Contoh Soal Pengenalan Unsur

Contoh Soal Pengenalan UnsurPada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang zat. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang unsur. Pernahkah kalian belajar tentang susunan tubuh mahkluk hidup? Jika ya, dapatkah kalian menuliskan susunannya dari bagian terbsesar hingga terkecil? Tubuh mahkluk hidup terdiri dari sistem organ, organ, jaringan, dan sel.
        Sel merupakan komponen atau elemen terkecil penyusun tubuh manusia. Ternyata hal yang sama juga berlaku pada ilmu kimia. Dalam ilmu kimia juga terdapat elemen terkecil yang dinamakan unsur. Apakah unsur itu?
        Unsur adalah terjemahan bebas dari kata elemen. Contoh unsur adalah karbon. Karbon biasa terdapat di dalam nasi, kertas, tissu, bunga, meja, kursi, dan sebagainya. Jadi apakah unsur itu? Unsur didefinisikan sebagai bagian terkecil dari suatu zat yang masih memiliki sifat zat tersebut. Oleh karena itu, unsur tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil meskipun melalui reaksi kimia. Contoh unsur adalah besi, oksigen, tembaga, emas, perak, timbal, magnesium, dan sebagainya. Sampai saat ini telah ditemukan lebih dari 112 unsur.
        Sebagian unsur berhasil ditemukan dalam keadaan bebas seperti emas, namun kebanyakan unsur ditemukan dalam bentuk senyawa dengan unsur-unsur lainnya. Lalu bagaimana sejarah penemuan unsur? Mau tau? Berikut ini uraiannya.
🔢 Tahun 0 Masehi: berhasil diidentifikasi sembilan unsur, yaitu karbon, belerang, besi, tembaga, perak, seng, emas, raksa/ merkuri, dan timbal.
🔢 Abad ke-13: Berhasil ditemukan 40 unsur selain sembilan unsur di atas. Namun, masih terdapat kesulitan dalam mengenali dan membedakan antara beberapa unsur dan senyawa serta kesulitan dalam menentukan massa atomnya.
🔢 1817 – 1829: Berzelius memperkenalkan cara penulisan lambang unsur seperti yang kalian kenal sekarang, yaitu disimbolkan dengan satu atau dua huruf. Berzelius juga memperkenalkan massa atom dari 50 unsur yang telah dikenal saat itu. Penemuan unsur yang semakin banyak menuntut para ilmuwan untuk merumuskan penulisan lambang dan nama dari unsur yang ditemukan. Penulisan lambang dan nama unsur akan kalian pelajari pada topik selanjutnya.
        Setiap unsur memiliki sifat yang berbeda-beda. Perbedaan sifat unsur-unsur yang menyusun suatu zat akan menyebabkan perbedaan zat-zat yang dibentuknya. Selain karena perbedaan sifat unsurnya, perbedaan sifat zat yang terbentuk juga disebabkan oleh proses pembentukan zat tersebut. Di alam, unsur-unsur tidak ditemukan dalam keadaan bebas, melainkan begabung dengan unsur lainnya membentuk senyawa, hanya beberapa unsur yang dapat ditemukan dalam keadaan bebas, misalnya emas.
        Gabungan dari beberapa unsur yang terbentuk melalui reaksi kimia dinamakan senyawa. Air, gula, garam, bahkan oksigen ternyata merupakan gabungan dari beberapa unsur. Unsur di alam, pada suhu kamar (25o C), dapat berwujud padat, cair, maupun gas tergantung pada jenis unsurnya. Menurut sifat-sifatnya, unsur dapat dikategorigan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.
a. Unsur logam contohnya besi, tembaga, kalium, dan sebagainya.
b. Unsur nonlogam contohnya belerang, karbon, oksigen, dan sebagainya. 
c. Unsur semilogam atau disebut juga unsur metaloid, contohnya boron, silikon, dan sebagainya.
        Di dalam tubuh manusia terdapat unsur karbon, hidrogen, nitrogen, kalsium, dan masih banyak lagi unsur lainnya. Nitrogen merupakan komponen utama penyusun protein. Telah kalian ketahui bersama bahwa protein memiliki peranan yang sangat penting untuk proses regenerasi sel.
Untuk mengasah pemahaman kalian tentang pengenalan unsur, kerjakan soal-soal yang telah tersedia. Selamat belajar!!


Contoh Soal Pengenalan Unsur

Unsur dapat diartikan sebagai ....
Berikut ini yang merupakan unsur adalah ....
Berikut ini merupakan pengelompokan unsur, kecuali ....
Unsur kimia yang terdapat di dalam tulang manusia adalah ....
Jumlah unsur yang telah ditemukan hingga saat ini adalah ....
Jumlah unsur yang pertama kali ditemukan adalah ....
Berikut ini pernyataan yang tidak benar mengenai unsur adalah ....
Pada suhu 25o C, unsur dapat memiliki wujud berikut, kecuali ....
Unsur yang dapat diperoleh dalam keadaan bebas adalah ....
Gabungan dari beberapa unsur dinamakan ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel