Contoh Soal Definisi dan Struktur Teks Tanggapan Kritis
Contoh Soal Definisi dan Struktur Teks Tanggapan Kritis - Kawan pernahkah kalian merenungkan bahwa betapa beruntungnya kita dilahirkan di Indonesia? Ya, di kala kita menonton film-film kesayangan kita, Film Korea misalnya, kok sepertinya enak hidup di sana. Padahal, kalau kalian coba pelajari lagi hidup di wilayah subtropis atau mediterania itu sangat sulit sekali. Mereka harus hidup di antara empat musim yang sangat ekstrem. Ketika mereka akan berangkat sekolah di musim dingin misalnya, mereka harus berhadapan dengan salju lebat dan suhu udara yang seolah-olah akan membuat darah kita membeku.
Bandingkanlah dengan hidup di suhu tropis seperti kita. Kita hanya hidup di dua musim. Dulu, kedua musim ini merupakan primadona yang dirindukan. Bahkan, banyak orang luar negeri yang bilang Indonesia itu surganya dunia karena musimnya yang sungguh ramah.
Sekarang? Kalian pasti pernah kesal dengan dua kemungkinan buruk ini; kemarau atau banjir. Nah itu dia, sayangnya, kita yang seharusnya bersyukur dengan keadaan alam kita itu, malah dengan sengaja membuat hal-hal buruk lebih dipermasalahkan daripada diselesaikan secara bersama-sama.
Sebetulnya, musim hujan merupakan saat-saat yang paling dirahmati penuh rahmat oleh bagi penduduk Indonesia. Karena musim tersebut digunakan oleh sebagian petani untuk menggarap lahan. Sebaliknya, karena sikap sebagian masyarakat lain yang tidak pernah peduli dengan alam, hujan menjadi musim yang ditakutkan karena katanya banyak banjir terjadi. Coba deh pelajari lagi asal usulnya, bukankah perbuatan sebagian besar dari kita juga yang mengundang banjir? Buang sampah ke Daerah Aliran Sungai, pendangkalan sungai oleh pembangunan rumah tanpa izin, banyaknya beton yang menghalangi penyerapan air, atau saluran pembuangan air yang sengaja ditutup.
Musim kemarau? Sama saja, jika orang-orang mediterania sangat suka dengan kemarau sebagai saat-saat liburan, di Indonesia malah terjadi banyak berita kekeringan dan kebakaran hutan. Sebabnya? Ya, perilaku manusia sendiri, dengan membabat hutan seenaknya, mengganti hutan dengan padang pohon sawit, penggunaan plastik berlebihan, dan sadarkah kalau AC yang kita gunakan juga berpengaruh pada cuaca panas ekstrem.
Fenomena bahasa alay tidak bisa dibendung begitu saja, karena menurut siswa-siswi kita, seperti itulah alat komunikasi (bahasa). Akan tetapi, lambat laun kebiasaan tersebut tentu akan mengikis jati diri bangsa dan merusak tatanan berbahasa Indonesia di masa yang akan datang. Di lain sisi, kenyataan ini menjadi "pekerjaan rumah" yang luar biasa bagi guru-guru bidang studi Bahasa Indonesia. Sayangnya, justru bahasa Indonesia selalu menjadi pelajaran yang malas untuk dipelajari siswa kita. Bahkan, stigma buruk muncul terhadap pelajaran bahasa Indonesia, hanya karena menjadi pelajaran yang nilainya paling kecil di Ujian Nasional.
Solusi lain dari beasiswa yang ditawarkan, berasal dari sumbangan ikhlas setiap siswa seluruh sekolah setiap harinya. Siswa disediakan kotak khusus yang berkeliling ke setiap kelas, sehingga dari uang jajan Rp500 rupiah saja, dapat diperoleh manfaat yang luar biasa setiap bulannya. ….
Bandingkanlah dengan hidup di suhu tropis seperti kita. Kita hanya hidup di dua musim. Dulu, kedua musim ini merupakan primadona yang dirindukan. Bahkan, banyak orang luar negeri yang bilang Indonesia itu surganya dunia karena musimnya yang sungguh ramah.
Sekarang? Kalian pasti pernah kesal dengan dua kemungkinan buruk ini; kemarau atau banjir. Nah itu dia, sayangnya, kita yang seharusnya bersyukur dengan keadaan alam kita itu, malah dengan sengaja membuat hal-hal buruk lebih dipermasalahkan daripada diselesaikan secara bersama-sama.
Sebetulnya, musim hujan merupakan saat-saat yang paling dirahmati penuh rahmat oleh bagi penduduk Indonesia. Karena musim tersebut digunakan oleh sebagian petani untuk menggarap lahan. Sebaliknya, karena sikap sebagian masyarakat lain yang tidak pernah peduli dengan alam, hujan menjadi musim yang ditakutkan karena katanya banyak banjir terjadi. Coba deh pelajari lagi asal usulnya, bukankah perbuatan sebagian besar dari kita juga yang mengundang banjir? Buang sampah ke Daerah Aliran Sungai, pendangkalan sungai oleh pembangunan rumah tanpa izin, banyaknya beton yang menghalangi penyerapan air, atau saluran pembuangan air yang sengaja ditutup.
Musim kemarau? Sama saja, jika orang-orang mediterania sangat suka dengan kemarau sebagai saat-saat liburan, di Indonesia malah terjadi banyak berita kekeringan dan kebakaran hutan. Sebabnya? Ya, perilaku manusia sendiri, dengan membabat hutan seenaknya, mengganti hutan dengan padang pohon sawit, penggunaan plastik berlebihan, dan sadarkah kalau AC yang kita gunakan juga berpengaruh pada cuaca panas ekstrem.
Begitulah kiranya gambaran materi kali ini. Ya, materi kita kali ini mengenai teks tanggapan kritis. Hal-hal penyelewengan di sekitar kita atau kejadian-kejadian yang tidak ideal dari seharusnya, dapat dijadikan bahasan tanggapan kritis.
Teks Tanggapan Kritis
Secara umum, teks tanggapan kritis adalah sebuah sebuah teks yang berisikan pandangan dan tanggapan mengenai permasalahan yang sedang ramai diperbincangkan. Dalam teks tanggapan kritis, seorang yang mengulas pandangan tersebut harus menyertainya dengan fakta dan argumen pendukung yang jelas.
Teks tanggapan kritis dikenali dengan struktur yang membangunnya, yakni:
1. Pernyataan Umum
Pernyataan Umum dalam tanggapan kritis diletakkan pada awal teks. Bagian ini berisikan permasalahan mendesak yang kita kaji atau hal penting yang kita tanggapi. Pada sumber lain, bagian ini disebut juga dengan evaluasi.
2. Deskripsi teks
Deskripsi teks merupakan penjelasan-penjelasan yang berisikan hal-hal yang penulis kritisi sesuai dengan permasalahan di awal teks. Pada bagian ini, penjelasan tersebut tentu didukung oleh bukti-bukti serta argumen-argumen yang menegaskan alasan kegawatan yang dikemukakan penulis terhadap hal yang ditanggapi.
3. Penegasan Ulang
Penegasan ulang berisikan sikap akhir penulis atau orang yang menanggapi permasalahan. Penegasan ulang menegaskan kembali apa yang dikritisi pada bagian pernyataan umum.
Teks tanggapan kritis dikenali dengan struktur yang membangunnya, yakni:
1. Pernyataan Umum
Pernyataan Umum dalam tanggapan kritis diletakkan pada awal teks. Bagian ini berisikan permasalahan mendesak yang kita kaji atau hal penting yang kita tanggapi. Pada sumber lain, bagian ini disebut juga dengan evaluasi.
2. Deskripsi teks
Deskripsi teks merupakan penjelasan-penjelasan yang berisikan hal-hal yang penulis kritisi sesuai dengan permasalahan di awal teks. Pada bagian ini, penjelasan tersebut tentu didukung oleh bukti-bukti serta argumen-argumen yang menegaskan alasan kegawatan yang dikemukakan penulis terhadap hal yang ditanggapi.
3. Penegasan Ulang
Penegasan ulang berisikan sikap akhir penulis atau orang yang menanggapi permasalahan. Penegasan ulang menegaskan kembali apa yang dikritisi pada bagian pernyataan umum.
Agar lebih kenal lagi mengenai teks tanggapan kritis mari kita perhatikan tabel bagian per bagian struktur dari teks tanggapan kritis berikut ini.
S1
Dari pemaparan tadi, suasana kelas diusahakan menjadi lebih terarah dan penuh inspirasi. Siswa menjadi lebih sadar tanggung jawabnya dan lebih disiplin dalam memanajemen waktu. Selain itu, siswa memahami target kompetensi pelajaran yang harus dicapai oleh mereka. Pemahaman ini pun berkaitan dengan ketuntasan belajar, artinya siswa mengenali kriteria-kriteria nilai yang mereka capai. Jika siswa tertentu mengerjakan tugas tidak sesuai kompetensi dasar yang diharapkan, siswa tersebut siap mengulangi materi yang dira-sanya kurang.
Kutipan teks di atas merupakan strukur bagian ….
S2
Perhatikan kutipan teks berikut!
Fenomena bahasa alay tidak bisa dibendung begitu saja, karena menurut siswa-siswi kita, seperti itulah alat komunikasi (bahasa). Akan tetapi, lambat laun kebiasaan tersebut tentu akan mengikis jati diri bangsa dan merusak tatanan berbahasa Indonesia di masa yang akan datang. Di lain sisi, kenyataan ini menjadi "pekerjaan rumah" yang luar biasa bagi guru-guru bidang studi Bahasa Indonesia. Sayangnya, justru bahasa Indonesia selalu menjadi pelajaran yang malas untuk dipelajari siswa kita. Bahkan, stigma buruk muncul terhadap pelajaran bahasa Indonesia, hanya karena menjadi pelajaran yang nilainya paling kecil di Ujian Nasional.
Penyebab penanggap mengkritisi bahasa alay adalah ….
S3
Simak baik-baik audio berikut!
Berikut ini adalah hal-hal yang dikhawatirkan oleh penanggap terhadap hampir punahnya masakan tradisional di Indonesia …
S4
Perhatikan kutipan teks berikut!
(1) Potensi inilah yang sering terlampau dinafikan oleh intelektual pendidikan di Indonesia. (2) Sistem pendidikan kita sudah berubah sebanyak 9 kali sejak Indonesia merdeka. (3) Hingga kini, semua sistem pendidikan yang diterapkan masih saja seperti “Sistem Kurikulum Rimba”. (4) Alhasil, siswa berpotensi “Macan Tutul” disuruh lulus tes belajar berenang dengan siswa yang berpotensi “Bebek” dan “Ikan Lumba-lumba”.
Fakta yang muncul terdapat pada kalimat dengan nomor ….
S5
Perhatikan kutipan teks berikut!
Solusi lain dari beasiswa yang ditawarkan, berasal dari sumbangan ikhlas setiap siswa seluruh sekolah setiap harinya. Siswa disediakan kotak khusus yang berkeliling ke setiap kelas, sehingga dari uang jajan Rp500 rupiah saja, dapat diperoleh manfaat yang luar biasa setiap bulannya. ….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penegasan ulang teks tanggapan kritis di atas adalah ….
S6
Perhatikan teks tanggapan kritis acak berikut!
a. Sedangkan, faktor-faktor lain yang telah dicapainya tidak dipertimbangkan, seperti misalnya betapa ramahnya dia dalam menghadapi fans di Australia, pembalap muslim pertama di F1, dan pembalap Asia termuda pertama di F1.
b. Mencermati berita-berita tentang sikap para netizens terhadap pembalap F1 asal Indonesia membuat banyak pengamat khawatir.
c. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah banyaknya komentar yang negatif dan tidak melihat betapa besarnya pengorbanan yang Rio berikan untuk Indonesia.
d. Komentar yang dilontarkan pun hanya berdasarkan kekurangberuntungan satu putaran pertandingan saja.
e. Kekhawatiran tersebut adalah mengenai betapa komentar yang disampaikan mengenai penampilan Rio tidak menyeluruh.
Urutan yang cocok agar teks acak tersebut jadi teks tanggapan kritis adalah ….
a. Sedangkan, faktor-faktor lain yang telah dicapainya tidak dipertimbangkan, seperti misalnya betapa ramahnya dia dalam menghadapi fans di Australia, pembalap muslim pertama di F1, dan pembalap Asia termuda pertama di F1.
b. Mencermati berita-berita tentang sikap para netizens terhadap pembalap F1 asal Indonesia membuat banyak pengamat khawatir.
c. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah banyaknya komentar yang negatif dan tidak melihat betapa besarnya pengorbanan yang Rio berikan untuk Indonesia.
d. Komentar yang dilontarkan pun hanya berdasarkan kekurangberuntungan satu putaran pertandingan saja.
e. Kekhawatiran tersebut adalah mengenai betapa komentar yang disampaikan mengenai penampilan Rio tidak menyeluruh.
Urutan yang cocok agar teks acak tersebut jadi teks tanggapan kritis adalah ….
S7
Simaklah secara saksama!
Alasan yang tepat terkait masalah dalam teks tanggapan kritis tersebut adalah ….
S8
Fenomena sinema elektronik atau lebih dikenal dengan sinetron sebetulnya sudah ada sejak tahun 1990-an silam. Namun, keberadaan sinetron saat itu masih terbatas. Justru dengan keterbatasan itu sinetron Indonesia era 1990-an sangat berkualitas. Sinetron-sinetron 1990-an diakui sebagai sinema terbaik layar kaca, baik dari penggarapan maupun ceritanya.
Inti informasi dari teks di atas adalah ….
S9
Diawali dengan suksesnya penayangan sinetron tersanjung di salah satu stasiun televisi swasta yang masih baru berdiri pada era itu. Cerita sederhana mengenai konflik kehidupan sehari-hari, tetapi dikemas dengan gaya yang sedang trend saat itu, menjadikan sinetron tersebut berhasil meraih hati juatan penonton, bahkan sampai dibuat sekuelnya 7 jilid.
Selain sinetron tersebut, sinetron-sinetron anak dan keluarga masih sangat ramai ditayangkan di televisi. tercatat, judul-judul seperi Keluarga Cemara, Si Doel Anak Sekolahan, Jin dan Jun, atau Bidadari. Sinetron-sinetron itu mengajarkan cinta kasih, perjuangan, saling memberi, dan kesederhanaan. Bandingkan dengan sinetron-sinetron sekarang yang sangat jauh dari pesan moral. Kehidupan-kehidupan bergelimang harta, huru hara, perkelahian, bahkan penghinaan terhadap sekolah yang tidak lulus sensor selalu menjadi tema utama film sinetron zaman sekarang.
Selain sinetron tersebut, sinetron-sinetron anak dan keluarga masih sangat ramai ditayangkan di televisi. tercatat, judul-judul seperi Keluarga Cemara, Si Doel Anak Sekolahan, Jin dan Jun, atau Bidadari. Sinetron-sinetron itu mengajarkan cinta kasih, perjuangan, saling memberi, dan kesederhanaan. Bandingkan dengan sinetron-sinetron sekarang yang sangat jauh dari pesan moral. Kehidupan-kehidupan bergelimang harta, huru hara, perkelahian, bahkan penghinaan terhadap sekolah yang tidak lulus sensor selalu menjadi tema utama film sinetron zaman sekarang.
Pokok bagian penegasan ulang yang tepat untuk melengkapi teks tanggapan kritis di atas adalah ….
S10
Menanggapi masalah ini, sudah saatnya wali murid memikirkan apa dan bagaimana keinginan putera-puterinya dapat terwujud, tentunya untuk masa depan mereka. Jangan sampai kehendak orang tua ternyata justru menghalangi bakat dan masa depan cerah anak-anaknya kelak.
Paragraf evaluasi yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah ….