Contoh Soal Simpulan Isi Informasi yang Runtut
Contoh Soal Simpulan Isi Informasi yang Runtut - Pembuatan simpulan ini adalah untuk bisa menringkas isi informasi yang disampaikan oleh informan atau penutur langsung. Berikut skema pembuatan simpulan dari informasi yang disampaikan secara langsung.
Informasi yang disampaikan → menyimak → pokok-pokok informasi → simpulan
Untuk menulis sebuah simpulan dari informasi yang disampaikan secara langsung atau melalui tuturan langsung, langkah-langkah yang bisa dilakukan di antaranya sebagai berikut.
1. Mendengarkan sebaik mungkin informasi yang disampaikan oleh penyampai informasi secara langsung. Penyampaian informasi secara langsung merupakan jenis penyampaian yang tidak akan dilakukan dua kali atau diulang-ulang. Oleh karena itu, langkah pertama yang penting untuk dilakukan agar bisa membuat simpulan dari informasi dengan tuturan langsung adalah mendengarkan dan menyimak sebaik mungkin.
2. Menentukan pokok-pokok informasi dengan cara yang sudah dijelaskan pada pelajaran sebelumnya. Pokok-pokok informasi ini berisi hal-hal penting yang terdapat di dalam isi informasi yang disampaikan.
3. Menuliskan kembali pokok-pokok informasi yang sudah didapatkan tersebut dengan menggunakan kalimat sendiri secara ringkas, padat, dan berisi. Langkah terakhir ini sudah masuk ke dalam langkah pembuatan simpulan akhir.
1. Mendengarkan sebaik mungkin informasi yang disampaikan oleh penyampai informasi secara langsung. Penyampaian informasi secara langsung merupakan jenis penyampaian yang tidak akan dilakukan dua kali atau diulang-ulang. Oleh karena itu, langkah pertama yang penting untuk dilakukan agar bisa membuat simpulan dari informasi dengan tuturan langsung adalah mendengarkan dan menyimak sebaik mungkin.
2. Menentukan pokok-pokok informasi dengan cara yang sudah dijelaskan pada pelajaran sebelumnya. Pokok-pokok informasi ini berisi hal-hal penting yang terdapat di dalam isi informasi yang disampaikan.
3. Menuliskan kembali pokok-pokok informasi yang sudah didapatkan tersebut dengan menggunakan kalimat sendiri secara ringkas, padat, dan berisi. Langkah terakhir ini sudah masuk ke dalam langkah pembuatan simpulan akhir.
Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Tidak Langsung
Informasi dari tuturan tidak langsung contohnya adalah rekaman dan informasi-informasi dari media cetak. Berikut skema pembuatan simpulan informasi dari tuturan tidak langsung.
Rekaman → menyimak atau mendengarkan → pokok-pokok informasi → simpulan
Informasi media cetak → membaca → pokok-pokok informasi → simpulan
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat simpulan informasi dari tuturan tidak langsung. Langkah-langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Untuk informasi berupa rekaman, dengarkan dan simak baik-baik informasi yang disampaikan dalam rekaman tersebut. Informasi yang ada di dalam rekaman pada mulanya merupakan informasi dengan tuturan langsung, tetapi karena dilakukan proses perekaman dan pada akhirnya bisa didengarkan berulang-ulang maka menjadi informasi dari tuturan tidak langsung. Hal ini akan lebih memudahkan orang untuk mencari pokok-pokok isi informasinya.
2. Untuk informasi berupa bacaan dari media cetak, baca informasi tersebut dengan baik.
3. Menentukan pokok-pokok informasi. Tentukan dengan cepat 5W dan 1 H
4. Menuliskan kembali pokok-pokok informasi yang sudah didapatkan tersebut dengan menggunakan kalimat sendiri secara ringkas, padat, dan berisi. Langkah terakhir ini sudah masuk ke dalam langkah pembuatan simpulan akhir.
1. Untuk informasi berupa rekaman, dengarkan dan simak baik-baik informasi yang disampaikan dalam rekaman tersebut. Informasi yang ada di dalam rekaman pada mulanya merupakan informasi dengan tuturan langsung, tetapi karena dilakukan proses perekaman dan pada akhirnya bisa didengarkan berulang-ulang maka menjadi informasi dari tuturan tidak langsung. Hal ini akan lebih memudahkan orang untuk mencari pokok-pokok isi informasinya.
2. Untuk informasi berupa bacaan dari media cetak, baca informasi tersebut dengan baik.
3. Menentukan pokok-pokok informasi. Tentukan dengan cepat 5W dan 1 H
4. Menuliskan kembali pokok-pokok informasi yang sudah didapatkan tersebut dengan menggunakan kalimat sendiri secara ringkas, padat, dan berisi. Langkah terakhir ini sudah masuk ke dalam langkah pembuatan simpulan akhir.
S1
Adanya perubahan jadwal kereta yang tiba-tiba membuat banyak penumpang terlantar di stasiun tersebut. Beberapa di antaranya terus keluar masuk bagian informasi untuk mengetahui berapa lama lagi kereta mereka akan tiba. Perubahan jadwal tibat-tiba ini disebabkan oleh adanya gangguan di jalur kereta utara.
Pikiran utama dari paragraf yang berisi informasi di atas adalah ....
S2
Kerja sama yang baik adalah yang mampu menyelesaikan setiap permasalahan dengan baik, tidak mudah tergoyahkan oleh berbagai gangguan, dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama. Kerja sama membutuhkan kekompakan dari mereka yang terlibat di dalamnya.
Isi informasi yang baik berdasarkan teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
S3
Perhatikan pokok-pokok informasi di bawah ini!
(a) Jumlah penduduk di Pulau B sudah mencapai batas maksimalnya.
(b) Beberapa wilayah di Pulau C siap menampung perpindahan penduduk dari Pulau B.
(a) Jumlah penduduk di Pulau B sudah mencapai batas maksimalnya.
(b) Beberapa wilayah di Pulau C siap menampung perpindahan penduduk dari Pulau B.
Kalimat simpulan yang tepat untuk pokok-pokok informasi di atas adalah ....
S4
Berdasarkan pengamatan, proses pembuatan pupuk kandang ini memerlukan waktu sampai beberapa hari. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sampai prosesnya selesai. Asumsi saya mengatakan bahwa setiap proses terlihat tidak mudah.
Kelompok kata yang menunjukan pendapat pribadi dalam paragraf tentang informasi di atas adalah ....
S5
(1) Faktor utama untuk bersaing adalah SDM yang sekaligus sebagai subjek dalam berproduksi. (2) SDM perusahaan atau industri harus memiliki kemampuan teknis profesional dan adaptif. (3) Kemampuan teknis profesional adalah keahlian menghasilkan barang dan jasa dengan sarana teknologi yang memadai. (4) Kemampuan adaptif adalah kesanggupan SDM untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam, sosial, dan lingkungan kerja, disiplin dan niai-nilai dalam perusahaan itu sendiri. (5) Dengan kata lain, mereka harus memiliki kemampuan normatif.
Kesimpulan paragraf di atas terdapat dalam kalimat ke....
S6
Berikut contoh pokok-pokok dari isi informasi.
1. Informasi tentang sulitnya mendapatkan bantuan dana untuk perbaikan sekolah di Desa X.
2. Jumlah kerusakan hampir di seluruh bangunan sekolah.
3. Para siswa harus belajar dengan ketidaknyamanan.
1. Informasi tentang sulitnya mendapatkan bantuan dana untuk perbaikan sekolah di Desa X.
2. Jumlah kerusakan hampir di seluruh bangunan sekolah.
3. Para siswa harus belajar dengan ketidaknyamanan.
Simpulan singkat dari pokok-pokok informasi di atas adalah....
S7
Kalimat informasi di bawah ini yang menggunakan kata penghubung yang tepat adalah ....
S8
Perpaduan budaya antara satu daerah dengan daerah lain akan ... keharmonisan yang akan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di negeri ini. Perbedaan budaya tersebut justru menjadi alat yang baik untuk .... bangsa ini.
Kata yang tepat untuk melengkapi simpulan di atas adalah ....
S9
Harga sembako mulai akan naik minggu depan. Hal tersebut menyebabkan banyak masyarakat yang berbondong-bondong membeli sembako ke pasar sebelum harganya mulai naik. Kejadian ini tentunya membuat beberapa pihak menjadi prihatin.
Kalimat di bawah ini yang termasuk simpulan untuk informasi di atas adalah ....
S10
- Warga mulai meninggalkan desa mereka ke tempat pengungsian.
- Sementara desa tersebut dilarang untuk dikunjungi.
- Kemungkinan terjadinya pergeseran tanah di desa tersebut masih tinggi.
Kalimat simpulan yang tepat dari pokok informasi di atas adalah ....