan Tunggal
Nahdlatul Wathan berdiri pada tahun ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel