Contoh Soal Letak Geografis Indonesia

Contoh Soal Letak Geografis Indonesia Letak geografis Indonesia adalah letak Indonesia dilihat dari kenyataan sebenarnya di muka bumi. Berdasarkan letak lintangnya, wilayah Indonesia berada di antara 6 derajat LU – 11 derajat LS. Wilayah Indonesia paling utara berada di Pulau Weh di Nanggroe Aceh Darussalam yang berada pada 6 derajat LU, untuk wilayah Indonesia paling berada di Pulau Roti di Nusa Tenggara Timur yang berada pada 11 derajat LS. Garis lintang merupakan garis khayal pada peta atau globe yang sejajar dengan khatulistiwa. Garis khatulistiwa membelah bumi menjadi dua bagian, yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis khatulistiwa atau disebut sebagai garis equator atau garis lini adalah garis lintang 0 derajat. Garis lintang ini dipergunakan untuk membagi wilayah iklim di bumi.
Garis Bujur Garis bujur adalah garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan antara kutub utara dan kutub selatan bumi. Bumi dibagi menjadi 180 derajat garis bujur (BT) dan 180 derajat garis bujur barat (BB). Perhitungan garis bujur 0 derajat ini dimulai dari Kota Greenwich dekat Kota London. Garis bujur dipergunakan untuk menentukan waktu suatu daerah dengan selisih garis bujur 15 derajat berarti waktuya selisih 1 jam dengan pergeseran arah ke timur waktu maju, sedangkan ke arah barat waktu mundur. Letak astronomis Indonesia yang berada di antara 95 derajat BT – 141 derajat BT membuat Indonesia memiliki tiga daerah waktu. Untuk wilayah Indonesia paling barat adalah di ujung utara pulau Sumatera yang berada pada 95 derajat BT, serta untuk wilayah Indonesia paling timur berada di Kota Merauke yang berada pada 141 derajat BT.
Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu benua Australia dan benua Asia, serta terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Indonesia berada pada posisi silang dunia. Pada posisi seperti ini, Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia. Itulah sebabnya mengapa sehingga Indonesia dianggap memiliki posisi yang strategis.
Letak geografis Indonesia menyebabkan beberapa hal sebagai berikut:
1) Indonesia berada pada persilangan lalu lintas dunia yang ramai sehingga menguntungkan dari segi ekonomi.
2) Indonesia memiliki tiga iklim utama, yaitu iklim musim (muson), iklim tropis (iklim panas), dan iklim laut.
3) Iklim musim terjadi karena pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Pada bulan Oktober-April, angin yang bertiup berasal dari barat daya yang bersifat basah sehingga menimbulkan musim hujan. Sementara itu, pada bulan April-Oktober angin bertiup berasal dari timur laut yang bersifat kering sehingga menimbulkan musim kemarau.
4) Iklim tropis menyebabkan udara rata-rata di Indonesia panas. Ini terjadi karena Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa.
5) Iklim laut disebabkan oleh kondisi Indonesia yang banyak dikelilingi laut dan samudera. Akibat dari iklim ini, Indonesia lebih banyak mengalami musim hujan.
Selain letak geografis di atas, Indonesia secara geografis berbatasan dengan negara-negara lain. Batas-batas geografis Indonesia dengan negara-negara lain adalah sebagai berikut:
• Sebelah utara berbatasan dengan negara Malaysia, Singapura, dan Filipina. 
• Sebelah Selatan berbatasan dengan negara Australia.
• Sebelah Timur berbatasan dengan Papua Nugini.
• Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Contoh Soal Letak Geografis Indonesia

Pilihan Tunggal
Letak geografis adalah posisi satu wilayah dilihat dari kenyataan sebenarnya di ....
Pilihan Tunggal
Letak geografis Indonesia berdasarkan garis lintang adalah ....
Pilihan Tunggal
Garis lintang pada globe atau tiruan bola bumi dapat ditemukan sejajar dengan ....
Pilihan Tunggal
Garis khatulistiwa berpengaruh langsung pada ...
Pilihan Tunggal
Perhitungan garis bujur dimulai dari Kota ....
Pilihan Tunggal
Posisi Indonesia pada garis bujur berpengaruh kepada pembagian zona waktu menjadi ....
Pilihan Tunggal
Letak 141 derajat BT di Indonesia berada pada Kota ....
Pilihan Tunggal
Letak geografis Indonesia berpengaruh pada iklim wilayah menjadi tiga iklim utama sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Di sebelah utara, wilayah Indonesia berbatasan dengan negara – negara berikut kecuali ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel